Sunday, May 1, 2016

Memilih Longtail Keywords Secara Tepat

Apa itu long tail keywords? Longtail keywords merupakah kata kunci yang kerap digunakan pada sbeagai kriteria kata pencarian dalam mesin pencari atau search engine. Yang mana artikel dengan longtail keywords ini akan mempunyai kesempatan atau peluang yang besar munculn pada peringkat atau urutan 10 besar di search engine. Nah, apabila pencarian di mesin pencarai menggunakan kata long tail keywords kita yang kita tempatkan pada judul artikel, maka peluang muncul pada 10 besar search engine sangat mungkin. Dan bahkan mungkin ada peluang menduduki peringkat pertama dalam search engine. Namun dalah hal ini-memilih long tail keywords- ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan antara lain mengenai tingkat pesaing atau kompetitornya yang sama-sama menggunakan long tail keywords tersebut, tapi bila anda bisa menggunakan anlisa yang tepat ada kemungkinan longtail keywords anda akan lebih baik dan muncul secara lebih baik. SERP = Search Engine Reaserch Page.


Nah… sekarang bagaimana sih caranya memilih long tail keywords yang baik itu? Dan kemudian bisa anda jadikan judul pada artikel anda. Bagaimana caranya mencari mencari long tail keyword dari kata kunci utama yang kita inginkan atau kita target. Bagaimana juga menganalisa longtail keywords yang kebetulan sudah digunakan pesaing anda padahal long tail keywords itu target anda. Bagaimana cara menggunakan long tail keywords untuk judul artikel kita.

Teknik mendapatkan longtail keywords.

Reset kata kunci atau keyword research harus anda lakukan sebelum anda memutuskan untuk menggunakannya sebagai judul artikel anda. Jadi kita menggunakan tool research agar kita menemukan longtail keywords dan tingkat poesaingnya atau kompetitornya.
Contoh kita mentargetkan kata ‘ Buat email ‘maka sebelum anda menjadikan kata kunci utama itu sebagai judul artikel anda baiknya anda cari dulu longtail keywords nya, nah caranya gimana ? tentu saja bukan semau anda kan? Jadi untuk mencari long tail keywords silahkan anda gunakan dulu kata kunci utama tadi yaitu ‘ Buat Email’ , anda bisa menggunakan tool gratis dari google yaitu google adword keyword tool, ikutilah langkah berikut :

Pertama : silahkan anda masuk ke link ini https://adwords.google.com dan silahkan anda log in menggunakan email anda masing-masing.



Setelah anda log in dan memilih menu tool atau alat maka akan muncul halaman sebagaimana gambar di bawah:



Pilihlah keyword planner / perencana kata kunci seperti gambar diatas.
Berikutnya muncul halaman seperti gambar di bawah ini. Silahkan anda pilih dan mengklik ‘ Search for new keyword and ad group ideas / telusuri kata kunci baru menggunakan frasa, situs web, atau kategori’, maka tampilah sperti gambar dibawah ini.



Silahkan anda isi diatanya seperti yang ada di dalam kotak merah diatas. Isikan kata kunci anda contohnya ‘ Buat Email ‘ setelah itu silahkan anda klik ‘ Get Ideas/Dapatkan Ide’.

Tahap berikutnya anda dibawa ke kata kunci yang cocok atau relevan dengan kata kunci ‘Buat Email’ stelah anda mengklik ‘get ideas/dapatkan ide’ bearapa kata kunci yang muncul ada yang dua kata, tiga kata dan sterusnya dan muncul juga tingkat kompetitornya. Nah, dari kata-kata kunci yang muncul itu kita bisa memilih yang bisa kita jadikan target untuk judul artikel kita sebaiknya anda pilih yang 3 kata keatas. Pilihlah kata kunci yang memang pencarian perbilannya tinggi namun tingkat kompetitornya sedang atau menengah kebawah. Medium to low.





Ternyata banyak sekali kata kunci yang muncul bukan? Sebenarnya anda bisa meilih kata kunci yang manapun anda suka, sesuai keinginan anda, intinya pilihlah kata kunci long tail keyword. Yaitu yang terdiri dari 3 suku kata atau lebih akan tetapi kompetitornya rendah.

Sebagai contoh saja lihatlah kata kunci yang di beri kotak merah ‘Buat Email Baru’ dengan jumlah pencarian 60.500 dan nilai kompetitornya rendah / low.
Anda bisa juga mengembangkan keyword tersebut menjadi long tail keyword baru.Misalnya kita buat menjadi ‘Cara Buat Email Baru Gmail Lengkap’. Atau bisa juga terserah anda sesuai kata kunci target anda.
Cara Analisa nilai Kompetitor / pesaing.
Setelah anda memutuskan menggunakan keyword di atas selanjutnya silahkan anda lakukan riset lanjutannya. Untuk mengetahui situs ataupun blog yang sudah terlebih dahulu menggunakan kata kunci target anda. Apakah bisa anda bersaning dengannya atau tidak. Nah untuk mengetahui situs ataupun blog yang telah lebih dulu menggunakan long tail keyword target kita kita akan menggunakan bantuan MozBar, Tool ini bisa anda temukan pada Mozila Firefox atau google chroom. Untuk menginstalnya pada browser anda silahkan anda klik link ini https://moz.com/tools/seo-toolbar lalu silahkan anda download sesuai broser yang baru anda gunakan. Setelah selesai download silahkan anda install dan restart browser anda sebelum anda menggunakannya.
MozBar ini digunakan untuk mengetahui  nilai PA (Page Authority) dan Domain Authority, Situs-situs itu secara langsung akan muncul pada daftar searching/pencarian google, bila browser kita telah terinstal MozBar, maka daftar pencarian oleh search engine akan dilengkapi dengan Informasinya PA & DA dan informasi yang berkaitan lainnya.

Untuk melakukan analisa daftar blog lain yang telah menggunakan long tail keyword target anda, sebagaimana langkah-langkah berikut:
a.      Silahkan anda cari/searching menggunakan google longtail keyword/kata kunci yang jadi target kita. Contoh anda akan mengecek blog competitor anda yang telah menggunakan long tail keyword ‘ Cara buat gmail baru lengkap ‘ Silahkan lakukan dengan kata kunci tersebut, maka akan ditemukan kata kunci berikut.



b.      Dapat kita lihat setelah browser diinstal MozBar terdapat analisa PA dan DA, PA artinya mengindikasikan kepercayaan google pada suatu halaman artikel. Semakin banyak pengunjung makan nila pada PA nya meningkat, makin tinggi PA nya berarti kita makin Sulit melewati posisi SERP nya, sementara DA adalah kepercaya search engine terhadap domain Blog anda, makin besar DA nya akan makin sulit bagi anda untuk melewatinya, jadi PA dan DA selau saja beriringan untuk penentuan posisi teratas pada hasil pencarian. Apabila kata kunci yang kita miliki PA dan DA nya tinggi sekali, sekalipun digunakan kata kunci pendek maka akan tetap tinggi posisinya pada mesin pencari.

c.       Tujuan long tail keyword target kita adalah yang berada di nomor urut 1 s.d. 10 saja pada SERP , maka kita harus lihat PA dan DA nya, jika dalah daftar SERP peringkat 1-10 PA dan DA nya kecil maka kita bisa menggunakan longtail keyword tersebut, namun jika kata kunci itu di urutan 1-10 dan PA dan DA nya sangat tinggi maka anda harus mengatur long tail keyword anda lagi untuk digunakan dalam judul artikel kita.

d.      Jika anda yelah menemukan long tail keywords yang PA dan DA nya rendah maka anda bisa menggunakannya untuk judul artikel di blog anda.

Good Luck! Moga anda selalu sukses,

Demikan tutiorial cara memilih dan menganalisa long tail keywords mudah-mudahan bermanfaat.
Terimakasih telah berkunnjung. Jangan lupa komentarnya, dan ditunggu kunjungan berikutnya.

Karena caraopi akan selalu menghadirkan artikel yang menjadi solusi bagi anda.

No comments:

Post a Comment