Sunday, April 16, 2017

Masalah Yang Sering Terjadi pada Laptop dan Cara Rahasia untuk Mengatasinya

Laptop saat ini sudah sangat familiar di masyarakat, baik di kalangan pegawai kantoran, pebisnis, guru dan dosen, mahasiswa, siswa di suatu sekolah bahkan anak-anak sekalipun. Karena pemakaian yang kurang perawatan atau bahkan sudah di rawat sekalipun tetap akan terjadi banyak masalah terhadap perangkat Laptop ini. Terkadang baru beberapa saat di gunakan atau bahkan masih baru di beli sudah muncul masalah baik hadware maupun softwarenya dikarenakan berbagai sebab seperti kesalahan setting, terbentur dan sebagainya.keadaan semacam ini pasti sangat menyebalkan bukan? Karena pekerjaan jadi akan terhambat.
Nah silahkan Sahabat simak ulasan atau review tentang permasalahan Lapotop Yang sering Muncul dan cara Rahasia untuk Mengatasinya.

1. LCD Blank atau tidak ada tampilan apapaun saat Laptop di nyalakan.

Normalnya ketika Laptop di nyalakan maka lampu LED (Light Emitting Diode) akan menyala dan terdengar suara kipas prosesornya, namun layar atau LCD (Liquid Crystal Display)  blank tidak namapak apapun.

Perkiraan Keadaan dan Solusinya.

Silhkan Sahabat cek dulu Memory RAMnya, kalau RAM ( Random Access Memory ) ada masalah makan tidak akan bisa proses berlanjut pada level Booting ke system operasi. Coba Sahabat lepaskan dan bersihkan menggunakan kain yang cukup halus, lalu stelah itu pasanglah kembali, kalau tahap ini juga belum ada tanda-tanda kehiduoan he..he..,periksanlah Slot tempat Memory RAMnya terpasang. Silahkan bersihkan slotnya menggunakan kuas pembersih namun dengan cara halus dan perlahan agar kuningan di slot itu tidak rusak ya, belum beres juga ? Copot RAM nya dan silahkan pasang di slot lainnya lagi, lalu ceklah kembali, nah jika sukses sampai ke tampilan system operasinya dengan normal, berarti slot tempat pasang memory RAMnya yang bermasalah. Di slot itu berarti terdapat soket yang sudah bermasalah atau rusak.


2. Tombol Pada Keyboard Tidak Bisa Digunakan

Sering juga terjadi masalah pada tombol Keyboard Laptop, misalkan ada satu atau dua karakter tombol yang tidak bisa berfungsi, atau tidak bisa memunculkan huruf atau karakter lain yang di maksud pada layar LCD.

Perkiraan Keadaan dan Solusinya.

Kalau masalah ini penyebabnya ada pada software, solusinya adalah silahkan Sahabat Install Driver Touchpad disesuaikan dengan jenis dan merek Laptop Sahabat. Nah bila masalahnya ada pada Harware keyboardnya silahkan di cek tombol yang tidak berfungsi tadi, Sahabat bisa membukanya bisa saja karet yang ada di bawah tombol itu sudah rrusak atau pecah, maka solusinya adalah carikan gantinya dan pasang sesuai tempat yang bermasalah tombolnya tadi. Setelah dua usaha tadi di coba namun masih belum menyesaikan masalah bisa sja keruskan ada pada komponen sirkuitnya. Solusinya agak lebih berat sedikit yaitu silahkan ganti keyboardnya dengan yang masih bagus atau silahkan beli keyboard baru sesuai jenis dan merek Laptop Sahabat.

3. Layar LCD awalnya normal tidak ada masalah, tapi tiba-tiba menjadi gelapbahkan hamper tidak terlihat.

Seluruh proses pada Laptop berjalan normal, namun yang terdapat masalah ada pada Screen LCDnya, tiba-tiba berubah jadi hitam atau gelap bahkan hamper tak kelihatan.

Perkiraan Keadaan dan Solusinya.

Ini disebabkan karena Backlight Lamp sudah tidak bisa berfungsi normal atau bahkan telah mati, penyebabnya bisa saja terjatuh atau terjadi korseleting pada arus listriknya, solusinya silahkan ganti Lampu Backlight LCD nya. Silahkan Sahabat periksa juga Papan Inverternya, apakah masih dalam kondisi yang prima, papan inverter ini fungsinya adalah menghantarkan power supplay ke lampu backlight LCD, kalau papannya bermasalah ya otomatis Lampu Backlightnya juga bermasalah.

4. Terjadi Overheat atau Panas Yang Berlebih pada Laptop

Apakah Sahabat pernah mengalami, Laptop baru di gunakan beberapa menit saja sudah terasa sangat panas, kalu dibairkan maka akan sering not responding, bisa juga tiba-tiba Laptop jadi Hang, dan kalau terlalu panas dan berat karena sering Hang maka Laptop akan resetart sendiri, sungguh mengganggu pekerjaan bukan?

Perkiraan Keadaan dan Solusinya.

Laptop yang sering cepat terjadi panas permasalahannya bisa jadi perangkat keras Laptop yang bagian dalam sudah kotor dengan debu dan sebagainya, maka silahkan bongkar bagian hardware dalam Laptop dan bersihkan dengan kuas atau kain yang halus dengan perlahan dan hati-hati, silahkan sahabt cek juga kipas prosessornya apakah masih berputar dengan baik, cek juga bagian prosessornya ya jika heatsink atau pasta pendinginnya telah kering, silahkan tambahkan atau ganti lagi dengan heatsink yang baru di punggung prosessornya yang langsung terhubungan dengan kipas angina prosessornya. Kemudian pasang kembali dengan benar hati-hati jangan terjadi kesalahan lain. Penyebab lainnya adalah spesifikasi processor dan Memory RAM Laptop kurang mendukung dengan beratnya pekerjaan yang Sahabat lakukan juga salah satu sebab Laptop Sahabat cepat menjadi panas. Sehingga pekerjaan processornya dipaksa, tenaga kurang namun beban yang diberikan terlalu berat, solusinya adalah silahkan Sahabat Upgrade Processor dan Memory RAM nya sesuai kemampuan keungan Sahabat.

5.  Ada bunyi Tuts panjang da LCD blank saat Laptop di nyalakan.

Pada layar LCD tidak ada tampilan system operasi alias Blank, dan ada bunyi Tut panjang.

Perkiraan Keadaan dan Solusinya.

Ini  penyebabnya adalah perangkat Memory RAM Laptop Sahabat telah rusak, atau slot tempat RAMnya kotor atau terjadi masalah. Solusinya coba pasangkan RAM pada slot lainnya di motherboard, kalau tidak berhasil berarti silahkan ganti RAM dengan Perangkat yang masih layak digunkan atau sebaiknya ganti dengan Perangkat RAM yang Baru.

6. Laptop Tidak bisa proses Install Sistem Operasi

Ketika Sahabat hendak menginstal salah satu system operasi ke Laptop Sahabat  tiba-tiba proses installasi tersebut berhenti di pertengahan jalan, ini seolah Laptop Sahabat menolak install installasi itu.

Perkiraan Keadaan dan Solusinya.

Coba Sahabat lakukan singkronisasi melalui beberapa alternative system operasi lainnya, bisa saja spesifikasi Laptop Sahabat basar namun tidak bisa mensuport semua model system operasi. Bisa saja ini terjadi karena ketidakcocokan type mesin, apakah jenis mesin 32 bit atau 64 bit, maka coba singkronkan terlebih dulu. Cara Sahabat menginstall juga bisa mempengaruhi, USB yang belum tersupport yang Sahabat gunakan juga bisa saja menjadi penyebabnya, coba Sahabat gunakan juga CD Room maupun DVD Room Portable.

7. Baterai Laptop tidak bisa menyimpan Power lagi.

Mungkin Sahabat ada pengalaman baterai Laptop sudah tidak bisa di charge lagi, atau bisa namun tidak tahan lama, baru di gunakan berapa menit sudah habis, kadang waktu di charge bisa lampu led juga menyala setelah sekian lama Sahabat charge tetap saja tidak bisa full, kondisi parahnya batterai tidak lagi bisa menyimpan Power sama sekali, sehingga mengandalkan charge secara infus, terus menerus dalam keadaan di charge baru menyala. Tentunya kondisi ini sangat mengganggu.

Perkiraan Keadaan dan Solusinya.

Keadaan yang demikian ini di sebabkan karena batterai Laptop Sahabat sudah tidak mampu memenejemen penyimpanan arus power pada baterai lagi saat baterai di charge, maka hanya sdikit power saja yang bisa tersimpan, dan bahkan bisa jadi tidak tersisi sama sekali.

