Monday, March 20, 2017

Bisnis Rumahan Modal Kecil Untung Besar



Anda Butuh informasi peluang usaha yang hanya dilakukan di rumah dengan modal kecil namun untung besar ????

Kebanyakan pemuda kampung, terutama di kampung saya, sehabis mereka lulus sekolah dan sebagian lagi sudah lulus dari kuliah, kebanyakan dari mereka merantau ke kota besar karena tidak tersedianya lapangan pekerjaan yang cocok bagi mereka di kampungnya sendiri. Alhasil kampung menjadi sepi dan lengang, ramainya Cuma pada hari Raya Saja.

Mereka merantau ke kota besar untuk mendapatkan pekerjaan dengan penghasilan yang lumayan besar, karena di kampung lapangan pekerjaan sangat sulit dan gajipun sangat kecil. Mereka mengadu nasib di kota besar dengan menekuni berbagai macam profesi, seperti penjaga toko, karyawan pabrik, penjaga counter handphone, menjadi pelayan rumah makan, office boy di hotel dan lain sebagianya.

Namun kebalikannya, banyak orang dari rantau, bisa jadi kampung tetangga, yang mencoba mencari peruntungan rizki di kampung saya dengan berbagai macam ketrampilan yang mereka bisa, seperti menjadi tukang pangkas rambut, julan sayuran keliling, tukang jamu, julan air minum kemasan, julan jajanan dan kue-kue, jualan siomay, jualan mainan anak-anak dan sebagainya.

Jadi apa perbedaan kedua kelompok diatas tadi, yang pertama, mereka pergi ke kota besar untuk mencari pekerjaan guna mendapatkan pengalaman dan sedikit modal usaha. Sedangkan yang dari kampung lain datang kedesa saya untuk bersaing menjalankan usha kecil-kecilan sesuai kemampuan mereka, karena mereka sudah mempunyai modal , walapun kecil, dan juga pengalaman.
Sebaiknya yang membuka usaha di kampung saya itu adalah warga asli, pribumi kampung itu, karena kalau mereka berusaha di kampung sendiri tentunya untungnya lebih besar dibanding mereka yang datang dari tempat jauh, yang juga memerlukan biaya transport setiap harinya, bahkan mereka menyewa tempat kos-kosan ataupun rumah untuk di kontrak. Sedangkan bila warga asli kampung tidak butuh uang transport dan juga sewa kontrakan.

APA SAJA KIRA-KIRA PELUANG USAHA RUMAHAN YANG BISA DILAKUKAN DENGAN MODAL USAHA KECIL ?
Usaha yang digeluti para warga pendatang di desa saya itu adalah usaha kecil-kecilan dengan modal kecil, namun untungnya cukup menjanjikan, asalkan ditekuni dengan semangat berbisnis yang kuat dan sabar, usaha itu antara lain :

1. Membuka usaha potong rambut (Potram)

Modal yang dibutuhkan relative kecil kira-kira Rp.500.00,- yang digunakan untk membeli peralatan potram, dan alat-alat ini bisa digunakan bertahun-tahun.
Besaran biaya pangkas rambut berkisar Rp.8.000,- hingga Rp. 12.000,-. Untuk perhitungan kita ambil tengah-tengah saja, bila rata-rata perhari dapat orderan pangkas 10 kepala maka penghasilan yang akan di dapat adalah 10.000 x 10 x 30 = Rp. 100.000 x 30 = 3 jt / bulan. Belum lagi kalau musim potong rambut seperti menjelang hari Raya Idul Fitri.

2. Tukang Pijat

Menjadi tukang pijat atau urut juga satu alternatif usaha rumahan yang menjanjikan. Bahan yang dibutuhkan seperti minyak urut juga terbilang murah. Sementara tarif pijat atau urut berkisar Rp. 30.000,- / Rp. 50.000,- hraga di desa / orangnya. Bila sehari rata-rata 3 orang yang menggunakan jasa pinjatnya berarti penghasilan bisa 50.000 x 3 x 30 = 150.000 x 30 = 4.500.000/bulan. Bila di kota besar maka untungnya akan lebih besar lagi.

3. Membuka jasa cuci pakaian / loundry

Modal yang dibutuhkan kira-kira Rp 2 juta, mengenai keuntungan saya belum tahu persis namun sesuai pengamatan usha ini sampai membutuhkan karyawan 1 atau 2 orang. Rata-rata orang sekarang banyak kesibukan sehingga banyak yang tidak sempat untuk mencuci pakaian, sehingga mereka memilih jasa loundry.
Apalagi kalau kebetulan desa anda berada di kawasan pendidikan, seperti tempat perkuliahan dan juga kontrakan atau kos-kosan atau bahkan di area perumahan. Maka usaha anda akan makin lancar jaya.

4. Membuka usaha Jualan Pulsa elektrik

Modal yang dibutuhkan cukup kecil mulai dari Rp. 200.000,- - Rp. 300.000,-
Nah ! Usaha ini tidak memerlukan tempat khusus, tidak terkait tempat ataupun waktu, jika anda punya banyak sahabat ataupun kawan atau berada di suatu komunitas atau lembaga, contohnya dunia pendidikan, kantor, perguruan tinggi, area keramaian lain, tentu bisnis jualan pulsa ini sungguh menjanjikan keuntungan. Kuncinya adalah jangan memberi hutang kepada pembelinya, takutnya nanti banyak yang tidak membayar. He..he...


5. Membuka Warung Sembako kecil-kecilan

Di kampung usha macam ini memang sudah banyak, namun setelah kita amat rata-rata bersaing secara sehat dan tetap laku. Misal di samping rumah anda sudah ada warung kelontong tapi di depan rumah anda ada yang buka usaha serupa namun lebih besar danbarang yang di jual cukup berbeda dengan toko yang pertama, ternyata keduanya tetap laris. Bahkan kadang toko yang pertama mengambil barangnya di toko yang kedua.
Silahkan anda cermatai peluang ini, mungkin tempat anda lebih strategis dan lebih bersih dan teratur dan juga pelayanan lebih prima. Tidak mustahil warung anda akan lebih laris manis.

6. Buka usaha makanan seperti nasgor, kue pukis, gorengan, martabak,  atau jajanan pasar lainnya.
Usaha seprti diatas tidak memrlukan modal besar. Ada beberapa teman saya yang hanya berjuan nasgor dan juga martabak telor di dekat pasar, namun dalam hitungan beberpa tahun mereka sudah biasa beli sepeda motor dan menyewa kontrakan untuk orang tuanya. Yang jualan nasi goreng kira-kira perbulan mendapatkan hasil Rp. 5.000.000,-

7. Membuka Jasa Les Private

Anda punya kemampuan dalam bidang pendidikan tertentu, contohnya Bahasa Inggris, Komputer,IPA, Matematika atau ketrampilan lainnya. Nah.... berarti pelaung bisnis anda terbuka lebar.
Anda bisa membuka les private bagi siswa SD,SMP, atau SMA. Kalau untuk siswa SD materinya cendrung materi dasar, bahasa Inggris Dasar, IPA terpadu dasar, IPS terpadu Dasar, matematika dasar dsb. Les bisa anda laksanakan di rumah ataupun menyesuaikan keinginan klien bisa juga anda yang datang kerumah klien anda.

Zaman sekarang, banyak siswa dan juga orang tuanya yang cenderung menggunakan jasa les private untuk mendidik putra putrinya dengan pendidikan extra. Karena orang tua juga banyak yang menginginkan anaknya lulus dengan nilai yang baik di ujian nasional. Dan menjuarai lomba-lomba tertentu. Dan juga kadang demi gengsi mereka di lingkungan kerja orang tua mereka.

Sehingga walaupun di kampung semangat orang tua untuk menyuruh anaknya mengikuti lesa sangat kuat, bahkan kadang mereka mau jauh-jauh mengantar anaknya les private. Sampai kadang-kadang kebingungan mencari tempat les yang cocok bagi mereka. Karena les ini sangat menunjang pemahaman materi pembelajaran di sekolah sang anak.

Usaha les private ini masih sangat bagus peluangnya, apalagi bila lngkungan anda dekat dengan dunia pendidikan, di kota lagi.
Nah... Selain pekerjaan-pekerjaan diatas masih banyak peluang usaha dengan modal kecil namun untungnya besar seperti, jualan sayuran, jualan siomay keliling, jualan es cream keliling, jamu gendong, jualan air mineral, julanan jajanan atau mainan, molen, martabak, gorengan dsb.

Mungkin itu saja dulu ulasan tentang Peluang Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil namun Untung Besar menurut pengamatan saya. Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda yang masih bingung memutuskan untuk menjalankan bisnis apa. Mudah-mudahan bisa diterapkan di tempat anda, terlebih lagi jika anda tinggal di perkotaan, maka sungguh menjanjikan karena daya beli masyarakat kota sangat tinggi. Sedangkan di desa saya daya beli sangat rendah karena 90% pendudukanya hanya buruh tani, yang hasilnya belum tentu seperti harapan ketika mereka menanam.
Selamat mencoba dan mudah-mudahan menjadi enterpreneur sukses di masa mendatang.

Semoga !

No comments:

Post a Comment