Thursday, April 27, 2017

Tips Ngeblog dari para Mastah Blog untuk Tujuan Mendapatkan Uang

Salah satu cara mencari uang dari interet adalah Blogging atau membuat Blog. Sudah sangat banyak para Blogger baik dalam maupun luar negeri yang sudah sukses mendapatkan penghasilan sampingannya bahkan banyak yang menjadi penghasilan utamanya dari Blog yang mereka kelola. Mereka bisa menghasil uang dari Blog mereka dengan nominal yang beragam mulai dari jutaan rupiah hingga ratusan juta rupiah perbulannya. Karena sudah banyak Blogger yang membuktikan kesuksesannya mendulang uang dari Blog yang mereka kelola itu maka banyak juga orang-orang yang ingin mengikuti sukses mereka, yaitu mencari uang via internet denagn cara Blogging.

Kadang orang hanya meihat seseorag dari kesuksesannya saja, tidak memikirkan bagaimana mereka berjuang keras meraih kesuksesan itu. Banyak yang berfikiran bahwa mencari uang lewat internet termasuk Blogging ini enak, tanpa kerja keras, cuma nulis artikel di depan laptop, terus tiap bulannya mendapatkan kiriman uang. Tidak semudah itu Sahabat. Karena hanya melihat dari kesuksesannya saja itu maka banyak yang berusaha Blogging namun mereka tidak bisa konsisten alias gagal ditengah jalan dan bahkan tidak sedikit yang berputus asa.

Jadi, sebenarnya apa saja sih rahiasa para Blogger sukses itu, mari coba kita bahas di sini tahap pertahap, agar mereka-mereka yang lagi menjalani dunia Blogging terutama para pemula akan memahami seluk beluk dan tantangan-tantangan yang harus di hadapi dalam mengelola sebuah Blog.

Untuk membuat Blog yang nantinya mau digunakan untuk menjadi mesin pencetak uang bukan seperti membalikkan telapak tangan, melainkan perlu banyak usaha dan konsisten dalam melaksanakan kegiatan ngeBlog ini.

Berikut adalah-hal yang para Blogger sukses itu lakukan dengan Blog mereka yang menjadi mesin pencetak uang atau dollar itu:


A. Tema atau Niche Blog.

Penentuan tema atau niche Blog ini sangat penting, tema harus disesuaikan dengan target pasar yang akan kita tuju.
hal-hal yang harus di perhatikan dalam menentukan tema Blog adalah sebagai berikut :

1.  Tema yang Spesifik ( bidang tertentu )

Tema sebaiknya yang spesifik di sesuaikan dengan target pasar. Maka ambil satu Niche dan fokus pada niche itu. Jadi Sahabat harus tahu orang membaca Blog Sahabat mencari informasi tentang apa. Bila Blog Sahabat hanya membahas satu niche dan fokus serta mendalami informasi dan pengetahuan niche itu, maka Blog Sahabat akan memperoleh branding yang baik dan tahan lama, sehingga dengan kekuatan branding ini akan membuat Blog Sahabat memiliki otoritas dan suatu integritas yang kemudian dari otoritas dan integritas itu akan membuat suatu kepercayaan atau trust, sehingga apapun yang Sahabat  artikel ayng kita publish akan dipercaya oleh apra pembaca terutama subscriber Blog Sahabat. Usahakan jangan niche general atau Gado-gado. Niche yang general atau gadao-gado nantinya hanyak bisa mengandalkan traffic dari search engine saja.

Baca Juga : Pengertian Dan Tips Membuat Blog dengan Platform Blogspot Untuk Bisnis Online

Contoh niche specifik diantaranya:

- Blog yang  membahas tentang Smartphone dan berbagai macam aksesoris dan permaslahannya.
- Blog yang  membahas tentang manajemen bisnis.
- Blog yang membahas tentang internet marketing.
- Blog yang membahas tentang seputar Kesehatan
- Blog yang membahas tetang otomotif
- Blog yang membahas tentang kuliner
- Blog yang membahas tentang game
- Blog yang membahas tentang dunia pendidikan
- Blog tentang diary pribady
- Blog tentang tips-tips sesuatu
- dan masih banyak lagi.

2. Tema harus Unik atau Berbeda dari yang lain.

Mungkin tema yang di bahas boleh sama, namun cara penyajiandan sudut pandang dalam menganalisis maslah harus berbeda. Jadi Sahabat harus menggunakan cara sendiri untuk menyampaikan artikel kepada pembaca, usahakan jangan menggunakan cara orang lain yang sudah ada, bisa berbeda struktur penyampaian, berbeda gaya bahasa dan sebagainya. Cari tema yang unik dan menarik banyak orang, carai tema  yang menarik dan unik sehingga banyak menarik perhatian orang. 

Walaupun konten yang Sahabat tulis itu berkualitas namun bila cara penyampaiannya tidak berbeda dan menarik maka pembaca juga kurang tertarik membaca artikel Sahabat. Jadi konten yang berkualitas itu harus di sertai penyampaian yang menarik juga, ingat diluar sana banyak Blogger-Blogger yang selalu memposting artikel-artikel mereka yang berkualitas dan keren-keren, mungkin yang kita buat tidak begitu keren tapi percayalah dengan keunikan tersendiri nantinya akan membuat Blog kita juga tambah keren.

Orang makan nasi uduk, nasi pecel, nasi rawon, nasi kuning, nasi goreng kan sudah biasa, coba cari resep yang berbeda semisal nasi bakar, nasi hijau dan sebagainya pasti akan menimbulakn daya tarik tersendiri bagi para penikmat makanan itu.

3. Tema Blog Juga Sebaiknya di Sesuaikan dengan Passion atau Hobi Sahabat.

Bila Blog sesuai dengan passion ataupun Hobi maka akan terasa berbeda saat mengerjakannya, saat menulis artikelnya dan sebagianya. Dan Sahabat akan semakin mendalami passion Sahabat itu waktu ke waktu dengan rasa senang dan gembira. Jadi sebelum Sahabat memutuskan untuk menekuni dunia Blogging Sahabat harus mengetahui apa bakat dan minat Sahabat. Karena kedua hal ini akan sangat mempengarushi konsistensi mengerjakan Blog Sahabat kedepannya.

Usahakan Sahabat mendapatkan tema atau topik yang sesuai dengan minat dan bakat Sahabat. Nah, bila Sahabat mengerjakan sesuai apa yang menjadi hobi atau kesukaan Sahabat pasti tidak akan terasa tuh yang namanya lelah, tidak ada ide, malas dan sebaginya. Sementara bakat yang Sahabat punya tentunya akan berpotensi menghasilkan suatu artikel yang berkualitas dibanding Blogger lain yang tidak ada minat di bidang itu. Sehingga Sahabat akan menikmati dan asyik mengerjakan apa yang Sahabat suka dan hasil tentu saja akan memuaskan. 
DO WHAT YOU LOVE AND LOVE WHAT YOU DO. Menarikan kan?


Hobi itu sngat berhubungan erat denagn bakat dan minat. Hobi itu lebih nyata dari pada bakat dan minat. Sahabat bisa berbagai hobi Sahabat di Blog Sahabat, jika hobi Sahabat adalah berpetualangan maka akan sangat fix bila Sahabat membuat Blog tentang petualangan dengan berbagaimacam tips serta berbagai macam suka dan dukannya. Tulislah artikel ini dengan gaya bahasa Sahabat, gaya nonformal atau gaya akrab sedikit agak gaul lebih disukai.

Bisa juga Sahabat menulis info berbagai tempat untuk berpetualang, tips-tips sebelum melakukan petualangan, hal ini sungguh penting dan yang tak kalah pentingnya adalah Sahabat menikmati hal ini.

4. Pengetahuan  dan Ketrampilan yang memadai yang ada hubungannya dengan Niche atau Tema Blog.

Bisa saja Sahabat sudah cocok dengan beberapa niche atau tema yang Sahabat pelajari atau Sahabat putuskan untuk dibuat Blog, pertanyaan yang muncul adalah ‘ apakah Sahabat mengusai pengetahuan dan keterampilan akan hal itu ?’.

Karena untuk menghasilkan konten yang unik dan berkualitas butuh sekill menulis dan juga penguasaan materi yang akan di tulis. Semakin banyak pengetahuan Sahabat dan semakin ahli dalam niche pilihan Sahabat maka akan semakin berkualits artikel yang Sahabat buat dan akan semakin mendapat kepercayaan dari para pembaca. Sehingga, kalau yang berbicara sudah ahlinya, apapun yang Sahabat tulis akan dipercaya oleh pembaca tanpa menanyakan ini dan itu, seandainya ada pertanyaanpun Sahabat bisa menjawabnya secara memuaskan.

5. Pertimbangkan Masalah Waktu

Berbeda jenis topik dalam menulis artikel akan menjadi beda juga waktu yang dibutuhkan, misalnya kita hanya membahas tips-tips ringan tentang Blog umpanya maka wkatunya relatif lebih singkat daripada membahas tentang bertita teknologi terkini. Karena Sahabat harus mencari informasinya dulu secara lengkap dan menulis artikelnya secara rinci dan jelas.

Makan fikirkanlah berapa waktu senggang yang Sahabat punya, terutama yang harus Sahabat gunakan untuk mengurus Blog.

6. Mampu Bersaing dengan Tema sejenis dan juga Saingan.

Blogging bukanlah hal baru lagi, artinya sudah sangat banyak para Blogger saingan yang sudah lebih dahulu menekuni Blog ini dibanding Sahabat. Artinya konten yang Sahabat publish bisa jadi sudah banyak siangan konten yang sejenis dengan yang Sahabat publish tadi.

Jadi Sahabat harus melakukan semacam riset seberapa berkulitas dan seberapa baik konten yang sudah mereka publish, dan Sahabat harus berusaha membuat yang lebih unik dan lebih berkualitas daripada konten yang sudah ada.

Silahkan ketikkan calon tema yang Sahabat pilih di google untuk mengetahui seberapa banyak saingan tema yang sudah lebih dahulu ada. Dan manfaatkan Alexa Rank dan juga Page Rank sebagai tolok ukur pengecekan Blog yang bisa muncul di halaman pertama mesin pencarian. Makin dikit saingan maka prospek main baik pula.

7. Pertimbangkan Sumber dan Pakar Niche Sahabat sebagai Referensi

Blogging kadang juga membuat kita bosan, malas dan juga putus asa, maka Sahabat butuh sumber dan pakar tentang niche Blog Sahabat, Sahabat harus banyak membaca juga artikel-artikel sejenis di Blog saingan Sahabat terutama saingan beratnya, sehingga kita bisa banyak mendapatkan informasi lebih dari Blog-Blog saingan itu, yang akhirnya akan menambah wawasan dan inspirasi di kala perbanSahabat lagi binung atau bosan dengan urusan Blog ini.

Baca Juga : Ciri Blog Disukai Oleh Visitor atau Pengunjung

Sahabat bisa memperoleh inspirasi tidak hanya dari Blog saingan saja, tapi masih banyak sumber lain yang bisa Sahabat gali seperti teman Sahabat yang lebih ahli di bidang itu, guru Sahabat dan Sahabat juga bisa menggali pengetahuan tentang niche Blog Sahabat lewat berbagai media seperti koran, buku, majalah, buletin dan sumber lain yang bisa Sahabat baca. Intinya perbnayaklah membaca sehingga wawasan Sahabat semakin sempurna saja.

8. Lakukan Riset kata Kunci

Untuk mengetahui seberapa banyak tema Sahabat di cari orang di mesin pencari silahkan Sahabat lakukan riset kata kunci dengan menggunakan Google Keyword Tools dan juga Goole Trend, Google Trend untuk mengetahui sejauh mana keterkenalan tema yang akan Sahabat gunakan. Fasilitas sudah disediakan oleh Mbah Google secara gratis , maka silahkan mnafaatkan fasilitas itu.

9. Pertimbangkan Biaya.

Bila Sahabat memang serius ingin menekuni Blog maka jangan pelit mengeluarkan biaya, kadang beberapa topik ada juga yang membutuhkan sedikit biaya dalam mengurusnya. Seperti biaya periklanan dan lainnya. Silahkan Sahabat tentukan apakah mau menggunakan topik yang butuh dana atau yang gratis sama sekali. Sesuaikan dengan budget Sahabat.

10. Fikirkan Peluang Menghasilkan uang dari topik Blog.

Nah, point yang satu ini amatlah penting jika Sahabat memang membuat Blog dengan tujuan untuk mendapatkan uang darinya. Karena tidak semua topik cocok bila di monetisasi. Jadi butalah niche yang ada nilai bisnisnya, sehingga bila dimonetisasi bisa berpeluang mendapatkan uang dari layanan program Paid Review dan juga affiliate.

11. Pelajari Karakter Konsumen.

Sahabat harus tahu bagaimana sebenarnya karakter konsumen Blog Sahabat. Karena masing-masing topik memiliki karakter pengunjung dan konsumennya tersendiri. Mislanya Blog dengan topik pendidikan maka konsumennya adalah siswa dan juga mahasiswa, karakternya adalah rajin, cukup mmepunyai waktu, dan gaul. Setelah tahu hal ini maka sekarang Sahabat putuskan cara monetisasi yang model bagaimana yang cocok dengan karakter ini.yang perlu Sahabat ingat adalah seberapa susahkah mengubah visitor Blog dengan karakter tertentu menjadi para konsumenproduk ataupun faktor monetisasi Sahabat, sebab tidak semua visitor Blog Sahabat adalah orang yang konsumtif.

Setelah Sahabat mengetahui hal-hal diatas, maka silahkan sekarang lihat pada diri Sahabat, kira-kira tema apa yang cocok dengan passion Sahabat. Sahabat harus berfikir relistis, cocokkah, sanggupkah ? Sahabat tidak harus melaksanakan semua point di atas, silahkan Sahabat ambil yang dirasa paling penting untuk menentukan suatu topik sebuah Blog, yang lain hanyalah sebagai pertimbangan saja.

Walaupun pemilihan topik sidah tepat belum tentu akan menjamin kesuksesan Blog Sahabat, masih banyak hal lain yang harus di upayakan untuk membuat Blog Sahabat sukses, terutama sukse menghasilakn uang.

Bila Sahabat sudah menemukan topik yang pas langkah berikutnya adalah, bagaimana membuat konten yang berkualitas.



B. Bagaimana Tips membuat Konten atau Artikel Blog yang baik?

Blog yang baik juga harus di dukung dnegan konten yang baik pula, baik disni berarti unik, Original dan berkualitas, jadi untuk membuat Blog kita berkualitas startegi pertamanya adalah ada pada kualitas konten. Membuat konten itu bukan hanya sekedar hasil dari keywords tertentu di Mesin Pencari, tapi lebih memikirkan manfaat dari konten itu untuk pembaca Blog, dan juga jangan spelekan cara penyajian konten itu sendiri. Selain itu Sahabat juga harus mengatur navigasi Blog sesedrhana dan semudah mungkin bagi pembaca untuk mencari artikel yang dibutuhkan di Blog Sahabat.
Konten yang berkualitas itu juga harus dihubungkan dengan artikel-artukel terkait lainnya, agar informasinya lebih lengkap, dengan navigasi yang benar Sahabat bisa mengarahkan visitor untuk membaca artikel  lain yang berhubungan dengan artikel yang baru saja di bacanya.

Lalu bagaimana tips membuat artikel yang baik dan berkualitas itu.

1. Sahabat harus Persiapkan strategi Kontennya.

Carilah atau lakukan riset topik yang akan Sahabat tulis sebanyak mungkin, sehingga nanti Sahabat akan mempunyai stock topik yang cukup beragam, untuk memastikan Blog Sahabat akan selalu teripdate.

Jadi sebelum Sahabat memutuskan membuat sebuah Blog, Sahabat harus menyiapkan rencana untuk bahan konten yang sekiranya tidak akan pernah habis untuk di tulis, karena bila Sahabat kehabisan ide artikel di tengah jalan maka ini kan menghambat pertumbuhan Blog Sahabat, dan juga Blog Sahabat tidak akan mampu bersaing nantinya di halaman pertama Google., ingat makin tinggi traffic suatu Blog pasti makin banyak juga kebutuhan artikel unik yang perlu di update setiap harinya agar Blog Sahabat tidak down trafficnya.

Makin lama Blog Sahabat akan makin besar makin tinggi trafiknya dan tentunya membutuhkan konten yang juga bervariasi, maka silahkan di rncanakan dari sekarang.

2. Tulislah konten dengan hati dan passion.

Biasanya sesuatu yang di kerjakan dari hati akan mengasilkan output yang bisa menembus ke hati juga, maka silahkan Sahabat tulis artikel benar-benar dari hati Sahabat yang tulus ingin berbagi ilmu maupun informasi kepada para pembaca, dan tentu saja artikel yang Sahabat tulis di sesuaikan dengan bakat dan minat Sahabat, supaya artikelnya benar-benar bisa mendalam, unik dan mempunyai kualitas yang tak diragukan.

Walaupun Blog Sahabat masih baru, tampilan masih belum rapi dan belum sesui keinginan hati Sahabat, fokus utamanya adalah konten, jadi tugas utama seorang Blogger itu adalah bagaimana bisa menyajikan konten yang bermanfaat, menarik dan Original kepada pembaca, sehingga apabila konten yang Sahabat tulis itu sesuai dengan bakat dan minat Sahabat, maka pelung untuk menghasilkan konten berkualitas adalah sangat besar.
Membangun sebuag Blog di awal-awal ngeBlog adalah fokus pada artikel atau konten, bukan yang lain seperti pernak-pernik widhet Blog dan sebagianya.

3. Konten di buat dengan pertimbangan bisa menyasar dua target sekaligus.

- Sasaran utamanya adalah Manusia.

Jadi dalam membuat konten Sahabat harus memikirkan bagaimana konten yang akan Sahabat tulis itu di sukai dan dibutuhkan banyak orang, maka carilah tema artikel yang berupa informasi penting yang dibutuhkan banyak orang. Atau artikel yang lagi nge-hit. Dan usahakan ketika membaca artikel kita visitor bisa merasa puas dan ingin kembali lagi ke Blog Sahabat ini. 

Bayangkan jika artikel yang Sahabat buat di cari oleh ribuan bahkan ratusan ribu orang, pasti trafik Blog Sahabat akan cepat naik. Dalam dunia Blogging konten Blog adalah rajanya. Artinya bagaimanapun design Blog dan penerapan SE ataupun pemasrannya di usahakan bila kontennya tidak berkualitas hasilnya sama saja, banyak yang tidak tertarik berkunjung ke Blog Sahabat.

- Sasaran keduanya adalah Search Engine.

Sebelum menulis artikel silahkan gunakan Search Engine untuk melakukan reset keyword, sehingga artikel yang Sahabat buat nantinya akan mendapatkan pengunjung yang tertarget. Karena judul dari artikelnya juga mengandung keyword yang tertarget juga.

4. Konten di usahakan mampu memecahkan masalah atau menjadi solusi bagi para visitor Blog 

Sahabat, apabila bisa melalui artikel Sahabat bisa mengubah hidup oranga banyak dan juga bisa membaut orang lain lebih sukses. Apabila itu terjadi maka visitor akan selalu merujuk ke Blog Sahabat untuk mencari solusi permasalahan tertentu yang sedang di hadapi pembaca, dan akhirnya merekapun akan sukarela menjadi subscriber Blog Sahabat.
Intinya artikel yang Sahabat publish itu berupa artikel lengkap, benar-benar bisa menjadi solusi dan maslah terpecahkan.

Sebagai contoh bila niche Blog Sahabat adalah cara mendapatkan uang dari ngeBlog maka tulislah artikel yang mendalah tentang langkah-langkah mengoptimasi Blog Sahabat agar memperoleh banyak pengunjung dan pada akhirnya mendapat penghasilan. Tulis secara detail tahap pertahapnya dengan bahasa yang mudah di pahami.

5. Sahabat harus selalu berusaha makasimal bahwa konten yang Sahabat buat dan Sahabat publish merupakan konten terbaik di bidang yang Sahabat tekuni.

Maka Sahabat harus benar-benar mengusai ilmu niche Blog yang Sahabat tawarkan kepada pembaca.

6. Artikel yang Sahabat tulis harus selalu ada perkembangan dan inovasi, berevolusi dan juga progresif.

Maka Sahabat harus selalu mau belajar-dan belajar lagi, membaca dan membaca banyak refrensi. Agak penguasaan niche yang Sahabat geluti semakin sempurna, yang pada akhirnya kan membuat Blog Sahabat di percaya oleh para visitor karena artikelnya yang tak diragukan lagu kualitasnya.

Agar konten Sahabat terus berekembang dan berevolusi perhatikan konsep 70 20 10.

Yaitu 70% konten dasar atau how to atau kebutuhan dasar, jenis konten ini biasanya bisa membentuk branding Blog Sahabat. Kemudian 20%  konten yang sedikit berani ambil resiko yang mungkin bisa berpotensi menjadi 70% berikutnya, dan yang 10% adalah hal yang benar-benar baru atau konten high risk.

7. Konsisten dalam menulis artikel.

Konsitensi dalam menulis artikel yang berkualitas juga akan sangat berdampak pada kemajuan Blog Sahabat, memang mepertahankan konsistensi itu yang  susah, banyak Blogger pemula biasanya gagal karena tidak bisa mempertahankan konsistensi.

Untuk mempertahankan konsistensi ini maka Sahabat harus memilih tema yang sesuai dengan bakat dan minat Sahabat, sehingga Sahabat akan terus merasa senang dan banyak ide dalam hal menulis artikel, dan jangan lupa selalu meng-upgrade pengetahuan dan kemampuan Sahabat di bidang yang Sahabat tekuni, sering-seringlah mengunjungi Blog besar atau Blog yang telah sukses yang sesuai dengan niche Blog Sahabat untuk mencari inspirasi, bacalah banyak referensi lain seperti buku, majalah koran dan sebagainya.

Baca Juga : 5 Kemampuan Dasar Bagi Blogger Pemula

Sahabat harus mampu melewat ujian ini konsistensi ini, pertahankan endurance menulis artikel, walau Blog sepi bahkan tidak ada pengunjung tetaplah menulis dan mempublish artikel, karena kalau dalam beberpa hari bahkan minggu tidak ada update artikel maka visitor atau bahkan subscriber Blog Sahabat akan berpindah ke lain hati.

Para Blogger pemula biasanya malas update artikel, apalagi Blognya masih belum menghasilkan dollar, usirlah rasa malas itu, paksa diri Sahabat untuk terus menulis artikel, karena ini juga terjadi dengan website-website besar dan Blog yang sudah besar sekalipun, ini adalah tantangan untuk menjadi lebih besar. Never stop writing Blog content.
Pertahan konsistensi dalam hal menulis artikel yang berkualitas, frekuensi menulis artikel, tampilan design Blognya dan juga panjang artukelnya.

8. Pertahankan kualitas artikel.

Sahabat harus selalu berupaya memperthankan dan bahkan meningkatkan mutu artikel yang Sahabat tulis. Bisa gaya penulisannya, atau cara penyampaiannya, dan bisa juga disertai data, teori, science ataupun Video yang mendukung artikel Sahabat. Tulislah artikel yang benar- benar di butuhkan oleh apra pembaca setia Blog Sahabat.

9. Buatlah artikel dengan diferensiasi tertentu, tema boleh sama tapi cara penyampaian baik dari gaya bahasa dan struktur penyampaiannya dan data pelengkapnya di usahakan berbeda dari artikel yang sudah ada. Intinya buatlah konten dengan ciri atau keunikan tersendiri. Be yourself.

10. Agar konten Sahabat tetap di sukai visitor lakukan juga interaksi dengan pembaca baik melalui kolom komentar atau berdiskusi dengan pembaca di media sosial atau lainnya.

11. Buatlah konten yang mendalam.

Salah satu ciri artikel berkualitas yaitu konten yang mendalam, pembahasannya terperinci dan lengkap, maka konten semacam ini minimal mempunyai jumlah kata 1.500 kata. Mungkin frequensi bukan nomor satu justru yang nomor satu adalah konten yang berkualitas dan juga pembahasan secara mendalam. Di internet snagat banyak konten-konten yang masih terbilang dangkal, banyak juga Blogger yang malas menulis konten mendalam, sehingga ini adalah peluang Sahabat, yang akan menjadi alasan visitor mengunjungi Blog Sahabat.

Bila Sahabat membuat konten minimal 1.500 kata maka artikel Sahabat bisa jadi menajdi informasi terlengkap yang bisa di peroleh oleh pembaca. Jadikan artikel-artikel di Blog Sahabat menjadi sumber informasi terlengkap.

Kalau Blog lain membuat sebuah artikel tips dengan 10 point misalanya maka Sahabat harus bisa membuat menjadi 20 point. Contoh 10 tips membuat artikel berkualitas, maka Sahabat harus bisa membuat 20 tips membuat artikel berkualitas dan sebagainya, Sahabat bisa menggunakan berbagai sumber untuk melengkapi data itu.
Nah untuk melengkapi artikel tadi, jika di tempat orang lain tidak di lengkapai dengan gambar maka gunakan gambar, screen shot atau bahkan video di artikel Blog Sahabat. Sehingga visitor akan semakin percaya dan mendapatkan informasi yang lebih lengkap bila mengunjungi Blog Sahabat.

12. Be Yourself,  Jadilah diri Sendiri

Nah, untuk membuat suatu diferensiasi atau ada sesuatu yang berbeda di Blog Sahabat, maka jadilah diri sendiri, bisa saja Sahabat ngeBlog dengan tema yang sudah banyak di bahas Blogger lain, namun Sahabat bisa mengemas cara penyampaiannya, struktur ,  gaya bahasanya, khas gaya Sahabat, gaya yang tidak dimiliki oleh orang lain, termasuk dengan pemahaman Sahabat sendiri.

13. Sering mengupdate Konten.

Berusahalah untuk memanjakan visitor dengan sering mempublish artikel, dan tentu sja tetap menjaga kualitasnya. Ushakan juga walau sering publish artikel tetap unik, Original dan tentunya berkualitas.

Sahabat jangan khawatir untuk kehabisan ide menulis artikel, silahkan Sahabat buat artikel yang selalu menarik dan segar, karena sebenarnya tidak banyak artikel yang benar-benar orisinil ini karena keterbatasan manusia.

Maka perbanyaklah membaca, perkaya referensi yang berhubungan dengan konten yang sedang Sahabat buat, dengan demikian Sahabat bisa membuat konten baru yang lebih lengkap dan lebih menarik, terasa lebih segar dan kaya dengan materi pelengkapnya, dan akhirnya pembacapun akan merasa puas dengan artikel yang kita publish di Blog.

14. Jangan terperangkap oleh pendapatan online seperti dari Google Adsense (GA) atau PPC yang lain.

Sehingga nanti Sahabat akan menjadi budaknya Mbah Google, selalu mencari keyword, onpage SEO, dan mencari backlink yang kadang tidak penting, tapi silahkan kembali lagi ke tujuan Sahabat membuat Blog, seandainya nantinya Blog Sahabat mau di daftar ke GApun, yang Sahabat lakukan sebelum itu adalah konsentrasi dulu bagaimana bisa menghasilkan konten-konten berkualitas, dan bagaimana trafiic bisa selalu meningkat.

15. Perhatikan judul Konten dan Deskripsi

 Perhatian utama Google adalah apada judul Blog kita ketika robot mulai membaca Blog Sahabat, jadi usahakan judul konten di lengkapi denagn deskripsi konten sebab Mesin Pencari akan melihat judul dan juga deskripsi konten Sahabat pada SERP Google. Buatlah judul semenarik mungkin agar pembaca tergoda untuk mengeklik judul itu.

16. Manfaatkan Google+

Google+ punya peranan yang besar dalam SEO untuk menaikkan trafik, karena dengan Google + Sahabat akan terhubung dengan pengguna Google lainnya, maka perbanyaklah orang di lingkaran Sahabat, nah setelah itu share lah artikel Sahabat di Google+ setiap Sahabat mengeposkan artikel.

Jadi ringkasnya konten menjadi inti atau nyawa dari sebuah Blog. Untuk itu konten harus benar-benar berkualitas, bermanfaat bagi pembaca dan menjadi solusi bagi permasalahan pembaca.

17. Gunakan kata kunci atau Keyword yang cukup panjang

Bila judul konten dengan kata mkuncinya agak panjang persainagn lebih sedikit dibanding judul dengan kata kunci yang sangat pendek, sehingga judul konten yang panjang posisi di Mesin Pencari akan lebih baik.

Tips konten di sukai pembaca dan juga Google.

- Santai dan konsisiten jangan terperangkap dengan pendapatan Online.
- Jadilah diri sendiri baik dalah gaya penyampaian, gaya bahasa dan pemahaman sebuah artikel.
- Perencanaan konten yang baik
- Konten harus menarik baik untuk pembaca yaitu mausia dan juga Search Engine.
- Buatlah artikel yang Original dan Unik.
- Usahakan Tulis Artikel Yang mendalam
- Gunakan Kata Kunci Yang cukup Panjang
- Lakukan Komunikasi dan menjaga hubungan baik dengan vsisitor
- Jangan menggunakan keyword yang berlebihan (Keyword Density)
- Kata Kunci harus Relevan dan saling berhubungan
- Buatlah artikel yang menarik kalau bisa sedikit kontroversial
- Selalu gunakan Google+ untuk berbagi
- Judul Konten Mengandung Deskripsi konten

Nah begitulah kira-kira seluk beluk membuat konten Blog yang berkualitas dan memiliki keunikan  dan juga berpengaruh terhadap Mesin Pencari, sehingga dapat meningkatkan trafik Blog Sahabat.

C. Konsisten NgeBlog


Hal berikutnya yang harus di lakukean oleh seorang Blogger adalah konsisten. Konsisten dalam menulis artikel, konsisten dalam mengupdate artikel, konsisten dalam meningkatkan kualitas artikel, konsisten dalam merawat Blog dan konsisten ketika Blog sepi pengunjung.

Dalam bisnis apapun konsisten sangat penting, bila tidak ada konsistensi maka Blog ataupun bisnis kita akan susah berkembang. Kalau Sahabat memang sudah punya keinginan kuat untuk menekuni Blogging maka harus mau konsisten. Kalau tidak bisa konisten jangan berharap banyak dech mendapatkan penghasilan dari ngeBlog.

Bila Sahabat bisa konsisten dalam menulis artikel dan konsiten merawat Blognya bukan tidak mungkin dalam waktu satu atau dua tahun Blog sudah bisa menghasilkan uang. Selain konsitensi juga harus ada invovasi karena Blog harus bersaingan dengan ribuan Blog lain, bahkan kalau tidak ada konsistensi Blog besarpun bisa saja colaps, tarfik pengunjung down.

Konsisten Menulis Artikel Berkualitas.

Sahabat harus berusaha konsisten menulis artikel yang berkualitas terutama artikel yang mendalam sehingga visitor akan merasa puas mendapatkan informasi dari Blog Sahabat.
Sahabat harus memaksakan diri untuk terus menulis dan mengupdate artikel pada Blog. Umumnya para Blogger pemula akan merasa malas menulis artikel karena melihat trafik Blognya sepi, bahkan tidak ada pengunjung. Atau malas karena walau mereka update artikel tiap hari tarifk tetap tidak bertambah. Dan maslah seperti ini di hadapi hampir semua Blogger di internet.

Intinya Sahabat harus menghilangkan rasa malas dan paksa diri sendiri untuk terus berkarya, menulis artikel sebanyak-banyaknya di Blog setiap ada kesempatan, syukur-syukur biasa tiap hari. Trafik bisa saja mengikuti bila artikel yang kita upload sudah banyak dan mempunyai kualitas.

Konsisten Rutin Update Artikel.

Konsisten rutin mengupdate artikel, minimal seminggu sekali, seminggu dua kali akan lebih baik, nah kalu bisa di awal-awal bisa setiap hari atau 2 hari sekali, agar Blog kita cepat mendapatkan trafik pengunjung. Kalau bisa di jadwalkan pada hari atau jam tertentu akan lebih baik lagi, sehingga pengunjung tahu kapan mereka mendapatkan informasi baru dari Blog Sahabat.

Konsisten dalam tampilan artikel.

Artikel yang baik adalah artikel yang memuat informasi secara rinci dan lengkap, maka artikel agar lebih menarik harus di sertai dengan gambar-gamar yang berhubungan dengan artukel itu, grafik atau chart,dan juga video akan lebih menguatkan artikel Sahabat.

Konsisten tidak pernah mengenal kata putus asa.

Sahabat jangan mempunyai pikiran untuk berhenti harus tertantang untuk terus bertahan, dan berinvovasi dengan perubahan-perubahan yang lebih baik. Jangan pernah berhenti menulis walau tidak ada pengunjung Blog, jangan berhenti berusaha menjadi lebih baik. Banyak belajar dari Blogger-Blogger besar, banyak memabaca buku, banyak mencari referensi dan terus berjuang walaupun banyak rintangan, dan tantangan yang paling sulit adalah melawan kemalasan.

Buatlah tantangan untuk diri sendiri, challange yourself.

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas bahwa tantangan utama Blogger adalah menjaga konsistensi, terutama konsistensi menulis artikel. Untuk itu coba Sahabat buata tantangan buat komitmen pada diri sendiri untuk tetap terus menulis artikel bagaimanapun konisi yang di hadapi. Bisa saja caranya Sahabat buat jadwal upload konten setiap hari Senin dan Kamis umpamanya, bila Sahabat ternyata ada halangan atau lupa tidak mengupdate artikel di hari itu maka konsekuensinya harus mengganti di hari lain, agar artikel tetap bisa terpublish sesuai yang di rencanakan.

Tantanglah diri Sahabat untuk menulis artikel minimal 500 kata dulu, kedengarannya 500 kata itu sedikit ya, eh ternyata setelah di praktekkan panjang juga, bila masih susah dengan 500 kata cobe dech dipersingkat sekitar 300 akata saja dulu, dan harus dipakasa untuk ditingkatkan sampai nanti akhirnya bisa menulis artikel berkualitas minimal 1500 kata.
Seiring berjalannya waktu nanti Sahabat akan terbiasa menulis artikel sehingga pada saatnya nanti apa yang terlintas di pikiran Sahabat akan bisa menjadi artikel Blog dengan mudah, ketika Sahabat sudah mulai mengetik maka nanti akan mengalir saja kata-kata yang muncul di fikiran secara otomatis.

Untuk memeprtahankan konsitensi menulis artikel ini banyak cara yang harus Sahabat lakukan, diantara adalah mencari ide di lingkungan sekitar yang menarik perhatian kemudian tuangkan dalam bentuk artikel.

Atau kalau Sahabat lagi di luar rumah atau di perjlanan yang jauh, silahkan selalu baca situasi akalu ada sesuatu yang menarik silahkan di catat buat draft untuk di jadikan artikel manakala Sahabat sudah semat membuka laptop dirumah.

