Wednesday, March 22, 2017

Cara membuat Blog Gratis WordPress atau Blogger

Ngeblog atau dikenal dengan istilah blogging saat ini makin digemari oleh warga masyarakat Indonesia.Makin banyak saja bermunculan para blogger dengan menghadirkan topik-topik dan gaya tulisan mereka masing-masing. Sebenarnya ada banyak sekali platform untuk membikin blog. Diantaranya yang bisa kita gunakan untuk ngeblog yaitu Blogger, Tumblr, WordPress, Weebly, Jigsy, Webs dan sebagainya. Namun di Indonesia rata-rata memanfaatkan WordPress dan Blogger / Blogspot untuk blogging. Nah, oleh karena itu kita bahas yang dua ini yaitu cara membuat blog gratis di WordPress dan Blogger.


Oh ya, hampir lupa, saya ingin memaparkan tentang cara membuat blog gratis ini bagi sahabat yang belum mengerti membuat blog ya. Baik membuat blog di WordPress ataupun di Blogger.

Bagi sahabat yang sudah mengerti atau sudah mempunyai Blog atau bahkan sudah professional dalam bidang blogging gak perlu lagi baca artikel ini ya. Bagi shabat yang belum mengerti atau masih awam dengan blogging silahkan di lanjutkan membaca artikelnya. Jangan lupa siapkan snack dan mimiknya eh ... mimik, minuman maksudnya, karena blog ini agak panjangan dikit. Dikit aja ya panjangnya.

Sebelum kita lanjutkan saya informasikan dulu ya bahwa layanan pembuat blog ini -WordPress dan juga Blogger- memang disediakan secara gratis bagi sahabat yang ingin blogging disini. Akan tetapi, walaupun dua-duanya free alias gratis namun keduanya mempunya perbedaan-perbedaan. Silahkan lanjutkan membacanya, kira-kira apa saja kelebihan dan kekurangan dari dua platform blog ini ya, sehingga sahabat nanti bisa memprtimbangkan mau ngeblog dengan WordPress atau dengan Blogger.

I. Cara buat Blog Gratisan di (WP) WordPress

Script WordPress itu bisa dimanfaatkan untuk domain dengan hosting sendiri maupun manfaatkan secara gratis. Akan tetapi, sekarang saya akan mengupas cara buat blog gratis pada WordPress.com, disini sahabat bisa menikmati seluruh layanan dengan cuma-cuma/gratis, gratis baik itu subdomain ataupun hosting-nya.

Simaklah langkah-langkah berikut:
1. Pertama kali adalah silahkan buka situs WordPressnya, buka atau klik URL ini pada browser sahabat id.wordpress.com
2. Ketika halaman WordPressnya telah terbuka, maka silahkan inputkan alamat web yang sahabat inginkan, sebagai contoh Blogcaraopi.wordpress.com. Kemudian klik icon “Buat Situs Web”. 
Perhatiakan gambar di bawah :



3. Maka akan tampil halaman baru. Di halaman ini sahabat  diminta untuk mengisi beberapa kolom, yang terdiri dari alamat email sahabat, kemudian nama pengguna (untuk proses login), mengisi password, dan juga alamat blog.

Untuk alamat email, 
isilah dengan alamat email sahabat.
Di Nama pengguna: 
pergunakan nama sahabat ataupun variasi nama sahabat (contoh: shinta95), ini adalah untuk user name manakala sahabat login ke dashboard WordPress.
Untuk Password: 
isilah menggunakan password yang cukup kuat namun mudah diingat
Sahabat harus pastikan alamat blog: 
silahakn cek ulang alamat yang digunakan untuk blog Anda, contohnya “caraopi.wordpress.com”
Pastikan sahabat klik link yang ada tulisan (akan menggunakan  alamat yang  gratis).
Setelah seluruh kolomnya terisi, silahkan klik icon “Buat Blog” yang berada di bagian bawahnya.



4. Link untuk verifikasi ke email sahabat akan dikirim oleh pihak WordPress. Silahkan buka email sahabat, carilah email yang dikirim dari wordpress.com lalu klik link yang ada dalam email tersebut. Lihatlah gambar



5. Setelah sahabat mengverifikasi dengan cara yang telah dijelaskan di langkah 4 tadi  (silahkan klik link verifikasinya), maka segera akan terbuka tab yang baru di browser dan sahabat akan melihat tampilan halaman dashboard WordPress punya sahabat. 

Perhatikan Gambar



Cara Pengaturan Desain , Postingan di Blog WordPress sahabat.

Setelah sampai pada langkah ke-5 di atas sebenarnya sahabat telah mempunyai blog WordPress yang sahabt buat. Sahabat  dapat melihat tampilan blognya dengan cara mengetikkan nama blog yang telah sahabat buat di browser. Tetapi, mungkin sahabat kadang merasa tidak cocok dengan tampilan blog default yang asli dari WordPressnya. Jangan khawatir Sahabat bisa kok memulai melakukan beberapa perubahan settingan pada blog WordPress Sahabat, sebagai contoh membuat judul blognya, membikin tag line ataupun deskripsi singkat blognya, bisa juga mengganti themes, sahabat juga bisa memasang widget dan sebagainya.

1. Cara Pengaturan Blog WordPress

Cara pengaturan di blog WordPress sahabat, sahabat bisa melakukannya dalam dashboard WordPress sahabat dengan cara membuka icon link (Pengaturan). Di bagian pengaturannya terdapat beberapa sub kategori pengaturan yang mau sahabat edit. Menurut pendapat saya, yang terpenting di bagian ini yaitu pengaturan; umum, membaca, menulis dan diskusi,  Dibawah  ini penjelasan secara singkatnya:

Umum : 
Di bagian ini sahabat dapat mengganti judul blognya dengan judul yang sesuai kenginan sahabat , dan sahabat juga bisa menambahkan tagline bagi blog sahabat. Namun, sahabt juga dapat melakukan pengaturan-pengaturan lainnya pada halaman ini, sebagai contoh shabat bisa menambahkan ikon untuk blog, bisa mengganti format tanggal dan waktunya. Pastikan Sahabat telah menyimpan perubahaan yang sahabat lakukan.

Menulis: 
Di bagian yang ini sahabat  bisa melakukan pengaturan tulisan,sahabat bisa memilih kategori /kelompok tulisan standar.

Membaca: 
Pada bagaian ini sahabat bisa juga mengatur tulisan yang akan ditampilkan di halaman utama pada blog sahabat. Sahabat dapat membuat halaman statis dan juga dinamis, tetapi sebaiknya karena ini adalah blog maka seyogianya sahabat menampikan halaman bentuk dinamis. Di halaman ini sahabat bisa juga menentukan berapa jumlah artikel yang akan ditampilkan di halaman utama, dan sebagainya. Bila sahabat tidak menginginkan hal-hal khusus, sahabat biarkan saja settingan pada halaman ini secara default saja tanpa perubahan.

Diskusi :
Pada bagian ini sahabat bisa juga mengatur bagaimana pembaca/orang lain bisa mengirimkan berkomentar di blog sahabt. Bila sahabat tidak menginginkan hal tersebut secara khusus, sebaiknya jangan sahabat ubah settingan default di halaman ini.

2. Selanjutnya Desain Blog WordPress

Sahabat  bisa merubah Themes dan menambah widget pada Blog WordPress sahabat. Bila sahabat mengatur themes dan widgetnya maka dapat membuat blog WordPress shabat terlihat lebih baik dan juga sesuai dengan keinginan shabat sebagai pemilik blog. Silahkan buka tombol link (Tampilan) yang terdapat di dashboard blog wordpress sahabat. Menurut hemat saya bagian yang terpenting di bagian ini adalah Tema, Widget dan Menu. Simak penjelasan singkat berikut ini:

Tema: 
Di bagian ini sahabat bisa memilih tema /theme yang cocok dengan keinginan sahabat. Pada WordPress.com terdapat begitu banyak tema gratisan dengan tampilannya yang cukup bagus. Silahkan Perhatikan, janganlah sahabat memilih theme yang premium ya, pilih saja tema yang gratisan.

Widget: 
Pada bagian yang ini sahabat bisa menambahkan widget-widet yang sahabat inginkan yang akan tampak dibagian sidebar blog WordPress sahabat. Perhatikanlah, jangan kebanyakan memasukkan widget-widget karena akan mempengaruhi kecepatan proses loading blog sahabat.

Menu: 
Disini Sahabat dapat menambahkan link-link untuk menu pada halaman ini. Contohnya sahabat ingin membuat halaman : halaman kontak,about,privacy policy, dan sebagainya, Sahabat langsung saja bisa membuatnya pada halaman ini.

3. Tentang cara Posting Konten di WP

Selanjutnya adalah cara membuat postingan artikel di blog sahabat. Untuk mengeposkan / memposting artikel ataupun konten lainnya, sahabat bisa menggunakan tombol link (Tulisan). 
Perhatikanlah link yang berada di dashboard sahabat:

Semua Tulisan: tanda ini adalah link yang digunakan untuk melihat semua artikel yang diposting pada blog sahabat.

Tambah Baru: 
Nah ini adalah link yang digunakan untuk membuat postinganatau artikel baru pada dalam blog sahabat.

Kategori: 
di bagaian ini adalah link yang digunakan untuk melihat dan juga menambahkan kategori baru pada blog wordpress sahabat.

Membuat postingan di blog sahabat dengan platform WordPress adalah sangat mudah alias tidak berbelit-belit, artinya jauh lebih gampang di banding platform lainnya sahabat. Berikut adalah hal yang perlu anda perhatikan di halaman anda membuat konten:

Judul konten :
Silahkan sahabat bikin  judul disesuaikan dengan kontennya.

Pada Halaman konten: 
sahabat bisa menambahkan konten yang berbentuk text /artikel, image/gambar, dan juga video pada  halaman ini.

Pada Menu formating: 
silahkan sahabat Perhatikan menu formating di halaman kerja WordPress sahabat. sahabat dapat menambahkan link, bisa mengatur text, dapat mengganti warna textnya, menambahkan gambar/image dan juga video, dan lain-lainnya.

Pada Bagian Kategori dan Tag: 
Sahabat jangan lupa ya untuk membuat kategori dan tag untuk setiap konten yang sahabat upload. Karena ini akan memudahkan sahabat dan juga para pembaca blog sahabat untuk melihat konten/artikel dengan kategori ataupun tag tertentu.

Apabila sahabat sudah tidak ragu lagi dengan konten sahabt, silahkan sahabat klik tombol (Terbitkan) tombol ini berada di sebelah kana halaman kerja dari WordPress .

Lihat Gambar



Bagaimana Sahabat? Setelah sahabat membaca penjelasan tadi, tentunya sahabat sudah dapat membuat blog di WordPress sendiri kan? Langkah-langkah yang telah dijabarkan di atas memang lumayan sederhana, namun bila sahabat ingin membuat tampilan blog sahabat lebih baik lagi, sebenarnya sahabat bisa berkreasi lebih jauh lagi. Akan tetapi, perlu sahabat ketahui bahwa WordPress.com telah memberikan batasan-batasan pada penggunanya dalam hal mengedit kode-kode htmlnya di dalam blog WordPress ini.

Catatan :

Bila sahabat ingin masuk ke dashboard blog WordPress sahabat, silahkan tulis alamat blog sahabat di browser dengan cara menambahkan /wp-admin, jangan lupa ya.
Contohnya caraopiblogby.wordpress.com/wp-admin, kemudian sahabat masukkan email/username dan juga password sahabat. eMail/Username dan password milik sahabat ini telah sahabat buat sejak awal ketika sahabat membuat blog di WordPress.com ini.
Silahkan simpan username dan password sahabt dengan baik, sehingga nantinya mudah digunakan kembali ketika sahabat ingin login ke blog sahabat.

II. Bagaimana cara  Bbuat Blog Gratis di Blogger /Blogspot?

Blogger.com itu adalah sebuah situs Web 2.0 kepunyaan Google lho. Sahabat bisa membuat blog secara gratis di blogger, Sahabat bisa menggunakan subdomain dan juga hosting gratis ataupun juga menggunakan domain sahabat sendiri dengan hosting gratisan di blogger. Artikel ini akan membahas bagaimana cara membuat blog pada Blogspot dengan subdomain dan juga hosting gratisan dari Blogger.com milik Google ini.

Sebelum sahabat membuat blog pada blogger, sahabat disarankan untuk mempunyai akun email di Google mail /gmail (gratis kok). karena hal ini akan memudahkan proses dalam pembuatan blog sahabat. Bila sahabat belum mengerti caranya membuat email / gmail ini, sahabat bisa membaca artikel/postingan saya sebelumnya tentang bagaimana cara membuat email. Namun biala sahabat sudah mempunyai akun email pada Gmail, silahkan langsung saja sahabat mengikuti proses cara membuat blog di blogspot ini ya, berikut angkah-langkah membuat blog di blogspot.co.id.

1. Hal yang sahabat lakukan pertama kali adalah, bukalah situs Blogger.com, silahkan klik link berikut untuk membuka Blogger yang berbahasa Indonesia pada browser sahabat Blogger.com

2. Selanjtnya sahabat akan melihat halaman untuk bisa masuk ke akun Google. Silahkan masukkan akun emai Gmail sahabat dan janagn lupa password nya ke kolom yang telah disediakan, kemudian klik icon “Masuk”.

Perhatikan  gambar

3. Sehabis itu, sahabat akan dibawa masuk ke halaman berikutnya, di mana sahabat bisa melihat akun Google sahabat termasuk juga foto profile dalam eMail ataupun di Google plus sahabat (apabila sahabat sudah mendaftar), kemudian klik icon (Lanjutkan ke Blogger). Nanti sahabat akan diarahkan ke halaman untuk pembuatan blog.

Perhatikan  gambar dibawah:



4. Kemudian silahkan klik tombol (Blog Baru) yang terdapat pada halaman itu, dan akan muncul pop up untuk pembuatan blog sahabat. Silahkan sahabat isi kolom yang telah tersedia disitu dan pilih tema/themes default yang hendak digunakan untuk blog sahabat. Isilah kolom tersebut dengan data-data blog yang sahabat  inginkan:

Untuk Judul: 
Isilah dengan judul blog sahabat, misalnya “caraopi”

Untuk Alamat: 
Silahkan isi Alamat blog sahabat di blogspot, misalnya “CaraOpi.blogspot.com

Untuk Pilih Template: 
Blogger menyediakan 7 tempalte yang bereda Sahabat bisa memilih salah satu yang cocok dengan keinginan sahabat.
Kemudian klik icon (Buat blog!)

Lihat gambar



Menu Pengaturan, Desain, dan juga Posting pada Blogger.com

Stelah sampai di langkah 4, sahabat sebenarnya telah selesai membuat blog pada Blogger, namun sahabat masih belum juga melakukan pengaturan-pengaturan lebih lanjut, dan belum juga ada artikel/konten sama sekali. Sahabat bisa saja langsung membuat artikel/postingan baru atau juga ingin melakukan settingan lebih lanjut lagi untuk blogspot sahabat.

1. hal-hal dalam Pengaturan dan Desain Blog pada Blogger

Cara pengaturan di blog pada blogger tidak sama seperti di blog pada WordPress. Di halaman dashboard pada Blogger sahabat bisa melakukan pengaturan-pengaturan lebih lanjut lagi dengan cara meng-klik (Opsi Lainnya) yang bentuknya brupa tanda panah ke arah bawah. Nantinya akan muncul drop down disana, link untuk menuju halaman-halaman lainnya yang terdapat di Blogger.

Perhatikan gambar



Penjelasan singkat tentang menu ataupun navigasi pada dashboard Blogger:

Pertama , Ikhtisar: 
ikhtisar adalah data statistik tentang blog sahabat, diantaranya menampilkan jumlah pengunjung, kemudian jumlah postingan, dan juga jumlah artikel.

Kedua, Pos: 
Daftar posting/artikel yang telah sahabat tulis, telah diterbitkan, dan juga terdapat artikel yang masih berbentuk draft.

Ketiga, Laman: 
Laman/Halaman statis seperti halnya page yang terdapat pada WordPress. Umumnya digunakan untuk membuat halaman About, Term of Service (TOS) dan lain sebagainya.

Keempat, Komentar: 
Di halaman komentar ini, sahabat bisa melihat komentar yang telah masuk ke blog sahabat. Sahabat juga bisa mengeditnya atau bahkan menghapusnya. Komentar yang tidak diinginkan sebaiknya diedit atau di hapus saja.

Kelima, Google+: 
Nah, Ini adalah merupakan akun sosial media dari mbah Google yang bisa pakai untuk blog sahabat.

Keenam, Statistik: 
Ini maksudnya data lebih detail tentang penampakan trafik pengunjung blog sahabat.

Ketujuh, Tata Letak: 
Di halaman ini sahabat bisa mengatur layout blog sahabat, mengatur posisi dan atau menambahkan widget.

Kedelapan, Template:  
Di halaman widget ini sahabat bisa menguabh template yang cocok dengan keinginan sahabat.

Kesembilan, Setelan: 
Di halaman ini bisa digunakan untuk merubah/mengatur setelan blog sahabat, pengaturan pada berapa artikel yang hendak ditampilkan di halaman utama atau homepage, kemudian juga pengaturan bahasa, pengaturan komentar dimoderasi apa tidak, dan lainsebagainya.

2. Hal Postingan Konten pada Blogger

Lalu bagaimana cara membuat artikel atau postingan pada blogger? Sebenarnya caranya tidaklah sulit alias mudah saja. Silahkan perhatikan langkah-langkah berikut:
Pertama, Buatlah judul kontennya: Membuat judul sebaiknya yang singkat saja karena blogger telah membatasi jumlah karakter sebagai judul postingan artikel blog sahabat.
Silahkan masukkan konten atau artikel lain di halaman artikel atau konten yang telah disediakan tentu saja oleh  blogger. Sekarang sahabat bisa memasukkan konten berbentuk text, image/gambar, dan bahakan juga video.
Sahabat juga bisa memasukkan suatu link, sahabat bisa mengganti format textnya, dan lain sebagainya, dengan cara bantuan menu formating yang terdapat di bagian bawah judul artikel/konten.

Selanjutnya isi kategori/label yang cocok dengan konten/artikel yang sahabat buat, kemudian  klik tombol (Selesai) yang terdapat dibagian bawah pada kolom label.
Nah, sahabat  juga bisa menjadwalkan waktunya posting konten yang telah sahabat buat tersebut sesuai dengan waku yang diinginkan, membikin  tautan permanen, dan juga menambahkan lokasi, bahkan sahabat bisa menambahkan pilihan lainnya sesuai dengan kebutuhan sahabat.

Apabila sahabat sudah yakin akan membuat konten sahabat online, maka silahkan klik tombol (Publikasikan). Nah, Konten yang sahabat buat sudah online dan pastinya bisa dibaca oleh orang lain.

Perhatikan Gambar


Catatan :

Bila sahabat hendak login ke dashboarb Blogger sahabat, sahabat cukup menggunakan alamat email yaitu email Gmail sahabat yang digunakan untuk mendaftar di Blogger.com sebelumnya.

Simpanlah alamat email Gmail sahabat dan juga password baik-baik ya, agar nantinya mudah bila digunakan ketika ingin kembali login ke Blogger.com.

Nah....! Sekian dulu ya, penjelasan secara singkat cara membuat blog secara Gratis pada WordPress dan juga Blogger. Moga artikel ini dapat membantu para sahabat yang belum pernah mengerti tata cara membuat blog secara gratisan. Apabila sahabat ada hal yang kurang jelas dan hendak ditanyakan tentang artikel di atas, jangan sungkan, silahkan kirikan pertanyaan di bagian komentarnya. Terimakasih banayk sudah membaca artikel saya ini ya :)
Jangan lupa mampir lagi ya di caraopi.blogspot.com

No comments:

Post a Comment