Saturday, March 25, 2017

Cara-cara Menghindari Aksi Penipuan Toko Online, Harus Waspadai Modusnya

Bagi masyarakat Urban khususnya, transaksi secara online itu sudah menjadi trend terutama di Indonesia. Transaksi online memberikan begitu banyak kemudahan untuk mencari bermacam-macam barang keperluan sehari-hari. Jika shabat ingin membeli sebuah produk apapun tinggal ambil smartphone atu laptop yang terhubung ke internet, maka proses browsing barang yang diinginkan dan akan sahabat beli sangatlah mudah. Sudah begitu banyak toko online yang menawarkan berbagai produk dan jasa secara online.

Meskipun di era digital saat ini transaksi online sudah banyak dilakukan oleh masyarakat terutama masyarakat modern di Indonesia, tetapi nyatanya masih banyak juga pelanggan toko online itu yang mengalami kerugian ratusan ribu bahkan puluhan juta rupiah, karena tertipu oleh oknum toko online yang memang tidak bertanggungjawab. Nah, tentunya kita semua tidak ingin kan mengalami hal yang menyebalkan ini?

Jadi apa yang bisa sahabt lakukan untuk mengantisipasi masalah ini?

Kita bisa kok mencegah terjadinya penipuan. Yang sahabat harus lakukan  adalah selalu waspada ketika hendak bertransaksi secara online via internet dengan siapapun terutama orang yang belum pernah shabat kenal sma sekali atau bahakan kepada orang yang sudah pernah bertransaksi dengan sahabat. Sarannya adalah selalu berbelanja di toko online ataupun pada seseorang yang telah terbukti mempunyai reputasi yang baik dan terpercaya. Ingat bagi Sahabat yang sering kali menggunakan kartu kredit sewaktu  melakukan transaksi secara online, haruslah berhati-hati ketika memberikan informasi tentang kartu kredit sahabat pada orang lain.

Nah, berikut ini adalah tips atau cara-cara menghindari penipuan toko online, yang harus sahabat waspadai modusnya.

1. Jangan Samapai sahabat Tergiur dengan Harga yang Murah ya.

Menawarkan harga barang yang murah bahkan lebih murah dari harga pasaran normal adalah salah satu modus oknum pemilik toko online yang berusha menipu konsumennya. Bahakan biasanya harga yang ditawarkan jauh lebih rendah dari pada harga normal barang itu. Bila sahabat menjumpai toko online yang semacam ini maka sahabat harus mewaspadainya. Jangan sampai Sahabat tergiur dengan iming-iming harga murah tersebut.
Cobalah sahabat bandingkan harga yang ditawarkan toko online tadi dengan harga di toko online yang terkemuka atau cukup terkenal. Apabila harga yang ditawarkan terpautnya cukup jauh silahkan urungkan saja rencana trasaksi sahabat. Sahabat juga bisa memeriksa sebuah toko online itu dengan membukan atau mengakses situs PolisiOnline.com ya.
Situs PolisiOnline.com ini akan  membantu memverifikasi  toko online yang anda hendak bertransaksi dengannya, kabar baiknya adalah semua toko online yang telah terdaftar pada  situs PolisiOnline.com dapat dipastikan bukanlah toko online penipu konsumen.

2. Silahkan Sahabat Simpan Bukti Transaksi/ Ttransfer dengan Baik

Setiap kali Sahabat melakukan sebuah transaksi atau transfer suatu biaya pembelian pada suatu toko online, sahabat harus pastikan agar selalu menyimpan bukti transaksi/ transfer tersebut, baik itu melalui sms maupun print out. Sahabat jangan samapai membuang bukti transaksi itu sebelum barang yang sahabat beli sampai di rumah sahabat dengan sesuai yang di tawarkan dan dalam kondisi baik.

Nah, bukti transaksi /transfer ini akan dibutuhkan ketika a sewaktu-waktu sang  penjual meminta bukti transfer yang telah sahabat lakukan. Kaena kejadian ini sering terjadi pada waktu sang penjual menerima begitu banyak orderan hingga harus melakukan verifikasi dulu.

Apabila ternyata sahabat menjadi korban penipuan, maka bukti trasnfer/ transaksi bisa sahabat gunakan untuk melaporkan sang penipu ke polisi atau pihak berwajib.

3. Sahabat Jangan samapai Terpaku Pada suatu Testimoni

Kebanyakan orang menganggap bahwa testimoni-testimoni yang di jumpai di  toko online itu adalah review asli dari konsumen atau pembeli. Namun ternyata anggapan seperti  ini tidak sepenuhnya benar sahabat. Kenyataannya, ada cukup banyak oknum toko online penipu yang sering mencantumkan testimoni-testimoni palsu di dalam website toko online itu untuk mengelabui calon – calon korbannya.
Saat ini sudah tak terhitung lagi berapa banyaknya orang yang terlena dan terbuai dengan testimoni testimoni yang ada di sebuah website. Sang penipu akan memanfaatkan kepolosan calon korban/ pembeli, padahal kenyataanya testimoni tersebut sering ditemukan  palsu karena dibuat oleh oknum penipu itu untuk memancing dan menarik perhatian calon pembeli agar segera mau melakukan transaksi. 
Jadi Waspadalah!