Sahabat bisa mencatat inti-inti masalah yang mau di jadikan artikel di smartphone atau buku catatan Sahabat. Terkadang dalam situasi yang sedang tidak siap membuat artikel malah muncul atau mengalir ide-ide brilliant. Nah jangan lewatkan itu, catat terus inti-inti dari ide itu menjadi sebuah draft yang nantinya bisa Sahabat elaborasi menjadi sebuah artikel menarik.

Sering mengunjungi Blog Senior

Apa manfaat mengunjungi Blog senior?
Blog senior disini maksudnya adalah Blog-Blog yang sudah ada terlebih dulu di internet katakan saja mereka sudah menjadi Blog besar yang menghasilkan dolar tiap bulannya, manfaatnya adalah kita bisa termotivasi dengan melihat dan mebaca artikel di Blog senior tadi. Kita juga bisa mendapatkan ide-ide atau inspirasi baru dari kunjungan tersebut. Dan Sahabat juga akan berfikir tenryata banyak juga yang bisa konsisten dalam mengupdate artikel Blognya, sehingga timbul motivasi dalam diri kita untuk meniru mereka yang sudah sukses.

Punya keyakinan Saya pasti bisa

Untuk menjaga konistensi ini Sahabat harus mempunyai keyakinan yang kuat pada diri sendiri. Tanamkan dalam hati bahwa Sahabat pasti bisa pasti mampu menjadi Blogger professional. Blog sya pasti sukses.

Siapapun awal membuat Blog memang mengalami kesulitan, tapi bila tetap konsisten di pertengahan Sahabat sudah akan bisa melihat hasil kerja keras Sahabat sebelumnya. Sekali lagi yakinkan pada diri Sahabat, bahawa Sahabat adalah mampu, bisa dan pasti bisa menjadi Blogger sukses.

Carilah Blogger yang konsisten

Berkawanlah dengan Blogger yang sudah konsisiten dalam mengelola Blog. Untuk saling bertukar fikiran dan juga menimba ilmu, agar Sahabat sebagai Blogger pemula selalu bersemangat. Jadikan Blogger konsisten ini sebagan panutan Sahabat, agar Sahabat juga ikut terus bersemnagat menulis artikel, apalagi Blogger merupakan kawan dekat maka Sahabat akan sangat terbantu olehnya. Blogger konsisiten biasanya akan selalu mengupdate artikel Blognya setiap hari, beda dengan master Blogger, kalau Blogger yang satu ini belum tentu mengupdate Blognya setiap hari.

Bersifat terbuka dengan semua hal positif.

Untuk mempertahankan konsisitensi Sahabat harus elalu ounya fikiran positif, atau khusnudzan kepada berbagai hal yang bersifat positif dan membangun. Terbuka pada semua hal adalah kunci untuk mendapatkan ide kreatif dan unik agar Sahabat selalu bisa menulis artikel yang berkualitas.hal positif itu bisa datang dari mana saja, dari internet , dari lingkungan seitar, dari Sahabat baik dan sebagaianya.

Berkawanlah dengan orang-orang yang bisa memberi Sahabat manfaat dan petunjuk, hindari berkawan dengan orang jahat atau orang pemalas, karena mereka akan berdampak negatif pada diri Sahabat. Sahabat harus selalu berfikiran posistif, karena fikiran positif bisa membuat kita konsisten ngeBlog, bila Sahabat bisa mempertahankan konistensi Blogging suatu hari nanti Blog Sahabat akan sukses menjadi mesin pencetak uang.

Jangan Mudah Merasa Puas

Bila pada saatnya Blog Sahabat sudah menjadi besar dan bisa menghasilkan uang, janganlah mudah berpuas diri dengan keadaan itu, teruslah berkarya dan merendah hati, jangan menjadikan Sahabat menjadi orang yang sombong, lebih baik selalu merendah dan jangan terlalu banyak bicara, teruslah berusha dan tetap berdoa agar Sahabat tetap bisa konsisten dalam ngeBlog.

Baca Juga : Cara Membuat Blog Gratis WordPress atau Blogger

Bila dari awal Sahabat mulai ngeBlog sudah selalu berusaha konsisiten maka suatu saat nanti Sahabat akan menjadi seorang Blogger hebat. Jika pada suatu titik perjalanan Sahabat mualai down muncul rasa malas, silahkan ingat kembali tujuan awal Sahabat ngeBlog.

D. Design Blog

Bagi para mastah Blog cara membuat tampilan Blog cantik dan keren itu hal yang tidak sulit, karena mereka sudah sangat memahami seperti apa tampilan Blog yang baik dan disukai visitor, namun bagi Blogger pemula masih sangat butuh banyak informasi tentang hal ini.

Banyak yang mengatakan konten is the King, konten adalah hal yang terpeting dalam dunia Blogging, namun Sahabat tidak boleh melupakan design, desain suatu Blog baik design template, strutur dan design pada artikel merupakan hal yang tak kalah pentingnya dengan artikel. Kalau mau di pilih mana yang paling penting artikel atau desain, tentu saja ranking pertamanya adalah artikel yang kedua baru design.

Tampilan Blog yang baik itu ya harus good looking (enak dipandang), mudah di bacanya, artikel-artikelnya mudah di telusuri oleh visitor (harus ada navigasi Blog), dan teks artikelnya mudah di pindai.

Seperti apa sih desain Blog yang baik itu, apa sih ciri-cirinya, simaklah penjelasan dibawah ini:

- Kurangi gambar yang tidak bermanfaat

Kenyamanan pembaca atau visitor Blog juga menjadi perhatian khusus  bagi seorang Blogger. Bila Sahabat menginginkan visitor Blog lebih banyak yang betah membaca informasi di Blog Sahabat maka perhatikan design Blog yang ada di homepage Blog Sahabat. Kurangi berbagai macam yang tidak berguna silahkan berikan manfaat yang banyak dari artikel Blog.

- Design di buat tersetruktur, rapi dan bersih.

Untuk menarik visitor silahkan berikan link artikel yang ada hubungannya dengan artikel yang sedang di baca (related article) pada Blog Sahabat. Namun berbeda lagi, jika Blog Sahabat memang membahas photografi ataupun design grafis maka kekuatannya adalah pada gambar-gambar itu, maka Sahabat bisa mengurangi kata-kata dalam artikelnya.

Buat design yang sederhana namun menarik

Desain Blog merupakan salah satu elemen penting untuk menarik visitor mengunjungi Blog Sahabat. Saat ini banyak orang yang mengakses internet melalui handphone, maka Sahabat juga harus menggunakan design Blog yang bisa diakses via handphone. Pastikan Blog Sahabat bisa di akses dan di baca dengan nyaman oleh pengunjung, dan tentu saja harus fast loading.

Tampilkan Nama Sahabat sebagai penulis Blog

Tampilkan nama Sahabat sebagai penulis artikel Blog di bagian bawah judul posting baik dengan nama asli atau nama samaran atau nama online Sahabat,  supaya visitor bisa menghubungi Sahabat lebih lanjut jika memang dibutuhkan. Bisa jadi ingin mengenal Sahabat lebih dekat maupun alasan lainnya.

Pasang Kotak pencarian di Blog

Pasanglah Internal search Box di header atau di sidebar paling atas agar visitor terbatu dalam mencari artikel atau posting lainnya di Blog Sahabat dan ini juga sekaligus akan menunjang pageBiew yang baik bagi ranking Blog di Indeks Google. Bayangkan bila tidak ada search box di Blog Sahabat, padahal visitor sangat ingin membaca artikel lain yang ada di Blog itu. Bila tidak ada search box ini meruakan kesalahan yang cukup fatal dalam design Blog atau website.

Pasanglah kutipan Posting di homepage Blog.

Desain Blog yang bagus tidak akan langsung menampilkan post secara keseluruhan, untuk itu silahkan Sahabat gunakan “ Read More” atau “Blog Excerpt” dan juga Post Snippets” jangan menampilkan  seluruh teks di homepage, tapi silahkan hanya tampilkan judul, thumbnail image dan kutipan saja.

Pasanglah "Social Button" dan juga "Subscription"

Design Blog yang baik juga akan menampilkan tombol sosial button untuk berbagi atau menyukai sebuah artikel, silahkan tampilkan tombol FB,Twitter, Google Plus dan sebagainya. Dan tak kalah pentingnya adalah tampilkan kotak subscription atau kotak berlangganan, yaitu update via email atauun follow via email. Silahakn tampilkan di header ataupun sidebar Blog Sahabat.

Untuk menampilkan subscribe button Sahabat harus mendaftar dulu di FeedBurner Googel dan silahkan aktifkan email Subscription di situ. Disini juga Sahabat bisa lakukan share secara otomatis ke twitter. Di akhir posting juga jangan lupa pasang fasilitas share button seprti FB, Twitter dan Google+

Tampilkan Widget di Sebelah Kanan

Untuk melengkapai design Blog bisanya juga ada penambahan beberapa widget penting seperti popular post, dan Blog archive, silahkan Sahabat pasang widget ini di sidebar sebelah kanan, jangan memasang sidebar atau widget di sebelah kiri, karena widget di sebelah kiri kurang mendapatkan perhatian dari user.
Design yang baik Blog hanya memiliki satu sidebar yaitu sidebar sebelah kanan, yang biasanya bersisi profil Blogger, deskripsi Blog, search form, recent post, iklan banner, daftar recent post. Dan sebagainya.

Jangan pasang Iklan Berlebih

Sebaiknya design Blog jangan terlalu banyak di kotori dengan iklan, terutama iklan yang menggunakan kerlap kerlip berbagai warna, ini kan menggangguk pengelihatan visitor. Sebaiknya hindari iklan Pop-up ads, iklan kotak melayang, karna akan mengganggu atau memotong konten Blog.

Terus dimana pemasangan iklan yang baik?
Iklan yang baik itu biasanya di pasang di header, sidebar, di ats judul posting, ataupun di akhir suatu posting.

Teks area juga perlu desain.

Tampilan single post kadang sering dilupakan, bahkan oleh Blogger berpengalaman sekalipun, banyak yang cuek dengan gaya menulis online, keslahan utamanya biasanya adalah :

- ukuran font terlalu kecil. Standarnya adalah 12 px, tapi sebenarnya 13-16 px juga lebih baik, tergantung juga jenis fontnya.

- baris alenia kadang terlalu panjang, kalau bisa 5 baris per alenia, biar visitor tidak bosan membacanya.

- sepasi antar baris juga seringnya terlalu rapat, Sahabat sebaiknya menggunakan sepasi antar alenia. Bisa di edit di line-height. Fontnya 12 line-heightnya anatar 17 samapai dengan 18 px.

Sebenarnya secra singkat desaign Blog itu terletak pada design domian, theme dan plug ini atau widgetnya. Namun hal-hal kecil yang kadang terabaikan juga merupakan hal yang tidak boleh terlupakan, seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Sebenarnya banyak bagian yang wajib di kerjakan guna menghasilkan sebuah Blog dengan tampilan yang menarik dan cantik.

Berikut inti yang harus Sahabat lakukan :

1.    Bagian Domain

Bagaian yang satu ini kadang banyak orang yang mengabaikan, padahal suatu Blog tampak professional kalau domain atau alamat linknya juga bagus. Di awal Sahabat ngeBlog sebaiknya Sahabat ushakan untuk merubah domain Blogspotnya. Contoh caraopi.Blogspot.com , menjadi (.com ) saja menjadi caraopi.com dan lain sebagainya.
Sebab dengan melihat alamatnya saja pengunjung tahu kalau Blognya sudah profesional dan serius menekuninya, sehingga artikelnyapun akan tidak meragukan dibuat refrensi. Waktu pencarian di mesin pencari pengunjung akan memutuskan mengeklik atau tidak dengan melihat alamat link tersebut. Memang sih untuk merubah alamat link tadi harus menggunakan domain berbayar, banyak banyak keuntungannya.
Untuk merubah alamat webnya Sahabat bisa mendaftar di www.rumahweb.com misalnya. Lokasi servernya tidak akan berubah masih diBlogspot cuman alamatnya sudah dirubah.

Gunakan Domain yang SEO friendly

Maksudnya adalah domian yang Sahabat pilih yang mengandung kata kunci, contoh Blog soal panduan kuliner maka diusahakan saat membeli domian itu Sahabat pilih minimal ayang ada kata kulinernya.

2.    Bagian Template

Nah point pentingnya dalam mendesain sebuah Blog itu ada pada desain templatenya. Karena di tempalte inilah banyak dilakukan pengeditan widget, tata letak, mengatur jarak letaknya, sampai mengganti warna latar, gambar dan lain sebaginya.

1.  Ganti Template menjadi Profesional

Agar Sahabat memiliki tampilan Blog dengan template yang menarik dan bagus seperti Blog profesional, Sahabat harus merombak semuanya, kabar baiknya kita tidak harus merubah satu persatu Sahabat, kalau bukan programmer kita tidak mungkin merubah kode scriptnya satu persatu kan? Solusinya kita bisa mengganti template bawaan dengan template yang baru. Sahabt bisa download di tempat penyedia jasa Blog template, seperti btemplates.com dan sebagainya.

2.  Gunakan Widget yang Wajar

Widget yang baik untuk tujuan SEO itu tidak banyak, jadi jangan gunakan widget yang tidak SEO friendly seperti tanggal, jam dan sebaginya, silahkan Sahabat gunakan yang penting sperti Popular post, recent post, profil Blogger, fanpage FB dan twitter. Bila terlalu banyak di pasang widget kesannya akan senarut, kurang  rapi alias semak, dan yang parah memperlambat loading Blog.

3.  Tatalah Warna dan style pada template

Agar tampilan Blog kelihatan menarik dan keren mulai dari latarnya, sidebarnya, gambar-gambarnya, dan semua warna yang ada dalam template bisa Sahabat edit secara mandiri.

Berikut adalah contoh Blog profesional dengan tampilan yang baik dan menarik:

1. Microsoft Stories
2. WebDesigner Depot 
3. 500px
4. Smashing Magazine 

Nah itulah tips untuk mendesain Blog Sahabat agar menarik dan baik, baik di mata visitor maupun di mata Search Engine.

E. Pemasaran Blog

Pemasaran Blog juga merupakan sesuatu yang sangat penting agar Blog Sahabat bisa mendapatkan trafik tinggi. Pemasaran Blog itu bisa dilakukan secra gratis dan bisa dilakukan dengan berayar.

Tempat pemsaran Blog secara gratis Sahabat bisa menggunakan fasilitas sebagai berikut:

- Media Sosial ( facebook, twitter, Google +, instagram dan sebagainya )
- SEO (search engine optimation)
- Forum Aktif

Sementara untuk pemasarn yang berbayar Sahabat bisa memanfataakan :

- FB ads
- Email list
- Twitter Ads
- Pasang feed atau links di Blog terkenal dan memiliki visitor yang loyal

Pemsaran dengan dua cara diatas sebaiknya dilakukan secara terus menrus, akan lebih memuaskan hasilnya kalau dikombinasikan dua-duanya. Kembinasi ini akan membuat Blog Sahabat menjadi cepat populer, baik di search engine maupun di media sosial.

Tips pemasaran Blog lainnya adalah :

- meninggalkan jejak link di situs-situs yang populer.

Link / kutip ke posting Blogger yang telah populer, bisa juga Sahabat tweet dari influnecer di setiap postingnya. Kutiplah sekitar 5 orang per posting. Lalu kirimlah email ke orang-orang tadi supaya mereka mau berbagi postingan Sahabat dengan pengikutnya atau pembacanya.

- Lakukan interaksi dengan pembaca.

Sahabat bisa melakukan interaksi dengan pembaca melaui kolom komentar dan sebaginya. Menjalin sebuah interaksi personal dengan pembaca Blog Sahabat adalah hal yang penting. Gunakan fasilitas seperti Fanspage Facebook, Twitter maupun kolom kpmentar itu sendiri apalagi kepada pembaca yang rutin berkomentar.

Hal ini merupakan metode yang cukup baik guna membangun hubungan emosional antara Blogger dengan pebaca Blog. Dan pada akhirnya mereka akan puas dan menjadi buzzer Blog Sahabat. Balas setiap komentar yang di lakukan oleh pembaca.

- Formulasikan strategi trafik Blog Sahabat.

Jadi dari mana Blog Sahabat akan mendapatkan visitor atau pembaca, ini harus Sahabat fikirkan ketika pertama mulai ngeBlog.


  • Apakah Sahabat ingin bergabung dengan komunitas Blog yang sesuai niche?
  • Apakah Sahabat ingin berkawan denag influencer niche ?
  • Apakah ahabat ingin mendapatkan trafik Blog dari Organi Search engine?
  • Apakah Sahabat ingin membangun sosmed Sahabat sendiri?
  • Apakah Sahabat mau bekerjasama dengan Blogger lain?

Dan sebagainya.

Silahkan rencanakan dari awal, karena trafik tidak akan dengan sendirinay dengan begitu saja. Teruslah mencari strategi yang fix dengan kondisi Blog Sahabat.

Bangun komunitas pembaca seputar topik Blog Sahabat.

Media sosial adalah pilihan bijak untuk meningkatkan exposure Blog Sahabat yang pada akhirnya nanti juga akan menaikkan trafik Blog Sahabat.

Buat FB fanpage

Sahabat bisa membuat sebuah Facebook Fanpage sebagai sarana membangun sebuah komunitas

Para pembaca yang tertarik dengan tema yang sahabt tulis di Blog. Namun cara ini agak sedikit lmbat dbanding metode yang lain. Membangun kemunitas sejak Sahabat pertama ngeBlog adalah hal yang baik.

Adakan Kontes Review Blog dan sebagianya.

Sebenarnya ada banyak pilihan kontes yang bisa Sahabat adakan. Dianatarnya adalah kontes review Blog. Untuk menrik peserta  maka hadiah yang sediakan harus yang memadai agar terkesan WOW dan juga profesional.

Dengan kontes ini maka Blog sahabt akan memperoleh exposure dan juga pembaca baru, dan nanti juga akan mendapatkan banyak backlink dari peserta lomba yang memberikan tautan ke Blog Sahabat. Kontes ini terasuk salah satu cara yang cepat untuk mendapatkan trafik.

Selalu aktif di Facebook, Twitter, Google+ dan forul lainnya.

Kalau Sahabat ngeBlog kemudian hanya mengandalkan konten dan berharap trafik pengunjung datang sendiri rasanya ini sesuatu yang sulit untuk di dapatkan.

Usahakan Sahabat bisa aktif di mediasosial dan forum atau bisa dimana saja yang kira-kira calon visitor Blog Sahabat sering menghabiskan waktu mereka.

Sebagai contoh, bila Blog Sahabat membahas tentang aplikasi android maka aktiflah di grup-grup FB seputar itu. Dan disarankan juga aktif di Blog lain yang mebahas niche yang sama.

Fanpage facebook dan juga akun personal Facebook dan tidak ketinggalan twitter adalah sebuah sinergi yang baik untuk melakukan promosi konten dan juga berkomunikasi dengan public dan Blogger lain. Kalau Google+ lebih pada upaya meningkatkan visibilitas atau exposure Blog dan promosi konten.

Jangan lupa akun-akun medsos Sahabat harus tampil di Blog Sahabat, dalam bentuk widget contohnya, sehingga pengunjung bisa follow, like dan sebagainya. Akarena apabila pengunjung memang menyukai konten Blog Sahabat dia akan mempunyai keinginan untuk selalu mengupdatenya.

Ajak  temen dan keluarga atau orang di sekeliling Sahabat untuk baca Blog Sahabat.

Sahabat pasti punya banyak kawan baik kawan sekolah, kawan kuliah, kawan bermain, keluarga, tetangga, kawan di media sosial. Ajaklah mereka untuk mengunjungi Blog Sahabat. Sehingga lambat laun trafik Blog juga akan naik karena bila mereka tertarik mereka akan berulang kali menjadi visitor Blog Sahabat.

Jangan Terlalu Mengandalkan SEO.

SEO memang penting tapi konten lebih penting. Untuk itu cobalah Sahabat membuat artikel yang unik dan berkualitas serta artikel mendalam, minimal 1500 kata.

Nah selain konten yang mendalam dan berkualitas, SEO juga sebenarnya jangan sampai luput dari perhatian, tidak usah SEO yang rumit-rumit,Analisis saja Keyword yang banyak orang mencarinya via google kemudia Sahabat butlah konten-kontennya yang memang banyak yang mencari via google. Sahabat bis menggunkan bantuan Plugin SEO Yost.
Nah kalau trafik sudah setabil tidak melulu mengandalkan keyword, Sahabat bisa menulis apa saja, karena Sahabat sudah mempunya pembaca loyah dan banyak subscriber.

Buatlah aktivitas Blogging jadi menyenangkan buat Sahabat.

Dalam mengembangkan sebuah Blog kita membangun otoritas dan integritas. Bila Blog Sahabat temanya sesuai dengan passion atau bakat dan minat Sahabat tentu menulis artikel menjadi suatu aktivitas yang menyenangkan. Sehingga menulis ribuan artikelpun tak kan terasa karena Sahabat memang menikmati kan hal itu.

Sahabat bisa saja merasa kehilangan momentum asyiknya ngeBlog bila menulis artikel Blog Sahabat di outsourchingkan kepada orang lain. Tulislah secra manual, love your Blog full, karena ppembaca pasti bisa membedakan artikel yang ditulis dengan hati dan artikel yang biasa saja.

Belajarlah dari Blog lain yang sudah sukses

Di dunia ini taka ada gading yang tak retak, tidak ada Blogger yang sempurna, untuk itu kita harus banyak belajar dari Blogger lain yang telah besar dan sukses, namun jangan mencontek begitu saja, tapi bagaimana kita bisa menggunakan kemampuan kita dan cara kita untuk membesarkan Blog layaknya mereka.

Sebetulnya, website-website yang sudah besar sekalipun tidak berbeda jauh dengan Blog kita, yang membedakannya adalah mereka telah konisiten mengupload artikel-artikel berkualitas dalam jumlah yang banyak setiap harinya. Sementara kita masih baru memulai, untuk tetaplah bekerja keras, pertahankan konsistensi.

Bila Blog Sahabat sudah besar nantinya, maka saatnya Sahabat mempekerjakan orang lain untuk menulisa artikel, karena mungkin Sahabat sudah tidak sempat atau tidak sanggup lagi, karena Blog besar tidak akan sanggup kalau hanya ditulis oleh satu orang.

Blogging harus sejaln dengan Blogwalking

Dua hal ini sebaiknya dilakukan secara berirungan. Karena Blogwalking akan banyak memberi manfaat terutama untuk Blog baru. Blogwalking merupakan salah satu memperkenalkan Blog sahabt yang masih baru tumbuh kepada dunia para Blogger. 

Banyak hal yang bisa kita lakukan saling menyapa sesama Blogger, membaca pot Blog, memperoleh pengtahuan baru, menjalin komunikasi dan juga meninggalkan komentar, akhirnya link yang kita tinggalkan pun akan menjadi jejak Blogger yang telah kita kunjungi supaya bisa mengunjungi Blog kita lagi.

Bergabunglah dengan berbgai Komunitas Blogger

Bagi Blogger pemula disarabkan untuk menjalin hubungan dengan sesama Blogger lewat berbagai komunitas Blogger, sehingga networking Blog baru Sahabat akan cepat meluas. Belum ada cara ampuh yang instan bagi sebuah Blog mendapatkan pembaca yang loyal dengan jumlah yang signifikan, sehingga nanti Blog bisa di konversikan menjadi pengasilan bagi sang Blogger.

Di awal-awal ngeBlog silahkan rutin posting artikel unik dan berkualitas. SEO juga jangan ditinggalkan, pelajari SEO sedikit demi sedikit sambil berjalan. Networking juga tidak kalah afdhalnya, berekanlan dengan banyak Blogger lain bisa jadi merupakan pintu rezeki.

Tidak wajib menjadi yang terbaik, tapi jadilah yang paling unik atau berbeda.

Untuk menarik pembaca dan juga agar pembaca lebih mudah teringat dan terkesan buatlah sesuatu yang unik yang beda dari yang lain, karena menjadi yang terbaik itu tidak gampang, dan tidak bisa dipaksakan, namun berusahalah untuk menjadi yang terunik, karena masing-masing Blogger memiliki keunikan tersendiri.

Ingatlah Promosi,promosi dan promosi

Setelah sekian lama kita mengeposkan artikel yang tentunya artikel unik dan berkualitas, tanmakan dalam benak Sahabat untuk selalu dan sering melakukan promosi dari berbagai metode yang telah di  jabarkan diatas. Blog baru untuk berkembang dan mempunyai trafik yang tinggi harus dengan kerja keras terutama pada promosi Blog.

SEO memang bukan satu-satunya, SEO hanyalah sebagian dari ide untuk membuat Blog jadi populer. Maslah SEO ini sudah banyak sekali Blogger yang membahasanya, baik SEO yang benar dengan suatu proses maupun SEO instan ala Blackchat SEO.

Pada dasarnya promosi nomor wahidnya adalah Konten yang unik dan berkualitas itu. Konten akan mencerminkan karakter penulisnya, Sahabat harus meyakini bahwa artikel yang akan Sahabat upload merupakan artikel terbaik, kalau masih ragu silahkan perbaiki lagi. Silahkan perkenalkan diri Sahabat di Sosial Media, kontak para Blogger yang sudah lebih dulu ada,sajikan artikel menjadi solusi khas dengan karakter dan pemahaman Sahabat.

Seringlah berkunjung ke Blog lain dan tanmakan link Blog Sahabat. Terjunlah juga ke forum-forum tanya jawab seimbangkan keduanya anatar memberi dan menerima.
Promosikan diri Sahabat sebagai duta Blog Sahabat, Sahabat merupakan perwakilan dari pada Blog Sahabat, authorship and authority.

Jangan terburu untuk promosi produk atau jasa.

Sebaiknya Sahabat menunda dulu untuk cepat memasang iklan produk atau jasa, silahkan kerja keras naikkan trafik dulu, nanti kalu trafik sudah minimal diatas 1000 baru deh mulai promosi.

Selalu mengupdate skill dan pengetahuan Sahabat.

Hal ini sangat di anjurkan, teruslah dan jangan bosan mengasah skill dan pengetahuan Sahabat demi kemajuan dan perkembangan Blog Sahabat, bila sang Blogger lebih ahli dan luas pengetahuannya maka bisa dipastikan Blognya juga akan bertambah kualitas sehingga para pembaca atau pengunjung Blog akan semakin puas dengan informasi yang di dapatkan dari Blog Sahabat.

Janganlah cepat puas dengan apa yang sudah Sahabat capai, karena perjalanan masih sangat panjang, mempertahankan sesuatu itu lebih susah dari pada usaha untuk memperolehnya.

Demikian ulasan tentang Promosi Blog.

F. Merawat Blog

Hal penting lainnya untuk menjaga Blog tetap exist dan berkembang adalah Merwatnya.
Perwatan terhadap suatu Blog menunjukkan bahwa Blog itu tetap bernyawa, ada ruhnya alias Blog selalu hidup. Blog yang terawat dan terusrus dengan baik akan membuat visitor merasa betah membaca artikel dan berkunjung kembali ke Blog Sahabat.

Diantara cara merawat Blog adalah dengan cara terus mengupdate artikel secara teratur dan kalau bisa terjadwal, karena nyawa dari sebuah Blog itu berupa artikel yang selalu fresh, Blog tanpa artikel yang ibarat rumah tanpa penghuni, ibarat toko tanpa penjual dan sekalgus tanpa barang. Respon Sahabat terhadap pembaca juga harus rutin dilakukan, respon ini bisa berupa diskusi, menjawab komentar, menambah wacana-wacana atau ide baru dan sbeagainya.

Merawat Blog juga harus menganalisis perkembangan Blog baik secara manual maupun menggunakan bantuan analytics. Sahabat harus mencari tahu apakah tarif naik atau turun, apakah konten yang Sahabat publish banyak disukai, apa kira-kira harapan pengunjung, apa saja kata kunci yang di cari pengunjung,bagaimana pengaruh SEOnya, apa kira-kira yang perlu Sahabat perbaiki, apa saja target Sahabat yang sudah tercapai, terus target apalagi yang harus di usahakan? Dan pertanyaan sejenis lainnya. Kemudian pertanyaan-pertnayaan itu Sahabat cari solusinya dengan tindakan nyata.

Kesehatan Blog juga harus dirawat, seperti kecepatan aksesnya, kondisi servernya (kalau pakai hosting mandiri), desain yang user friendly, mobile friendly dan sebagainya. Jadi merawat Blog juga harus memperhatikan kenyamanan visitor Blog Sahabat.

Bila kases Blog lambat atau lemot, maka pengunjung akan segera lari pindah ke Blog lain karena terlalu lama menunggu, pengunjung juga akan risih bila terlalu banyak widget yang melayang dan bergelantungan, nah bila Blog bersih dan terlihat indah maka pengunjung akan betah berlama-lama diBlog Sahabat. Mungkin hal ini tampaknya tidak penting namun mempunyai pengaruh yang luar biasa,sehingga merawat Blog adalah hal penting yang kelima, yang tidak boleh Sahabat tinggalkan. Semuanya penting karena slaing mendukung satu sama lain.

Merawat Blog itu meliputi sisi on page dan off page.

Cara Merawat Blog secara on page yaitu silahkan periksa bagian-bagian dari Blog Sahabat diantaranya adalah:

1. Mungkin terdapat msalah pada HTML Blog berupa kode-kode script atau css
2. Apakah terjadi broken link pada Link-link  masuk atau keluar ?
3. Silahkan Sahabat periksa juga meta tag, site map, meta description dan sebaginya. Lakukan hal ini via  google web master tool
4. Gunakan juga Fasilitas seoanalyser.net untuk memeriksa keadaan Blog dari berbagai error dan peringatan, sehingga kita tahu apa yang harus diperbaiki. Bisa juga untuk mengontrol pagerank, index google dan bing, dan juga SEO scor.
5. Dan masih banyak aplikasi lain sejenis yang  bis akita gunakan untuk menganalisis Blog.

Sedangkan merawat Blog secara Off Page meliputi tindakan berikut :

1. lakukan update artikel secara berkala, karena hal utama dalam Blog adalah konten tentunya yang unik dan berkualitas.
2. Jangan lupakan untuk sering Blogwalking, untuk memperkenalkan diri dan menjalin pertemanan serta mendapatkan backlink.
3. Artikel yang beragam juga akan membuat visitor lebih betah dan datang kembali untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan.

Jangan ada pemutaran Lagu di Blog

Vsisitor berkunjung ke Blog kita bukan untuk mendengarkan lagu tetapi mencari informasi baru yang dibutuhkan, jangan samapai ada pemutaran lagu secara otomatis di Blog Sahabat karena tidak smua pengunjung menyukai ada pemutaran lagu itu. Karena selera lagu satu orang dengan orang lainnya berbeda-beda, bisa saja lagu favorite anda adalah lagu yang tidak disuaki oleh sebagian pengunjung.

Loading Blog lambat juga bisa disebabkan oleh pemutaran lagu secara otomatis di Blog.

Jangan semabrangan Pasang Iklan

Jangan karena tergiur penghasilan dari Blog kemuadia berbagaimacam iklan Sahabat pasang di satu halaman, sehingga pengunjungpun akan merasa sangat terganggu bahkan jijik melihatnya. Memang iklan di Blog sangat penting untuk penghasilan namun harus dengan cara yang wajar dan elegan.

Jangan sampai iklan mengalahkan kontennya, harus proposrsiaonal, konten harus tetap yang menonjol bukan iklannya.

Blog yang profesional juga tidak akan menampilkan iklan yang berbau pornography ataupun perjudian dan sebagainya. Apalagi menampilkan iklan Pop Up yang memaksa pengunjung untuk mengklik iklan itu, samapai beberapa kali.

Jangan melakukan debat dengan Orang Yang Komentar

Terkadang ada pengunjung yang berkomentar yang bisa memancing kemarahan, namun ini kembali pada Sahabat sebagai pemilik Blog. Jangan samapai Sahabat terpancing emosi dan mengajak pengunjung berdebat secara terbuka. Karena karkter demikain bukan karakter Blogger yang profesional.

Responlah semua komentar yang masuk dengan tetap sabar dan tenang, jangan ada kesan menggurui, karena tidak semua pengunjung bisa diperlakukan demikian Sahabat. Blog adalah media untuk meberikan ide dan juga gagasan, sehingga kalau terjadi banyak perbedaan pendipat itu normal.

Jangan terlalu banyak menggunakan warna.

Usahakan jangan terlalu banyak emnggunakan komposisi warna pada Blog Sahabat, karen terlalu banyak komposisi warna juga tidak enak dalam pandangan mata sebagian pengunjung. Warna yang di maksud adalah warna dasar Blog, cukup menggunakan tiga komposisi warna saja. Warna yang terlalu ramai dan tajam akan membuat pengunjung tidak fokus.

Jangan terus mencap diiri sendiri sebagai Newbie.

Kalau Sahabat ingin menjadi Blogger profesional berhentilah menjadi newbie atau Blogger masih pemula, karena tidak ada tuh pro yang newbie. Pro ya pro, dan akan selalu mengutamakan kualitas terbaiknya, sementara newbie akan selalu berusaha terlihat seperti pro.

Profesional tidak akan mencuri artikel Blog lain, lalu memasangnya di Blognya, namun kalaupun terinspirasi dari konten orang lain, maka dia akan menulis kembali dengan tambahan informasi yang lebih lengkap dan dengan gaya dia sendiri. Bila mengutip dari Blog orang lain juga akan menyebutkan sumbernya.

Seorang pro pasti akan merawat Blognya dengan baik, dengan selalu mengupdate konten yang berkualitas pada Blognya. Updating Blog sangat penting demi perkembangan dan keprofesionalan suatu Blog.

Maka janganlah menjadi newbie, bertekadlah suatu saat nanti menjadi profesional. Memang butuh usha yang keras dan sering kadang disertai kegagalan, namun Sahabat harus mencoba lagi dan lagi untuk menjadi profesional yang sukses.

Begitulah review tips ngeBlog dari berbagai sumber yang sudah penulis baca dan penulis berusaha melaksanakannya.

Bahwa kesimpulannya intinya adalah kesuksesan pada Blog kita adalah bagaimana kita mernacang, membangun selankah-demi selangkah dan bagaimana juga merawatnya dengan penuh perhatian dan dilaksanakan dengansebaik-baiknya.

Dan dalam hal ini perlu juga Blogger atu orang lain sebagi inspirator kita dan kontributor Blog kita, dan juga sebagai pengunjung atau visitor Blog.


Terus kerja keras dan berproses, update terus skill dan pengetahuan Blogging kita, bila kita konsisten suatu hari nanti Newbie akan menjelma menjadi profesional.

Demikian ulasan tentang Tips Blogging dari para Mastah Blog untuk Tujuan Mendapatkan Uang.

Terimakasih telah berkunjung ke caraopi.Blogspot.com. Dan silahkan berkunjung kemablai karena caraopi akan selalu menghadirkan artikel yang baik dan bermanfaat bagi Sahabat Blogger semuanya.

Jangan lupa tinggalkan komentar untuk sekedar menjalin silaturrahmi dan sedikit berdiskusi atau bertukar fikiran.

1 comment: