Saturday, March 25, 2017

Cara mengatasi Wifi bisa Konek ke Hotspot Tapi tak Bisa browsing

Era kemajuan teknologi informasi ini internet merupakan kebutuhan pokok baik di perkantoran di dunia pendidikan dan bahkan di lingkungan keluarga sekalipun. Di daerah urban atau perkotaan banyak tempat yang menyediakan hotspot wifi secara Cuma-Cuma alias gratis, sehingga banyak juga masyarakat yang terbantu dlam mengkses internet.
Banyak kejadian, ketika kita lagi sanagat butuh terhubung ke internet tapi masalah muncul contohnya kita tidak bisa browsing atau berselancar di dunia maya padahal status wifi terhubung, pusing jadinya sahabat.


Untuk mengatasi hal tersebut berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Tips yang pertama :

1. Cobalah sahabat periksa apakah ada tanda seru (!) berwarna kuning pada system tray

Lihatlah di sudut kanan bawah layar komputer sahabat, coba periksa di icon yang menamapilkan koneksi wireless pada laptop. Apabila ditemukan segitiga berwarna kuning yang ada tanda serunya berarti sahabat tidak bisa koneksi ke internet sama sekali.

2. Berikutnya adalah silahkan buka Control Panel lalu > Network and Sharing Center
Silahkan Sahabat klik Change Adapter Setting.
Kemudian klik kanan di Wireless Connection lalu > Properties.
Silahkan klik 2x  di Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4), maka sebuah jendela akan menayangkan detail adri IP address komputer sahabat. Apabila  pada detail itu masih terisi, silahkan sahabat pilih “Obtain an IP address automatically”. Kemudian  klik OK, terus klik OK lagi.

Tunggulah sesaat hingga sahabat memperoleh IP address dari DHCP server hotspotnya. Coba perhatikan kembali icon wireless connectionnya, yang ada di bagian system tray tadi. Apabila  tanda seru sudah menghilang itu artinya laptop/komputer shabat sudah tersambung kembali ke internet. 


3. Nah apabila langkah no. 2 gagal, berarti terjadi masalah di Wi-fi card laptop sahabat.
Masalah ini timbul disebabkan dari driver hardwarenya. Maka solusinya adalah dengan melihatnya pada Device Managernya. Silahkan klik kanan di My Computer lalu pilih Manage terus > DeviceManager.

Silahkan Perhatikan di bagian Network adapters, setelah itu klik kanan lagi pada hardware wi-fi di komputer/laptop sahabat, terus klik Uninstall.

Sahabat tidak usah khawatir, sebab saat terdeteksi oleh sistem driver dengan otomatis akan terinstall lagi. Kemudian klik kanan lalu pilih Scan for hardware changes supaya  sistem bisa mendeteksi dan menginstal ulang driver hardware wi-fi itu dengan otomatis. Ketika proses itu selesai tutuplah Device Manager, lalu cobalah hubungkan/ connect kembali dengan hotspot wifi. Kalau prosesnya benar kemungkinan besar Koneksi internetnya akan normal kemabali.

2. Tips yang kedua

Ad Hoc Connection atau Wireless Connection antar Laptop dengan Windows Tujuh.
Keunggulan suatu perangkat wifi pada laptop sahabat adalah sangat menguntungkan. Slah satu keuntungannya adalah bisa digunakan untuk network and sharing secara mudah tanpa bantuan kabel. Lebih lanjut lagi adalah kita bisa menggunakannya untuk sharing file, koneksi ke internet ataupun game online. Bila  operating system yang digunakan berupa Windows 7, maka setting yang dilakukan dengan wizard yang telah disediakannya. Selain itu faktor keamanan, agar network dan sharing itu tidak dengan mudah ditembus juga bisa diperbaiki tanpa mempersulit langkah2 setting yang kita lakukan.

Berikut adalah Langkah-Langkahnya:

Apabila di salah satu laptop memiliki modem ataupun koneksi internet -non wifi, maka masing-masing komputer itu TIDAK diperlukan setting IP addressnya, namun apabila  tidak ada koneksi internetnya sama sekali dan hanya network sharing saja, sebelumnya masing-masing laptop itu PERLU DI SETTING DENGAN IP ADDRESS dengan KELAS YANG SAMA

Berikut langkah-langkahnya :

Silahkan ikuti klik di jalur ini : Start Menu terus >Control Panel lalu>Control Panel\Network and Internet atau Network and Sharing Center kemudian >klik Change Adapter Setting

Setelah itu klik kanan kemudian pilih properties di wireless network connection device Sahabat
Silahkan pilih Internet Protocol Version 4 kemudian klik properties sekali lagi.
Masing-masing komputer silahkan disi dengan IP address yang mempunyai kelas sama, disana ada 3 kelas yang bisa digunakan, yaitu:

Class A:  Jangkauannya 10.0.0.0 - 10.255.255.255
Class B: jangkauannya 172.16.0.0 - 172.31.255.255
Class C: jangkauannya 192.168.0.0 - 192.168.255.255

Contoh kita menggunakan class C:
Maka Komputer satu : 192.168.0.1
Komputer dua : 192.168.0.2
Komputer tiga: 192.168.0.3 dan seterusnya
Sementara untuk subnet mask diisi sama pada semua laptop yaitu : 255.255.255.0
Silahkan klik ok


Cara membuat Ad hoc conection.

Silahkan sahabat ikuti klik jalur berikut : petama Start Menu lalu >Control Panel kemudian >Control Panel atau Network and Internet atau Network and Sharing Center setelah itu > klik Manage Wireless Networks terus klik add.
Silahkan sahabat pilih create ad hoc connection, ok?

Isilah Nama jaringannya, Security Type silahkan isi dengan: WEP, kemudian isi security key dengan angka 5 s.d. 13 angka harus unik, maksudnya unik di sini intinya  adalah janganlah sampai ada 2 angka yang sama atau 2 / lebih angka yang berurutan kemudian berhenti atau apapun yang dinyatakan  tidak aman. Silahakn Sahabat acak. Setelah Sahabat menentukan passwordnya, jangan lupa untuk mencatatnya dan silahkan dibagikan kepada pengguna laptop yang hendak melakukan koneksi internet.
berikutnya bila koneksi di salah satu laptop host memiliki koneksi internet, maka wizardnya akan bertanya “ apakah koneksi internet itu mau disharing atau tidak”, Namun sahabat bebas memilihnya.

Apabila ternyata sahabat saat itu salah memilih  tidak disharing tapi sahabat ingin melakukan sharing internetnya, maka yang harus dilakukan sebelum koneksi, nyalakan sharing dengan mengikuti patch Start Menu lalu > Control Panel teus >Control Panel atau Network and Internet atau Network and Sharing Center kemudian >klik Change Adapter Setting. Dan kmeudian klik kanan pada  Wireless Network Connection . Silahkan pilih properties terus pilih lagi tab sharing, dan kemudian contreng pilihan yang paling atas
Nah langkah membuat koneksi telah selesai, sekarang masing-masing laptop hanya tinggal melakukan koneksi saja di wireless network seperti biasanya, dan janagan lupa  dengan memasukkan security password yang sudah  dibagikan tadi.

Cara mengaktifkan Sharing File and Printer
Langkahnya cukup gampang silahkan sahabat ikuti patch berikuti : pertama Control Panel - All Control Panel Items -Network and Sharing Center - Advanced sharing settings
Kemudian sahabat setting seperti berikut

·         Network Discovery >Turn on Network Discovery
·         File and Printer Sharing > Turn on File and Sharing Printer
·         Password protected sharing > Sesuaikan keinginan anda


Cara Melakukan sharing files and Folder

Caranya cukup dengan klik kanan folder yang mau disharing, kemudian klik share with, terus klik specific people
Di drop down pilihan, pilihlah everyone lalu klik add
Terus klik share.
Folder itu akan nampak bila diakses pada my netwok place oleh orang yanag menggunakan laptop yang ikut koneksi.
Manfaat lainnya tentu saja bisa untuk melakukan game online, namun  jangan berlebihan

Silahkan mencoba semoga sukses.

Terimakasih telah berkunjung. silahkan tinggalkan komentar.
jangan lupa berkunjung lagi ya, karena caraopi akan selalu menghadirkan artikel-artikel ayng bermanfaat untuk para pembaca setia caraopi.blogspot.com

No comments:

Post a Comment