4. Sebaiknya Sahabat Meminta Foto Asli Barang yang Akan Sahabat Beli

Penipu itu sudah mneyiapkan banyak trik dan jebakan demi mengambil keuntungan dari Sahabat, Salah satu modus itu adalh penipu mengirimkan barang yang ternyata tidak sesuai dengan yang di iklankan sebelumnya. Seperti kejadian-kejadian yang telah terjadi beberapa kali di toko online, ada penipu yang mengirimkan kardus kosong bahkan berisi batu di dalamnaya. Pasti menjengkelkan bukan?
Ada baiknya sahabat meminta photo-photo terbaru dari barang ayng ingin anda beli tersebut untuk menghindari penipuan yang kemungkinan terjadi. Silahkan minta photonya lebih dari satu untuk membuktikan kalau si penjual memang mempunyai barang tersebut.
Bisa sja kan penipu mengirimkan foto lama bahkan yang berasal dari lain sumber, Sahabat bisa memeriksa photo atau gambar itu apakah pernah upload sebelumnya. Dengan cara mengunggah foto itu ke Google di SINI ya.

5. Sebaiknya Sahabat menggunakan Opsi COD /Cash on Delivery

Ketika Sahabat akan membeli barang atau produk tertentu, ada baiknya sahabat selalu memilih opsi COD fungsisnya untuk meminimalisir terjadinya sebuah penipuan. Apabila sang penjual ternyata tidak bisa menawarkan opsi COD, silahkan sahabat memilih cara lain; contohnya memanfaatkan jasa pihak ketiga. Apabila sang penjual tidak mau juga memakai jasa pihak ketiga, sarannya adalah urungkan niatan untuk membeli barang/produk dari toko online itu.

Tujuan dari COD adalah supaya  sahabat bisa mengecek dan meihat langsung barang yang dijual itu. Sahabat tentu tidak ingin kan dikirimi produk/barang yang telah rusak , yang tidak sesuai iklannya dan bahkan kardus berisi batu. Maka  opsi COD sangatlah direkomendasikan saat ingin belanja secara online dari penjual di internet.

6. Pilihlah Opsi Memanfaatkan Jasa Pihak Ketiga

Sebagaimana  yang telah disebutkan di poin ke 5, pilihan menggunakan jasa pihak ketiga sungguh sangat direkomendasikan apabila sahabat atau penjual tidak bisa transaksi secara opsi COD. Nah, Jasa pihak ketiga ini sering di sebut Rekber, Rekening Bersama.
Dengan Jasa Rekber ini bisa menjaga proses suatu transaksi jual-beli  menjadi lebih aman. Umumnya jasa seperti ini dimanfaatkan oleh penjual dan pembeli yang memang tidak ingin terkena tipu. Namun kelemahannya, untuk menggunakan jasa Rekber ini akan dikenakan biaya dengan jumlah tertentu.

Proses memanfaatkan jasa Rekber ini tidaklah sulit. Sahabat sebagai pembeli di haruskan mentransfer sejumlah uang sebesar harga barang yang akan dibeli ke pemilik jasa Rekber. Uang yang anda transfer itu ditahan sampai produk/barang yang sahabat beli sampai ke rumah sahabat dalam sesauai yang diharapkan dan kondisi baik. Nah, setelah produk/barang tersebut diterima oleh si pembeli, selanjutnya uang di Rekber akan ditransferkan ke si penjual.

7. Meminta serta Menyimpan Nomor Resi Pengiriman barang.

Sahabat yang suka dan sering melakukan transaksi secara online pasti sudah familiar dengan yang namanya resi pengiriman. Dalam resi itu terdapat nomor unik sebagai bukti pengiriman barang yang telah sahabat beli. Nomor resi pengiriman ini akan di berikan oleh penyedia jasa ekspedisi pengiriman produk atau barang kepada penjual barang tersebut setiap kali hendak mengirimkan barang kepada konsumen.
Jadi nomor resi ini snagatlah unik dan tidak ada yang sama. Nomor ini juga bisa untuk mengecek sudah sampai di mana pengiriman barang itu. Nah, sang pembeli juga berhak mendapatkan nomor resi barang tersebut kepada sang penjual barang atau produk. Maka mintalah nomor resi pengiriman produk tadi dari penjual barang.
Sahabat, apabila penjual barang yang anda beli tidak mau memberikan nomor resi pengirman barang tadi atau beralasan tidak bisa diberikan kepada sahabat maka Sahabat harus curiga, Ada apa ini?