Penyebab kerusakan baterai diantaranya adalah :

Penggunaan di awal yang kurang tepat.
Sering Laptop di letakkan diatas tempat yang kurang sirkulasi udara, seperti di kasur, diatas kain, busa dan sebagainya, sehingga sel-sel baterainya akan cepat mati atau aus.
Penyebab lainnya lagi adalah faktor charging yang berlebih, tidak pernah dilepas dari stop kontaknya. Isilah power baterainya jika indikator menunjukkan waktunya untuk di isi, bila sudah penuh silahkan Sahabat lepas saja chargernya.
Beberapa hal diatas adalah menjadi tersangka penyebab baterai tidak lagi mampu menyimpan power.


8. Ada bunyi tuts saling bergantian dan menyambung, dan keyboardnya mengetik sendiri, satu atau dua karakter bisa ngetik sendiri terus tanpa berhenti, penulis juga pernah mengalami ini.

Ketika Laptop di nyalakan ada suara tuts yang panjang saling menyambung, dan ketika sahabt menekan salah satu tombol keyboard maka yang karakter yang Sahabat tekan akan mengetik sendiri tanpa henti. Tombol keyboardnya seperti menekan sendiri. Jadi sebel dan khawatir.

Perkiraan Keadaan dan Solusinya.

Bisa jadi ada tombol keyborad yang terjepit atau tertekan kerangka keyboardnya, jadi coba periksa tombol yang tadi di tekan, nah kalu masih belum berhasil bisa saja ada IC komponen keyboardnya yang sudah rusak, kadang penyebabnya memang ada yang tombol terjepit atau terperangkap pada kerangka keyboard tadi namun setelah di betulkan posisinya malah kadang tombolnya tidak berfungsi lagi. Solusinya bisa Sahabat ganti tombol yang rusak, namun bila terjadi kerusakan pada ic komponen keyboardnya ataupun konselet dan susah diperbaiki maka solusi terakhir adalah ganti keybordnya.

9. Waktu di fungsikan speaker terdengan pecah suaranya dan kurang jelas.

Saat Sahabat ingin memutar lagu kesayangan sahabt dengan MP3 ataupun menontonya dengan MP4 suara speakernya tidak nyaman ditelinga karena terdengan pecah dan kurang jelas.

Perkiraan Keadaan dan Solusinya.

Keadaan ini menunjukkan kalu piranti speakernya telah rusak, walaupun Sahabat intall lagi driver soundnya suaranya bukan tambah jernih namun tambah parah dan makin tidak nyaman ditelingan ketika Volume suaranya di tambah.
Langkah pertama sebagai solusi silahkan sahabt bersihkan piranti speakernya, kalu bilum sukses cek IC pada komponen speakernya, tentu saja jika Sahabat mengusai bidang ini. Bila orang tidak tahu ilmu elektronika makan langsung akan mencari penggantinya yang baru.


10. USB Port bermasalah yaitu tidak dapat mendeteksi perangkat USB yang di maksukkan

Kadang perangkat pembaca USB yang ada di internal Laptop tidak dapat membaca USB Flashdisk yang di hubungkan ke port USB Laptop, sehingga kita berfikiran emang USB nya telah rusak.

Perkiraan Keadaan dan Solusinya.

Solusinya silahkan Sahabat periksa Port USB Laptop Sahabat, Port USB ini umumnya langsung tersambung ke Motherboard hingga akan susah untuk membukanya, silahkan Sahabat bersihkan Port USB nya dengan kuas tertentu atau dengan Cutton Buds di beri sedikit cairan khusus, karena bisa saja bagian dari port tersebut ada yang sudah berkarat, atau bagian dari konektornya ada yang merenggang, silahkan betulkan agar tidak renggang, kembalikan ke posisi semestinya, jangan lupa install juga drivernya agar lebih sempurna. Manakala langkah ini sudah Sahabat lakukan namun hasilnya masih belum tampak berarti port USB nya memang sudah rusak dan perlu diyang lebih baik ataupun yang baru.

11. Sinyal Wifi tak Terdeteksi padahal ada sinyal yang tersedia.
Perangkat tidak bisa mendeteksi adanya sinyal WIFI padahal diisitu banyak sinyal wifi yang tersedia untuk bisa digunakan koneksi internet.

Perkiraan Keadaan dan Solusinya.

Caranya silahkan Sahabat cek driver yang mengatur kartu wireless di Laptop Sahabat, bisa saja belum terinstall drivernya, kalau belum silahkan lengkapi atau instal dulu menggunakan CD Driver bawaan saat Sahabat membeli Laptop. Bisa juga dengan cara mendownloadnya di Internet, bila belum berhasil juga, periksalah perangkat wireless yang terinstal di bagian dalam Laptop Sahabat, bila Sahabat punyai perangkat lain coba saja di Laptop Sahabat, kalu dengan perangkat lain ternyata bisa, berarti perangkat lama telah rusak, dan harus Sahabat ganti dengan yang baru.

12. Saat di nyalakan Layar LCD Laptop menjadi Blue

Ketika Sahabat sedang menginstall driver atau lagi main game Pada layar Laptop mendadak muncul tampilan biru serta ada peringatan error atau dump crash, bisa saja ini berlanjut ke restart atau shutdown sendiri. Kondisi ini tentu membuat kita sangat khawatir, takut Laptop kita rusak parah.

Perkiraan Keadaan dan Solusinya.

Jadi permasalahannya diantaranya adalah ketika Sahabat menginstal driver sementara drivernya ada kettidak cocokan dengan Laptop Sahabat. Hal semacam ini bisa juga menimbulkan layar jadi biru da nada pesan errornya. Atau bisa juga karena ada perangkat yang berlebih ketika Sahabat mengoperasikannya, contohnya VGA, RAM atau Slotnya rusak, kerusakan Motherboard,  terdapat Bad Sector pada Harddisk, atau bisa juga Sahabat mengatur partisi Laptop namun tidak sesuai dengan file system yang semestinya. Itulah beberapa penyebab screen LCD menjadi Blue.

13.Writer / Pembaca CD, CD RW, DVD atau DVD RW tidak bisa  membaca DVD atau CD
Ketika Sahabat memasukkan CD atau DVD ke CD room Laptop ternyata perangkat tidak bisa mendeteksi adanya CD atau DVD yang telah kita masukkan. Saya pun pernah bebrapa kali mengalami hal ini.

Perkiraan Keadaan dan Solusinya.

Ketika CD atau DVDnya sudah di masukkan ke perngkat, proses tetap berjaan lampu LED juga nyala menjalankan piranti optik. Namun kemnapa content atau isi CD atau DVD nya tida teraca atau tidak bisa di tampilkan? Sementara prosesnya berjalan. Penyebabnya adalah piranti optic yang menjadi piranti utama perangkat ini telah rusak. Akibatnya ya tetap berjalan namun tidak bisa membaca maupun merekam file atau folder  kedalam sebuah CD maupun DVD.
Solusinya jangan langsung Sahabat ganti piranti optiknya, coba Sahabat bersihkan dulu piranti optic tadi dengan hati-hati dan perlahan menggunakan kain halus, kalau masih juga belum berhasil ya memang piranti itu sudah rusak. Maka gnatilah dengan yang masih layak pakai ataupun beli yang baru.

14. Hanya tampak cahaya keputihan pada LCD Laptop kadang sedikit kehitaman atau kebiruan.

Laptopnya bisa hidup, lampu Led juga menyala, bisa booting dan loading k sisitem operasinya dengan wajar, namun Layar Monitor atau LCDnya hanya tampak terang ada cahaya putih dan sedikit kehitaman atau kebiruan.

Perkiraan Keadaan dan Solusinya.

Kalau keadaannya seperti yang telah dijelaskan diatas, berarti keadaan Laptop berfungsi cukup baik, intinya yang tidak normal adalah screen LCDnya, Sahabat bisa uji coba menggunakan monitor PC, silahkan hubungkan slot VGA Laptop Sahabat dengan sebuah kabel monitor PC itu, kalau ternyata bisa tampil secara normal ya tentu saja LCD nya yang punya masalah, ini bisa disebabkan berbagai macam hal seperti jatuh, tertekan secara tidak sengaja, kena benturan keras atau keruskan karena teknis lainnya. Maka mau tidak mau silahkan Sahabat ganti LCD nya dengan LCD yang Baru.

15. Setelah menginstal Software tiba-tiba Layar LCD jadi Blank.

Apakah Sahabat pernah mengalami, stelah mengintal aplikasi seperti Game, anti virus, atau software yang lainnya, mendadak Layar LCD blank, Cuma cahaya saja yang muncul tidak ada tampilan icon atau gambar apapun.

Perkiraan Keadaan dan Solusinya.

Kadang ini disebabkan oleh penginstalan aplikasi atau software yang gagal, solusinya adalah silahkan lepas Memory RAM Laptopnya, bersihkan perlahan dengan kain halus, termasuk slot tempat memorinya, bersihkan secara perlahan dan juga hati-hati agar perangkat ini tidak rusak. Kemudian silahkan pasang kembali Memory RAMnya stelah itu hidupkan kembali Laptopnya, mudah-mudah bisa normal kembali. Di kasusu ini Laptop Sahabat bisanya butuh di restart di Memory RAMnya.

16. Baterai Laptop tidak bisa di re-charging.

Ketika Sahabat mau mengecas kembali atau re-charging baterai Laptop, tidak ada tanda-tanda supplay power yang masuk ke batrai, tidak tambak alira listrik kedalam indicator baterainya.

Perkiraan Keadaan dan Solusinya.

Jawaban dari permasalah ini diantaranya adalah:

Kabel Power Adaptornya yang rusak
Adaptor pengecasnya yang sudak rusak karena sudah cukup lama, hingga tidak ada kemampuan lagi untuk menyalurkan power ke baterai.
Solusinya gantilah kabel power adaptornya.
Bisa juga yang bermasalah adalah IC Chargernya, kalau IC chargernya bermasalah supplay power juga tidak bisa terhantar ke baterai.
Bisa juga batterai Laptopnya sudah tidak berfungsi lagi alias sudah soak. Hingga untuk bisa hidup Cuma mengandalkan arus langsung dari adaptornya saja, karena baterainya tidak lagi bisa menyimpan supplay Power Listriknya. Solusinya silahkan ganti batrai Laptopnya dengan yang baru.


17. Screen LCD terlalu Terang waktu di hidupkan.

Apa penyebab cahaya di layar LCD begitu terang?
Keadaan ini berarti Laptop Sahabat masih berfungsi normal, proses sukses tapi pengaturan pada resolusi VGA belum benar atau belum sempurna, sehingga dampaknya mata kita akan terasa sakit waktu menatapnya.

Perkiraan Keadaan dan Solusinya.

Ini terjadi biasanya habis instal ulang system opersinya sehingga keadaan hardwarenya belum termenejemen secra baik, maka Laptop Sahabat butuh beberpa driver, terutama driver pengaturan kartu grafis atau disebut VGA. Solusinya silahkan pasang Driver karti grafisnya.

18.  Laptopnya spesifikasinya sudah tinggi namun Performa Lambat.

Karena lemotnya kinerja proses suatu Laptop, maka sering muncul peringatan “not responding” ketika Sahabat lagi menggunakannya, sehingga kita harus menguji kesabaran menunggu untuk direspon kembali, terkadang notifikasi lainnya juga bisa muncul, sehingga Laptop akan cepat overheat atau cepat panas.

Perkiraan Keadaan dan Solusinya.

Penyebab Laptop mudah overheat atau mudah panas salah satunya adalah karena mesin atau komponen mesin yang ada di dalam Laptop kotor oleh debu dan sebagainya sehingga prossesor cepat overheat, solusinya silahkan Sahabat buka atau bongkar Laptopnya dengan pelah dan penuh kehati-hatian dan silahkan bersihkan setiap bagian yang kotor di dalam Laptop Sahabat, bagian prosessor juga silahkan di periksa, silahkan prossessornya di bersihkan dengan super hati-hati lalu silahkan kasih balsam pendingin atau istilahnya Heatsink Compounds, di bagian punggung prosessornya manfaatnya adalah emngurangi overheatnya. Kalau masih kurang maksimal stelah di coba, maka silahkan lakukan maintenance lainnya seperti cleaning up disk, ataupun Defrag File di Disk Laptop Sahabat. Silahkan lakukan Scan juga pada virus dan malware lainnya, untuk mmemperingan lagi silahkan gunkan hanya aplikasi-aplikasi yang penting saja, yang kurang penting silahkan di uninstall.

19. Saat Laptop Dinyalakan Gagal Booting

Ketika Sahabat berusaha menyalakan Laptop baru mulai berproses mendadak langsung berhenti di tengan jalan bahkan merestart ulang sendiiri.

Perkiraan Keadaan dan Solusinya.

Ketika Sahabat menemukan kondisi seperti ini silahkan periksa Memory RAMnya. Bisa saja slot memorinya telah rusak atau bahkan Memory RAMnya yang rusak. Prosesor juga bisa jadi biang masalahnya, silahkan punggung prosesornya olesi dengan pasta pendidingin. Bisa juga mulai ada kerusakan pada motherboardnya. Lengkapilah semua bagian dari perangkat Laptop Sahabat dengan Drivernya. Sahabat sebaiknya juga update Biosnya sesuai dengan Versi Updatenya, bila Sahabat tidak menguasai hal ini silahkan serahkan pada ahlinya.

20. Tiba-tiba Cairan tertumpah di Laptop.

Bila ada sesuatu yang menumpahi laptob seperti air, kopi, teh dan sebagainya, yang terjadi bisa 2 kemungkinan Laptopnya masih tetap nyala bisa juga mati.

Perkiraan Keadaan dan Solusinya.

Tumpahan cairan itu sangat membahayakan Laptop Sahabat, apalagi yang tertumpah diLaptop memang cairan yang berbahaya, maka solusinya adalah segera matikan Laptop, buka baterainya dan keluarkan, lalu secepatnya di bersihkan dengan kain halus dan kering. Keringkat dengan kain seluruh komponen yang terkena tumpahan, berikutnya silahkan keringkan air itu dengan kipas angin atau hairdryer, bila semua komponen yang basah di rasa sudah benar-benar kering terbebas dari air, coba Sahabat nyalakan Laptopnya.

21. Muncul Garis vertikal dan horizontal di layar LCD

Sahabat pasti akan kesal bila layar LCD Laptop muncul garis-garis vertikal dan juga horizontal dan parahnya garis-garis itu bergerak terus menerus mengecoh mata kita. Tentu Sahabat akan terganggu apalagi Sahabat sedang membaca artikel penting.

Perkiraan Keadaan dan Solusinya.

Kondisi yang demikian ini bisa disebabkan karena satu kartu grafiknya rusak, bisa juga kabel video nya tidak terpasang secara sempurna atau longgar. Bisa saja kabel atau kartunya harus diganti. Dan bisa juga hanya membetulkan letak posisi kabelnya dengan benar saja. Atau di kencangkan kembali.

22. Laptop sering Hang

Apakah Sahabat juga pernah mengalami hal semacam ini, Laptop sering macet alias Hang. Sungguh menguji kesabaran kita. Lalu apa yang menyebabkan Laptop bisa Hang.

Perkiraan Keadaan dan Solusinya.

Laptop Hang bisa disebabkan karena suhu prosessor terllau panas, Laptop terinfeksi virus, terjadi kerusakan pada OS (Sistem Operasi), salah satu piranti Laptop tidak kompatibel dengan jenis Laptopnya, bisa juga terjadi kerusakan pada memory atau kerusakan pada harddisk.

Solusinya adalah :

Silahkan cek suhu prosesornya bila panas bisa di ganti kipas atau fan yang digunakan untuk pendingin prosesor. Cobalah instal Antivirus Norton, Lepas salah satu komponen yang di anggap rusak. Cek memorynya apakah masih masih berfungsi denagn baik, cek hardisk dengan Scandisk, bila komponen yang rusak telah terdeteksi silahkan ganti dengan yang baru.

Dan masih banyak masalah lain yang bisa muncul dari Laptop Sahabat, baik Laptop baru maupun Laptop lama, bisa saja terjadi masalah di waktu penggunaan. Dan kasus-kasus diatas tadi adalah hal yang sering terjadi pada Laptop.

23. Laptop Tidak bisa Booting.

Ketika Laptop dinyalakan maka ada proses booting, proses perjalanan pada penyalaan Laptop awal sampai system bisa berjalan sempurna, booting itu identik dengan BIOS , Basic Input Output Ststem, Bios merupkan sebuah kode software yang tedapat dalam system Laptop. Fungsi BIOS untuk memberikan tampilan visual seketika ketika Laptop dan nyalakan.

Bila Laptop tidak bisa booting berarti bisa jadi Cache Memorynya rusak, atau memory tidak cocok, Boot sector pada hardisk kemungkinan rusak,terdapat bad sector di track awal Hard Disk.

Perkiraan Keadaan dan Solusinya.
Silhakan Sahabat disable eksternal cache memory pada  BIOS, silahkan ganti memorinya, Sahabat bisa masukkan operating system baru, lakukan partisi harddisk.

Demikian artikel tentang masalah yang sering terjadi pada Laptop dan cara mengatasinya, mudah-mudahan bermanfaat.

Saran dan masukan bisa Sahabat tinggalkan di kolom komentar ya, terimakasih telah berkunjung ke caraopi.blogspot.com.

Silahkan berkunjung kembali karena caraopi akan selalu memberian artikel yang menarik dan juga bermanfaat bagi Sahabat sekalian.

2 comments: