Saturday, April 30, 2016

Cara Menampilkan Kembali Hidden File oleh Virus


Bagi anda yang mengandalkan Flash Disk untuk menyimpan data terkadang dibuat Pening karena waktu dibuka di PC Flash Disk tidak ada Isinya lagi alias Kosong ditambah melompong lagi. Kaget bukan kepalang kan? Apalagi itu data-data yang sangat penting.



Gimana dong cara mengembalikannya??

Ternyata data anda dihideen oleh Virus Shortcut. Virus shortcut ini sering membuat anda berkeringat alias pusing tujuh keliling apabila anda tidak tahu cara mengatasinya. Ternyata menghilangkan Virus ini tidak sulit dan tidak dibutuhkan kursus alias keahlian khusus. Bagaimana cara menampilkan kembali file anda yang di hidden virus Shortcut ini. Simaklah tip berikut.
Tapi sebelum itu ada baiknya kita tahu bagaimana sih cara kerja virus ini? Jadi virus ini kerjaannya menyembunyikan file asli anda dari PC anda, Laptop anda atau bahkan Falshdisk anda. Dia merubah atau menyembunyikan file anda dari file attribute di sembunyikan jadi file super hidden sehingga tidak tampak lagi . yang tampak hanya shortcutnya saja.

Virus ini kerjaannya tidak begitu berbahaya, karena ia tidak merusakkan file anda , Cuma menyembunyikannya saja agar anda kebingungan, he..he.. jadi virus ini mainnya Cuma petak umpet aja bukan merusakkan filenya. Alau bagaimana cara menampilkan kembali hiden file ini?

Beikut langkah-langkahnya.

Pertama: silahkan anda masuk ke window explorer. Atau cara gampangnya yang enggak ribet silahkan anda tekan lambing window dan E secara bersama-sama.

Kedua : setelah sampai di window explorer. Silahkan anda melakukan penmgaturan file dan folder yang berada di dalam  folder option. Caranya masuklah kemenu tools tau secara singkat silahkan anda tekan “alt” dan huruf “T” secara bersamaan. Kemudian pilihlah folder optionnya.
Ketiga : kemudian setelah window folder optionnya terbuka, anda bisa memilih tab view dan lakukanlah pengaturan seperti yang terdapat pada tampilan dibawah ini:



Hilangkan centang pada kolom yang diberi kotak merah “ hide extension for known file types” dan hilangkan juga centang pada “ hide protected operating system files ( recommended)” nah… sekarang silahkan anda klik OK.
Jangan khawatir yang anda lakukan tadi tidak akan membuat PC anda jadi Error lho. Karena menghilangkan centang pada kolom diatas tadi Cuma untuk menampilkan / memunculkan file yang disetting attribute super hidden saja. File-file tipe ini umumnya di pakai untuk file system, jadi jangan sampai anda menghapus system ini ya. Peringatan saja.

Berikutnya bagaimana cara menghilangkan Virus Shortcut ?

a.      Anda bisa Gunakan anti virus. Karena fungsi anti virus itu selain menghapus file yang sudah tertinfeksi virus ia juga dapat menangkan virus yang mengancam file-file anda yang lain. Baik virus itu dari internet maupun dari flash disk lain. Diasarankan anda mengggunakan anti virus yang terpercaya bukan anti virus yang remeh-temeh alias abal-abal. Sebaiknya bisa gunakan anti virus Avast deh…. Antivirus ini ka nada Free versionnya. Silah anda unduh dulu bila anda belum menginstalnya.

b.     Lanagkah selanjutnya silahkan anda menyecan computer anda silahkan scan smua drive termasuk drice C,D,E dan juga drive falsh disknya. Disarankan untuk menyecan menggunakan full scan atau scan secara menyeluruh. Walaupun waktu tunggunya lumayan lama. Tunggulah dengan sabar proses scanning oleh anti virus. Setelah itu nanti aka nada laporan berapa banyak file yang terinfeksi virus. Berapa virus yang ditemukan pada dokume file anda. Setelah itu silahkan anda hapus virus-virus bangsat itu. Take it easy bro… karena dengan menghapus virus ini juga tidak akan menghilangkan file anda. Karna kan virus shortcut ini kerjaannya cumi menyembunyikan file saja.

c. Selanjutnya menghapus file virus yang ada dalam flash disk anda. Setelah anda menghapus virus-virus tadi tetap masih tersisa file- file virus short cut pada flash disk anda. Cara membersihkan ini adalah dengan cara masuk ke window explorer, lalu carilah letak flash disk anda di drive E,F,atauG, atau denagn nama anda. Pastikan drive yang anda pilih benar. Kalu drive C kan umumnya file system disitu dan drive D untuk data-data anda.

d.      Sebagai contoh misalnya Falsh Disk anda ada pada drive G. Cara menghapusnya adalah silahkan anda masuk ke Drive G gunakan Command Prompt atau nama lainnya adalah cmd. Tekniknya adalah silahkan masuk ke RUN bisa juga dengan menekan tombol gam,bar Window bersamaan dengan huruf “R”, lalu masukkan cmd pada kolom dan klik enter.

e.    Nah…stelah jendela commandprompt nya terbuka, masuklah ke drive tujuan yaitu drive G ( dimana drive anda terpassang) caranya keti huruf G : dan klik enter.

f.    Ketika sebelahnya kursor yang berkedip-kedip itu berubah jadi G. lakukan penghapusan, maksudnya adalah lakukan penghapusan shortkan yang disebabkan virus itu. Lakukan penghapusan dengan jalan mengetik del*.inks/ d/  selanjutnya tekan enter. Kalau muncul tanda error cukup ketikkan saja del *.ink lalu tekanlah enter.

g.  Pada tahap ini seharusnya file shorcutnya sudah hilang. Kemudian kita bisa menampilkan file yang terkena virus bersama mengganti attributnya jadi normal kembali  dan terlihat pada  mode standar.

h.    Masih pada mode commandprompt / cmd. Ketikkan sekali lagi letter drive flash disk anda contohnya G. lalu tekanlah enter. Lalu ketiklah attrib –s –h -r /s /d tekanlah enter lagi. Bila muncul error kembali cobalah dengan kode /d saja ataupun /s saja.

i.        Tunggulah proses perubahan attributnya hingga prosesnya selesai. Stelah selesai makan file shortcut yang terkena virus tadi bisa kembali tampil pada mode normalnya.

j.   Sekarang silahkan kembalikan file system ke mode hidden lagi. Tadi anda sudah mencoba menampilakan file yang attribute  super hidden , nah kenapa harus dikembalikan ke mode hiden kembali karena rata-rata super hidden ini digunakan untuk menaruh file system agar tidak kelihatan pada mode normlanya.

File system yang kelihatan di khawatirkan berjalan error apabila file system terhapus tanpa sengaja. Makan it’s recommended untuk menghiden kembali file ini. Kan yang penting file yang terhidden virus tadi suadah normal kembali. Untuk menghidden file kembali lakukan cara yang sudah di jelaskan diatas.

Demikain mudah-mudah bermnafaat. Terimaksih telah berkunjung.
Selalu kunjungi caraopi karena caraopi akan selalu menghadirkan solusi buat anda.



No comments:

Post a Comment