8. Tidak ada salahnya sahabat Meminta Rekomendasi dari Kawan atau Orang Lain

Apabila sahabat belum pernah berbelanja secara online via internet, sarannya adalah mintalah saran atau rekomendasi darai orang lain yang sahabat kenal. Mislanya teman, kerabat atau partner yang sudah sering melakukan transaksi secara online. Maka mereka akan memberikan saran kepada sahabat toko-toko online terpercaya sesuai pngalamannya.
Hal ini memang belum tentu bisa membuat transaksi anda lancar, tapi setidaknya bisa meminimalisir  penipuan yang bakal terjadi pada sahabat. Namanya meminta saran atau rekomendasi buakn bearti shabat harus melakukan seperti saran itu bukan? Rekomendasi itu sebagai bahan masukan dan pertimbangan untuk melakukan transakasi secara online tadi.

9. Silahakan Sahabat Meminta Nomor Rekening Bank Berbeda-beda dengan nama yang sama.

Apabila sahabat ingin bertransaksi secara online via internet cobalah sahabat astikan bahwa sang penjual memiliki nomor rekening di beberapa bank yang berbeda namun nama pemilik rekeningnya sama.
Cobalah anda meminta nomor rekening contohnya Bank Mandiri, BRI, BNA atau BNI bila nama dari nomor rekening itu berbeda-beda maka sahabat patut curiga akan hal ini.
Untuk lebih waspada. Apakah nomor-nomor rekening tadi pernah untuk melakukan penipuan silahkan sahabat cek nomor itu dengan cara mengetikkan nomor Rekening dan Nama pemiliknya di Google ya.
Apabila ternyata nomor itu pernah terdeteksi melakukan penipuan, segera hentikanlah proses transaksi kepada penjual barang tersebut.

10. Cara Mencegah Penipuan melalui Kartu Kredit

Kemajuan dunia teknologi memang syarat dengan manfaat dan kemudahan bertransaksi, namun juga rentan terhadap penipuan. Apabila Sahabat kebetulan pengguna Kartu Kredit dan sering bertransaksi online dengannya, sebaiknya anada waspada dengan macam-macam model penipuan zaman ini.
Berikut ada beberapa cara yang bisa sahabat lakukan untuk mencegah terjadinya penipuan lewat kartu kredit:

Pertama, Waspadalah Terhadap Email yang sahabat Baca

Data pada kartu kredit sahabat adalah suatu informasi yang begitu sensitif dan memang seharusnya tidak sampai diketahui oleh orang lain selain sahabat. Sebenarnya ada berbagai cara untuk memperoleh informasi tersebut, nah, salah satunya adalah via email yang masuk ke inbox Sahabat. Janganlah sahabat mengklik secara  sembarangan sebuah link yang masuk ke email sahabat, bisa jadi link itu mengarah ke suatu situs phising. Sahabat harus menghindari memberikan informasi kartu kredit  sahabat melalui email, Silahkan abaikan setiap email yang meminta data kartu kredit tersebut.

Kedua, Waspada Saat Sahabat Mendaftar ke Sebuah Situs

Bisa saja pada suatu ketika sahabat menemukan suatu situs yang begitu menarik hati shabat sehingga sahabat ingin mendaftar ke situs tersebut.
Waspadalah ketika dalam formulir pendaftaran situs itu ternyata meminta informasi kartu kredit sahabat, silahkan urungkan saja mendaftarnya, sebab ini snagat beresiko sahabat.
Dengan cara memasukkan data kartu kredit sahabat, maka bisa jadi pemilik situs tadi dapat mengakses akun kartu kredit sahabat yang sahabat masukkan datanya ke formulir tadi untuk dia gunakan. Bahaya kan?

Ketiga, Tingkatkan Kewaspadaan Dalam Setiap Bertransaksi

Pengguna teknologi internet dan juga smarphone di Indonesia tealah mengalami peningkatan yang luarbiasa pesatnya, namun kewaspadaan penggunanya masih sangat lemah. Hal seperti inilah yang membuat para pengguna internet mengalami penipuan transaksi online sehingga mengalami kerugian yang tidak sedikit. Tidak perduli apakah anda sebagai pembeli ataupun penjual. Waspadalah dengan tidakan penipuan secara online yang makin hari makin marak dan makin beragam modusnya.

Demikianlah, beberapa cara menghindari penipuan via internet atau penipuan online yang bisa caraopi bahas. Mudah-mudahan bisa bermnafaat.

Terimakasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar mengenai artikel ini.

Teruslah mengunjungi caraopi.blogspot.com , karena caraopi.blogspot.com akan selalu menghadirkan artikel-artikel keren yang tentunya bermanfaat bagi para sahabat.
Terimaksih.



No comments:

Post a Comment