Friday, March 24, 2017

10 Trik Rahasia Menggunakan aplikasi Whatsapp secara Maksimal


Dulu , sebelum era media sosial kita sangat familiar dengan yang namanya SMS untuk saling berkirim pesan melalui Handphone, di zaman teknologi yang serba maju nan canggih ini memanjakan kita untuk bisa memilih bermacam-macam  provider penyedia layanan pesan secara instan. Mengirim pesan itu todak lagi menjadi hal yang susah atau mahal. 
Asal sahabat memiliki Smartphone ditangan, sahabat sudah bisa chatting dengan keluarga, teman, orang-orang terdekat, rekan bisnis dan sebagainya. Sahabat juga bebas memilih dari segi jangkauan, fitur, kuota sampai pada aksesoris yang menarik dan juga lucu-lucu, seluruhnya bisa di pilih-pilih sesuai kebutuhan sahabat.

Saat ini rata-rata orang sudah beralih ke Smartphone bukan lagi handphone biasa. Rata-rata orang saat ini mengenal dan menggunakan aplikasi Whatsapp (WA). Tampilan yang simple atau sederhana dan juga fiturnya yang pas banget membuat pengguna lebih nyaman dan enjoy sehingga akhirnya memutuskan untuk memilih aplikasi Whatsapp (WA) dibandingkan aplikasi-aplikasi cahtting yang lainnya. By the way, apakah sahabat sudah maksimal cara menggunakan Whatsappnya, atau baru sekedarnya saja. Jangan mengatakan sudah ya, kalau belum mencoba 10 rahasia emnggunkan aplikasi wahtsapp ini.

1. Membuat teks tebal atau miring



Ternyata di Whatsapp juga bisa menebalkan huruf dan juga memiringkannya. Sekarang di aplikasi ini juga bisa membuat strikethrough lho.

Sudah kayak Microsoft Word aja ya aplikasi Whatsapp ini.

Cara memiringkan teks cukup mudah tinggal shabat kasih tanda _teks_ seperti di bawah sebelum dan setelah mengetik kata-katanya:

_teks_

Sementara untuk membuat huruf menjadi Bold atau menebalkan huruf caranya :

*teks*

Sedangkan  untuk strikethrough atau tulisan yang dicoret tengahnya sahabat bisa menuliskannya dengan cara seperti dibawah ini:

~teks~

Udah pingin coba ya??? Silahkan buktikan sahabat. Ternyata bisa juga dikombinasikan lho shabat:

*_teks_*

2. menyembunyikan fakta kalau sahabat menghindari seseorang dengan cara mengubah pengaturan tanda centang birunya.



Orang itu nggak bakalan tahu sahabat, kalau pesannya sudah sahabat baca atau belum. Mantab kan?

Biasanya ketika pesan yang kita kirim sudah dibaca muncul 2 centang berwarna biru kan. Nah supaya tidak  ketahuan kalau sahabat sebenarnya sudah bacanya sahabat bisa menyembunyikan 2 tanda centang biru itu. 

Mau tau caranya, caranya adalah buka pengaturan (Settings) > akun (account) > privasi (privacy) > laporan dibaca (read receipt). Atau sahabat menghidupkan airplane mode sebelum membuka chatnya dan keluar dari chat itu sebelum sahabat mematikan airplane modenya.

3. Sahabat jangan biarkan kawan-kawan atau orang-orang kepo tahu dengan mudahnya kapan sahabat melihat WA sahabat caranya dengan menyembunyikan”last seen“-sahabat.


Jadi tidak akan ada yang tahu kapan terakhir kali sahabat membuka  WA.

Seperti pada kejadian centang dua warna biru, last seen ini juga sering membuat sahabat merasa terganggu privasi sahabat kan ? Tapi kini sahabat tak perlu khawatir lagi kok,karena sahabat cukup masuk ke pengaturan (settings) > akun (account) > privasi (privacy) > terakhir dilihat (last seen).

4. Mengembalikan pesan-pesan yang telah terhapus kembali lagi ke screen atau layar percakapan WA-sahabat



Tidak bakalan khawatir lagi ya, kalu tidak sengaja pesan-pesan itu terhapus.

Apabila sahabat secara tidak sengaja telah menghapus pesan yang sesungguhnya ingin sahabat simpan pasti sahabat akan merasa sangat menyesal kan? Kalau sahabat telah mengatur backup harian untuk percakapan di WA-sahabat  dan juga telah menyinkronkannya dengan Google Drive, sahabat tidak perlu takut kehilangan pesan-pesan itu. Mudah saja sahabat dapat mengembalikan pesan-pesan yang telah terhapus dengan cara menginstall ulang kembali aplikasi WA yang sudah sahabat  pasang.

5. Sekarang tidak perlu lagi scrolling untuk menemukan beberapa pesan yang di anggap penting, sahabat cukup memberi tanda bintang saja ya.



Tinggal di-sentuh saja bintang di bagian kiri bawah dari pesan


Biasanya ini paling sering terjadi di gruop teman angkatan di sekolah, teman sekantor atau grup angkatan di kampus sahabat. Karena biasanya  terlalu banyak candaan, pesan-pesan yang penting jadi sulit dicari sebab harus scrolling begitu panjang. Sekarang cukup dengan memberi tanda bintang saja ya, semua pesan penting  itu akan mudah ketahuan dimana rimbanya. Pesan yang ada tanda bintangnya ini bisa sahabat sortir pada menu starred messages atau pesan yang bertanda bintang yang terdapat pada settings atau pengaturan.

6. Sudah coba Whatsapp di desktop komputermu sahabat atau belum? Mau coba ???



Tidak ada alasan lagi buka smartphone sahabat pas jam kerja .

Silahkan sahabat buka web.whatsapp.com dari browser laptop atau komputersahabat. Kemudian dari HPsahabat, pilih pengaturan ( settings ) > Whatsapp Web. Kemudian sahabat akan diminta untuk mengscan QR code dari Whatsapp Web yang ada di desktop sahabat. Mudah bukan? namun manfaatnya sahabat masih tetap bisa mendapatkan notifikasi secara mudah tanpa harus melihat lagi ke smartphone shabat.

7. Saat ini Whatsapp bisa mem-broadcast pesan pribadi sahabat juga, pernah coba?



Bisa-bisa nggak perlu bikin grup chat lagi

Bila sahabat ingin mengirim pesan yang sama ke beberapa orang tidak berarti sahabat harus membikin  grup chat baru, cukup sahabat gunakan fitur broadcast. Untuk para pengguna android, caranya pilihlah menu lalu pilih siaran baru (new broadcast ).


Sementara bagi para pengguna iPhone, carilah tombol broadcast list atau daftar siaran  di kiri atas screen chat sahabat, pilihlah dan silahakn buat new list atau daftar baru. Dalam waktu singkat, pesansahabat  akan dikirim ke sejumlah kawan atau orang sebagai pesan pribadi sahabat.

8. Bisa juga mengirim file dalam bentuk PDF via Whatsapp sekarang!



Enak juga ya nggak perlu buka email

Sahabat tidak repot menutup jendela Whatsapp di samrtphone shabat yang kemudian harus membuka aplikasi email sahabat. Kini sahabat bisa mengirim file dalam bentuk PDF dengan langsung melalui chat Whatsapp sahabat.

9. Mencari tahu siapa yang telah membaca dan kapan membaca pesan yang sahabat telah kirim ke grup



Ketahuan ya siapa yang sudah membacanya .

Mudah saja caranya, tekanlah yang cukup lama pada pesan yang sahabat kirim lalu tekan info. Maka sahabat akan tahu siapa saja teman-teman sahabat yang telah membaca pesan dan kapan membacanya.

10. Sahabat bisa menggunakan visual reminder untuk menjawab pesan yang belum sempat sahabat balas karena kesibukan sahabat.



Swiping duluan aja, balesnya ntar ya.
Ketika sahabat sedang disibukkan dengan berbagai tugas kantor dan hanya sempat membaca pesan saja tanpa sempat membalasnya. Cukuplah swiping atau geser pesan itu dari kiri ke kanan, maka dengan otomatis pesan itu nanti akan ditandai sebagai pesan yang belum sahabat baca.

Sebenarnya masih ada banyak cara lainnya untuk dapat memaksimal penggunaan Whatsapp yang lagi populer ini seperti mute pada pemberitahuan grup, mengatur message preview, mengatur bagaimana foto agar tidak langsung ter-download, dan juga mem-backup chat.

Sdah pernah dicoba semua?

Baiklah, sekian dulu ya ulasan tentang  10 Rahasia Menggunakan aplikasi Whatsapp secara Maksimal

Semoga bermnafaat bagi para pembaca sekalian.

Terimaksih telah berkunjung ke caraopi, silahkan tinggalkan komentarnya. Bila ada hal lain yang ingin didiskusikan atau ditanyakan silahkan hubungi halaman kontak diblog ini.

Silahkan datang kembali ke caraopi.blogspot.com karena kami kan menghadirkan artikel-artikel yang lebih menarik lagi.

No comments:

Post a Comment