Saturday, August 26, 2017

Cara Menentukan Bisnis Yang Cocok Di Kawasan Industri


Kawasan industri ataupun kawasan pabrik memang sangat ramai oleh para buruh Pabrik itu. Jumlah bisa ribuan bahkan puluhan ribu buruh setiap hari yang hilir mudik menuju dan meninggalkan tempat kerja mereka di pabrik. Bahkan pada saat jama padat jalanpun dibuatnya menjadi macet.
Di setiap keramaian manuisa pasti banyak peluang bisnis bagi orang-orang yang jeli melihat kesempatan itu. Di area pabrik itu Sahabat bias menmukan berbagai macam barang yang di jual atau di jajakan untuk para karyawan maupun oarang lain yang mengantar karyawan ataupun yang hanya sekedar lewat saja.

Bagi yang punya naluri bisnis pasti mereka melihat keramian yang terjadi di kawasan pabrik ini adalah lahan bisnis yang sangat menggiurkan dan prospektif, apabila Sahabat bisa menganlisa kebutuhan dari para buruh ataupun karyawan pabrik itu.

Bila 20% saja buruh pabrik yang jumlahnya ribuan itu mampir ketempat jualan Sahabat, Sahabat bisa menghitung sendiri omset dan keuntungan yang di dapat tiap harinya.
Lalu, kira-kira bisnis apa saja yang cocok di jalankan di kawasan industri itu?
Mari Sahabat analisa kebutuhan para buruh atau karyawan di kawasan dimana Sahabat tinggal.


1. Apakah kebanyakan buruh atau karyawannya cewek ?
2. Apakah kebanyakan karyawannya lak-laki ?
3. Apakah buruh atau karyawannya masih pada single atau sudah menikah?
4. Apakah buruh atau karyawan punya cukup waktu untuk membeli makanan di warung?
5. Apakah buruh atau karyawannya diantar dan di jemput oleh pihak pabriknya?
6. Apakah buruh atau karyawannya biasa memarkir kendaraannya?
7. Berapa kira-kira penghasilan buruh itu perbulannya?

Dari pertanyaan – pertanyaan itu bisa di jawab dengan ide bisnis yang cocok di kawasan industri atau pabrik.

1. Usaha jual pakaian murah

Sering kali karyawan pabrik itu tidak punya cukup waktu untuk berbelanja di mall ataupun pasar yang jarakanya jauh dari lokasi pabrik, maka apabila Sahabat bisa menyediakan aneka pakaian murah, terutama pakaian wanita, namun cukup berkualitas dan harga juga bisa lebih miring dari pasar konvensional maka usaha ini bisa sangat menjanjikan. 

Karena buruh diuntungkan dengan penghematan waktu karena dekat, penghematan bugdet karena harga lebih murah dan tanpa harus mengeluarkan ongkos transportasi tambahan, apalagi kalau Sahabat bisa mengutamkan kepuasan pelanggan dengan pelayanan yang prima dan tersedianya stock barang yang di cari konsumen. 

Walaupun disitu sudah ada beberapa penjual pakaian murah janganlah berkecil hati, tapi silahkan bersaing dengan baik dan selalu berinovasi agar cara dan tempat bisnis agak benar-benar unik dan menyenagkan untuk di datangi.

Pakaian yang Sahabat jual bisa berupa kaos-kaos murah namun mempunyai motif yang menarik, baju-baju anak-anak, aneka kerudung, aneka baju wanita dan sebagainya.

2. Jualan pakaian dalaman wanita dan assesoris.

Bila kebanyakan buruh atau karyawan di kawasan itu memang banyak wanitanya, maka bisnis jual-beli pakaian dalam dan asessoris ini juga sangat menjajikan, karena memang kaum hawa ini identik dengan kedua macam barang tersebut. 

Bisa saja mereka akan menyerbu jualan anda karena mereka sangat menjaga waktu, bila ada barang yang dibutuhkankan kualitas bagus dan harga terjangkau kenapa mesti jauh-jauh beli ke swalayan atau mall yang harganya tentu tidak murah lagi. Intinya sediakan barang yang kira-kira dibutuhkan oleh buruh atau karyawan, utama pelayanan konsumen, dan jangan lupa kualitas barang dan harganya juga menjadi pertimbangan bagi mereka.

3. Jualan bedak atau kosmetik

Barang yang satu ini juga tidak bisa terlepas dari tas kaum hawa alias wanita. Mereka dimanapun dan kapanpun terus membawa aneka barang kosmetik ataupun bedak ini, karena mereka walaupun bekerja ingin tampak selalu tampil cantik dan menawan. Shingga rata-rata dari mereka selalu bersolek sekedarnya baik di rumah, kantor bahkan di ruang kerja maupun di atas kendaraan sekalipun.

Jadi lapak bedak dan kosmetik Sahabat pasti akan selalu di lirik dan di samperin oleh para karyawan pabrik ini. Tapi ingat, pelayanan dan daya tarik dari barang dagangan Sahabat harus Sahabat perhatikan. Apakah pelayanan sudah memuaskan dan menyenangkan, apakah penyusunan barang dagangan anda cukup menarik pembeli? Silahkan Sahabat jawab sendiri.

4. Jualan makanan bungkus.

Ide berikutnya adalah jualan makanan atau nasi bungkus dengan lauk yang cukup mengandung selera namun harga dan rasa harus dipertimbangkan. Artinya harga miring, rasak cukup memuaskan danporsi juga cukup.

Biasanya para buruh akan mengejar waktu shift bekerja sehingga banyak dari mereka yang tidak sempat sarapan di rumah, atau makan siang di rumah atau tidak sempat lagi memasak dirumah, sehingga mereka memilih membeli makanan di seSahabatr pabrik.

Apalagi Sahabat bisa menawarkan makanan yang sudah siap santap, terbungkus rapi rasa cukup memuaskan dan harga yang miring dan tentunya tempat yang sangat terjangkau bagi mereka, tanpa perlu keluar jauh-jauh dari tempat mereka kerja.


5. Jual beli pakaian dan assesoris untuk laki-laki.

Nah, apabila kebanyakan karyawannya laki-laki, maka Sahabat bisa mencoba berjualan pakaian dan assesori untuk kaum adam ini.

Pakaian itu bisa berupa kaos murah, baju atau celana yang cukup berkualitas namun harga terjangkau, assesoris laki-laki seperti ikat pinggang, aneka dompet,sepatu, kaos kaki, jam tangan, kaca mata, sarung tangan untuk naik sepeda motor, dan pernak pernik laki-laki lainnya.

6. Usaha barang-barang elektronik atau Gadget yang murmer.

Saat ini manusia sudah memasuki era teknologi baik teknologi digital maupun teknologi informasi, sehingga rata-rata orang mempunya gadget di tangan mereka, bahkan satu orang kadang tidak cukup hanya dengan dua gadget, bisa 3 atau 5 gadget dengan tipe dan fungsi khusus yang berbeda. 

Nah alat-alat elektronik ini bisa Sahabat perdagangkan di kawasan industri tadi, barang-barang yang cocok untuk sahabt perdagangkan mislanya Android merek tertentu yang harganya terjangkau namun cukup baik kulaitsnya, seperti merek Adv*n, Mit*, dan merek-merek terjnagkau lainnya. 

Barangnya bisa berupa HP, Android, IPAD, Laptop, power bank,Acessoris HP dan sebagainya.

Bila mereka banyak yang bertanya tentang HP dan barang lainnya atau masih gaptek, silahkan juga dilayani dengan sebaik-baik, nanti mereka akan terkesan dan terus teringat sehingga mereka punya usaha yang kuat untuk membelinya dengan cara menabung dulu.

7. Usaha perlatan Rumah Tangga

Nah, bila para buruh dan karyawannya rata-rata sudah berkeluarga, maka selepas bubar dari pabrik mereka langsung menuju rumah atau keluarga untuk segera bertemu anak-anak atau suami mereka. Jadi mereka juga family oriented lho.

Maka bisa juga shabat menjual berbagai macam keperluan keluarga, karena mereka tidak punya cukup waktu untuk keliling pasar mencari perlatan keluarga.

Barang yang bis aSahabat jual bermacam-macam, bisa dari tempat-tempat makanan, minuman semacam tupper ware dan sebagainya, alat-alat masak dan berbagai macam keperluan rumah tangga lainnya.

8. Jualan Pulsa.

Saat ini pulsa ataupun pulsa paket internet erupakan kebutuhan utama bagi sebagian besar orang, berkembangnya teknologi informasi sangat mepengaruhi gaya berkomunikasi dan bersosialisasi antar masyarakat.

Saat ini begitu banyak media-media sosial seperti Facebook, twitter, instagram dan sebagainya dan juga media pengirim pesan yang modern seperti WA, line dan sejenisnya yang harus di akses melalui internet. Mereka menggunakan fasilitas itu kapanpun dan dimanapun. Sehingga sering mereka kehabisan pulsa maupun paket internet.

Nah, ii juga peluang bagi Sahabat untuk membuka lapak bisnis jualan pulsa dan paket internet di kawasan Pabrik tempat Sahabat mau berbisnis. Sekalian Sahabat bis aberjualan sedikit assesoris HP maupun token pulsa Listrik, pembayaran PDAM dan sebagainya.


9. Penyewaan Lahan Parkir.

Bila Sahabat melihat banyak karyawan atau buruh yang membawa kendaraan sendiri dan ada masalah untuk memarkir kendaraan mereka, maka ini kesempatan yang harus anda ambil, yaitu menyewa lahan parkir di kawasan itu, bila pelayananya baik dan memuaskan pasti banyak langgan yang memarkirkan kendaraannya di tempat Sahabat, sekalian Sahabat bisa berjualan sedikit kepeluan karyawan itu seperti air meneral, minuman segar dan kebutuhan ringan lainnya.

10. Bisnis jasa antar jemput buruh atau karyawan

Bila pabrik ataupun perusahaan tempat buruh tidak mneyediakan fasilitas anatar jemput, mungkin ini sebuah kesempatan Sahabat untuk membuka usaha antar jemput karyawan atau buruh pabrik.
Untuk memulai sahabat bisa memualainya dari tetangga atau kawan dekat Sahabat, layani mereka dengan pelayanan prima, lambat laun jasa Sahabat akan terdengar ke Karyawan atau Buruh lain, dan bukan tidak mungkin mereka juga akan menggunakan jasa Sahabat, ingat Pelayanan dan pertimbangan harga juga harus sahabat pelajari.

11. Berjualan sayuran dan ikan.

Sebagain buruh atau karyawan mungkin banyak yang masih sempat pulang dan memasak sendiri ketimbang membeli di jalan, untuk itu Sahabat juga bisa berjualan Sayuran segar dan beberapa Jenis ikan di tempat dekat kawasan pabrik atau di tepi jalan yang sering di lalui oleh karyawan maupun buruh.
Atur barang dagangan anada semenarik mungkin, jaga kualitasnya dan tawarkan dengan penuh keramahan.

Dan masih banyak lagi peluang bisnis di kawasan industri bila Sahabat bisa menganalisanya secara mendalam, berbeda lingkungan dan berbeda kawasan maka akan berbeda kebutuhan dan juga berbeda gaya hidupnya. Jadi intinya baca peluang, lakukan pelayanan prima, informasikan dan berusaha untuk menekan harga agar bisa terjangkau atau bahkan lebih murah dari pasaran.


Demikian sekilas tentang cara menentukan bisnis yang cocok di kawasan Industri. Terimkasih sudah mampir di caraopi.blogspot.com. mudah-mudahan bermanfaat, dan silahkan mampir lagi karena caraopi akan selalu menghadirkan tema yang sungguh menarik dan tentunya bermanfaat.

1 comment: