Saturday, May 13, 2017

Cara Menulis Nomor atau Angka Arab di Word dan Excel menggunakan Keyboard

Keyboard laptop atau komputer tidak bisa mengetik Angka Arab??? Bingung kan cari solusinya. Sebenarnya ada triknya bagaimna cara menulis nomor atau Angka Arab di word dan excel menggunakan keyboard. Terkadang yang kebanyakan kita tahu Cuma untuk menulis huruf Arab saja namun tidak tahu cara menulis Angka Arabnya.

Bagaimana sih solusinya agar keyborad bisa mengetik Angka Arab di word atau excel? Ada beberpa cara cara mengetik Angka Arab di word dan excel. Ada cara otomatis dan ada juga cara manualnya. Masing-masing harus di atur settingnya atau pengaturan sistemnya.


Tutorial cara mengetika Angka Arab di word ini bisa berlaku untuk semua jenis word baik word 2003,2007 maupun 2013 dan sebagainya. Bila ada yang sedikit berbeda mungkin hanya pada tampilannya saja. Tips ini biasanya dibutuhkan bagi Sahabat yang sering mengetik tulisan Araba dan Angka Arab bisa saja tips ini dibutuhkan untuk para pelajar di pesantren dan sekolah Islam lainnya.


Biar hasil ketikannya bisa tetap diedit maka setiap kali hendak mengetik pilihlah jenis input bahasanya yaitu Arab yang biasanya muncul icon tanda Arabnya yaitu AR di sudut kanan bawah.
Seperti penjelasan tadi disini akan dijelaskan 2 cara, yaitu secara otomatis dan secara manual, cara yang pertama lebih gampang dan simple sedAngkan cara manual lumayan ribet prosesnya.
Bgaimana LAngkah Settingnya  untuk Cara Menulis Angka Arab di Word dan juga  Excel menggunakan Keyboard

Pertama , Cara Otomatis

Bila Sahabat memilih cara yang pertama ini, setelah selesai setting nanti Sahabat bisa langsung mengetik Angka Arabnya seperti mengetik Angka biasa di Ms Word tanpa menggunakan tombol lain lagi. Intinya sama seperti ketika kita menulis dalam bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris.

1. Silahkan buka Word dulu kemudian di bagian atas kiri silahkan  klik tanda panah kecil menghadap kebawah supaya muncul pilihan berbunyi  “More commands….” silahkan pilih.
Lihat Gambar di bawah:



2. Setelah klik pada tulisan More Commands maka akan muncul jendela baru silahkan pilih dan klik Advanced.

3. Selanjutnya silahkan scroll ke bawah carai kata Show document Content , selanjutnya pada pengaturan Numeralnya pilihlah Context kemudian klik OK untuk mengsave hasil setingannya.
Perhatikan Gambar di bawah.


4. Sekarang silahkan di praktikkan, dengan cara mengaktifkan penulisan Arabnya terlebih dahulu ya, silahkan tekan tombol Sift + Alt di keyborad Sahabat maka akan muncul icon AR di sudut kanan bawah layar laptop atau komputer Sahabat. Nah silahkan coba klik Angka apakah muncul Angka Arab??? Bila Sahabat telah mengikuti cara settingnya dengan benar maka Sahabat sekarang sudah bisa mengetik Angka Arab dengan Keyborad di Word atau Excel.  Dan tentunya sebelumnya memang harus sudah disetting dulu keyboradnya untuk bisa mengetika Arab ya Sahabat.

Mah hasil settingan tadi akan terus aktif selama Sahabat tidak merubah setting pada context tadi. Namun tidak mengapa tetap aktif karena tidak akan berpengaruh di pengetikan bahasa yang lainnya, ini berfungsi bila Sahabat mengubah bahasanya dari IND ke AR. Kalau Bahasa Indonesia yang Aktif maka tidak akan muncul Angka Arabnya.


Sekarang cara yang yang kedua yaitu cara manual, cara yang kedua ini agak ribet sedikit penggunaannya, tapi kadang bisa saja disenangi oleh Sahabat yang hendak menentukan sendiri mau tombol yang seperti apa untuk tiap nomornya, tidak harus Angka Arab. Tidak harus dengan Angka yang sesuai dengan tulisan Arabnya.

B. Yang kedua yaitu Cara manual

Dengan cara ini tidak cukup hanya sekali settingan, karena nomor-nomornya yaitu 1-10 harus diatus satu persatu agar Angka Arabnya bisa berfungsi. Setiap Sahabat mau menulis Angka Arab maka Sahabat harus mensettingnya dulu.



Pertama silahkan klik menu Insert di samping menu home di menu bar MS Word. Pilih menu Symbol di bagaian paling kanan menu bar, kemudian klik tanda panah kecil yang menghadap kebawah di samping tanda Symbol, lalu klik More Symbols, Sahabat pasti menemukan banyak sekali symbol silahkan sahabat cari Angka Arab atau lainnya dan untuk memasukkannya silahkan Sahabat klik symbol yang sesuai.

Selanjutnya silahkan klik Shortcut Key yang ada di bawah popup tadi. Berikutnya akan muncul halaman yang kecil yang baru, nah Sahabat isikan di kolom “ Press New Shortcut Key” dengan cara menekan Ctrl+1 di keyborad, CTRL + 1 dan seterusnya. Nah sebaiknya sesuaikan antara Angka simbol dengan Angka pada keyboradnya  agara lebih mudah menghafalnya. Contoh, agabar waktu mengetik di keyborad Angka 1 dan muncul Angka Arab 1 juga, maka silahkan pilih CTRL + 1 CTRL + 2 dan seterusnya. Sekarang silahkan klik Assign untuk menyimpan hasil pengaturannya.

Silahkan lakukan sampai berulang kali cara-cara tadi sampai semua Angka Arab selesai Sahabat buat di Shortcut-nya. Agar Sahabat bisa menulis Angka Arab 1-10 ya lakukan sebanyak 10 kali.

Kekurangan cara manui ini yaitu Sahabat harus menekan dua tombol pada keybord untuk memunculkan Angka Arabnya.

Dan konfigurasi yang sudah Sahabat buat juga tidak dapat digunakan untuk konfigurasi lainnya, Contog CTRL + 1 yang biasanya dipakai untuk sepasi 1 saat pengetikan maka tidak akan dapat digunakan bila disetting untuk menulis Angka Arab 1 sebab sudah diatur sebagai shortcut Key.

Dulu penulis juga mengalami kesulitan cara menulis Angka Arab sebelum menggunakan teknik ini. Sehingga pernah penulis hanya menggunakan symbol saja.

Sekian semoga bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung ke Caraopi.blogspot.com. Silahkan tinggalkan komentar untuk sekedar berdiskusi dan berbagi.

Jangan lupa untuk berkunjung kembali karena Caraopi akan selalu menghadirkan artikel yang baik dan juga bermnafaat bagi Sahabat semuanya.

2 comments: