Monday, March 20, 2017

Cara Mempercepat Koneksi Internet pada PC atau Laptop


Seringkali kita mengalami ganguan koneksi internet seperti hilang signal, tidak bisa konek dan juga bisa konek namun jaringannya begitu lelet. Berikut saya sharing cara mempercepat koneksi internet di laptop anda agar bisa cepat dan lancar.
Karena zaman sekarang ini banyak hal yang bisa di kerjakan lewat internet bisa berupa bisnis, kerjaan kantor, pekrjaan rumah dsb. Dengan bantuan internet banyak pekerjaan yang menjadi lebih simple dan praktis.

Seperti kirim surat bisa langsung kirim via email hanya dalam hitungan detik sudah sampai ke tujuan. Ingin membaca ebook atau mencara artikel refrensi lainnya, mencari karya ilmiah tinggal brosing atau berselancar saja di dunia maya alias internet. Juga kita bisa menghubungi keluarga kita yang kebetulan tinggal sangat jauh dari kita melalui medsos saja. Alangkah praktisnya bukan.

Nah.... Pasti sungguh menyakitkan bila internet yang kita gunakan sangat lelet, begitu lambat proses loadingnya. Maka harapannya adalah koneksi internet selalu cepat dan ringan. Internet yang lambat koneksinya akan menghambat berbagai macam pekerjaan di era serba digital ini dan juga mudah menyeabkan emosi kita sebagai pengguna internet, karena proses data yang tak kunjung tuntas.
Apakah anda pernah mengalami hal di atas. Yuk kita simak pemaparan solusi mengatasi jaringan internet yang lelet.

Disni ada 7 tips cara mempercepat koneksi internet yang lelet di PC atau laptop anda.

1. Dengan mengubah setting bandwdith di PC kita.

Jangan lupa, modemnya harus sudah on ya.

Bandwidth adalah luas cakupan suatu frekuensi yang pakai oleh signal buat transmisi data. Umumnya bandwidth di setting default PC  berkisar hanya pada angka 20% tidak lebih. Supaya koneksi internet kita bisa maksimal, maka perbesarlah nilai bandwidthnya dengan cara mengubah settingan pada PC configuration.

Simak langkah-langkah berikut:
  • Bukalah program Run caranya klik tombol yang berlogo Windows dan  tombol R bersamaan. berikutnya akan tampil pop up Run.
  • Di  program Run ini, ketiklah gpedit.msc dalam  kolom yang telah disediakan. Kemudian klik OK


Lihatlah  tampilan pada layar PC Anda. Klik duakali / Double klik pada Computer Configuration Þ Administrative Templates Þ Network Þ QoS Packed Scheduler

  • Lakukan Double Klik juga pada menu yang tertera Limit Reservable Bandwidth
  • Pilihlah menu enable Þ di bagian Bandwidth Limit gantilah jadi 0 (dalam defaultnya 20), dan klik OK


Selanjutnya Restart PC Anda untuk memperoleh hasilnya

2. Dengan cara merubah DNS Pada PC anda

Cara memeprcepat konkesi internet di PC anda selanjutnya adalah dengan cara merubah settingan DNS pertama/lama di PC anda. DNS yaitu kepanjangan dari Domain Name System yang digunakan untuk pencarian nama di komputer yang memanfaatkan fasilitas jaringan TCP ( Transmission Control Protocol) atau IP (Internet Protocol).
Ubahlah konfigurasi pengaturan pada DNS jadi open DNS atau gunakan DNS Google. Maka dengan cara ini bisa menamabah kecepatan koneksi internet Anda samapai kira-kira  20% dari kecepatan sebelumnya.

Berikut ini langkah-langkahnya menggunakan Open DNS:

Perhatikanlah bagian pada task bar PC Anda. Silahkan Klik kanan pada ikon Network, kemudian klik pada Open Network and Sharing Center


Berikutnya, klik di link menu Connection yang berada pada bagian kanan.

Ketika  jendela Wireless Network Connection Statusnya telah terbuka, kemudian klik icon properties

Langkah berikutnya adalah klik 1x  di bagian TCP/ IPv4/ Internet Protocol Version 4 selanjutnya klik Properties


Di tab General, anda harus mencentang Use the Following DNS server addresses. Kemudian ubahlah DNS

Prefered DNS ( 208.67.222.222 )
Alternate DNS ( 208.67.220.220 )


Selanjutnya tekan OK

Untuk mengetahui perubahan hasilnya, restartlah PC Anda.
Nah jika mau menggunakan DNS Google, simaklah langkah-langkah berikut:
  • Lakukan klik kanan di ikon Network, kemudian klik ( Open Network and Sharing Center )
  • Berikutnya, klik pada link menu Connection yang berada di bagian sebelah kanan.
  • Ketika jendela Wireless Network Connection Status sudah terbuka, kemudian klik tombol properties nya.
  • Pilihlah Properties Þ Internet Protocol Ver. 4 Þ Properties

Nah Prefered DNS Server nya adalah : 8.8.8.8
Sedangkan Alternate DNS Server nya adalah : 8.8.4.4

3. Dengan cara mengaktifkan DNS Cache pada PC anda.

DNS Cache fungsinya sama dengan penjelasan poin 5, apa bedanya, bedanya adalah di langkah ini kita aktifkan pengaturan DNS Cache nya pada regedit. Simaklah langkah-langkahnya:

Pertama Buka Notepad

Copykan kode-kode berikut ini ke notepad ya.

[HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Dnscache\Parameters]
"CacheHashTableBucketSize"=dword:00000001
"CacheHashTableSize"=dword:00000180
"MaxCacheEntryTtlLimit"=dword:0000fa00
"MaxSOACacheEntryTtlLimit"=dword:0000012d

Simpanlah notepad tersebut menggunakan nama dnscache.reg
Nah untuk mengaktifkan DNS Cache nya, klik duakali pada file dnscache.reg yang tadi.
Bukalah file tersebut setiap anda melakukan browsing di internet guna memperoleh kecepatan koneksi internet lebih cepat dari sebelumnya.

4. Silahkan gunakan Provider yang Kompeten

Anda harus memilih (ISP) Internet Service Provider yang telah terbukti handal dan juga kompeten dalam menyajikan penyediaan internet network /jaringan internet. Anda jangan mudah tergiur dengan promosi-promosi banting harga yang biasa ditawarkan oleh ISP tertentu. Sebab tentu saja harga tidak bisa berkata bohong. Bila harga agak mahal tentunya hasilnya akan setara dengan kualitas koneksi internet yang ditawarkan.

5. Silahkan Gunakan Modem yang cukup memadai

Modulator Demodulator (Modem) yaitu sebuah perangkat elektronik yang baiasanya digunakan untuk merubah sinyal komputer menjadi  besaran frekuensi tertentu yang kemudian diproses melalui jaringan telepon kabel.

Modem itu spesifikasi kecepatan koneksinya juga berbeda-beda. Untuk memperoleh kecepatan koneksi yang maksimal, maka pakailah modem dengan spesifikasi kecepatan yang cukup besar. Umumnya modem yang paling sering digunakan mempunyai kapasitas koneksi kira-kira 256 Kbps.

6. Anda juga bisa menggunakan Provider yang Belum terlalu Banyak Digunakan

Walaupun dikenal dengan provider yang berkualitas dalam penyediaan koneksi internet, karena padatnya pengguna internet di provider tertentu juga akan dapat menyebabkan  lemotnya koneksi internet yang kita gunakan.
Nah untuk menghindari hal tersebut diatas, silahkan coba menggunakan jasa provider yang belum begitu banyak digunakan netter-netter lainnya. So,  Anda masih berkesempatan untuk memperoleh pelayanan internet dengan kualitas koneksi yang maksimal.

7. Silahkan gunakan Gadget atau Perangkat Komputer Berspesifikasi Tinggi 

Apabila  keenam cara di atas tadi sudah anda coba praktekkan dan ternyata tidak bisa membantu mempercepat koneksi internet Anda, bisa jadi Anda wajib mempertimbangkan untuk meningkatkan spesifikasi gadget atau perangkat komputer yang biasa anda gunakan untuk mengakses jaringan internet. Jika RAM pada perangkat yang Anda gunakan , prosesor dan juga harddisknya berkapasitas rendah, tentunya hal ini akan mempengaruhi juga kecepatan koneksi internet yang anda butuhkan.

Maka tak ada slahnya kan mengganti perangkat komputer, gadget atau laptop anda, ketika anada merasakan koneksi intenetnya sudah sangat lambat?

Penjabaran diatas tadi adalah beberapa cara mempercepat koneksi internet yang lambat atau lemot menjadi lebih cepat. Namun demikian koneksi cepat atau lambatnya internet itu dipengaruhi beberapa faktor baik faktor internal ( pernagkatnya berkapasitas rendah dan juga setting yang juga tidak benar) dan juga bisa dipengaruhi faktor eksternal yaitu provider yang kurang bisa diandalkan atau kurang kompeten, maka anda harus cermat dalam mengatasi masalah koneksi internet tersebut.

Bill Gates mengatakan “The internet is becoming the town square for the global village of tommorow”.

Demikian, Semoga bermnafaat.

No comments:

Post a Comment