Wednesday, September 27, 2017

Blogger Sukses yang Hanya Lulusan SMP dari Indonesia

Saat ini di dunia teknologi yang semakin canggih, terutama teknologi informasi yang didalamnya yaitu ada dunia Internet.

Dengan kemajuan langit internet ini sangat banyak gaya hidup manusia yang berubah. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan internet seperti mencari informasi yang kita butuhkan, mencari berita terupdate, menonton segala macam video, berbisnis, berjuaan di took online, mencari teman, dan tidak ketinggalan blogging dan juga menjadi youtuber.

Namun disini kita tidak akan banyak membahas tentang itu semua. Tapi kita akan bebagi informasi untuk inspirasi bagi kita, tentang kesuksesan seorang blogger yang hanya tamatan SMP ini. Siapa blogger sukses yang hanya tamatan SMP ini, beliau adalah Sugeng Riadi, Bahasa jawa artinya Selamat Hari Lebaran, he..he.. intermezzo aja ya.

Mas Sugeng ini dulunya bukan orang kaya, juga bukan orang lulusan Pendidikan yang levelnya tinggi, apalagi ada gelar, Ir, DR, apalagi professor, beliau hanyalah seorang bocah tamatan SMP.

Panggilan akrab Mas Sugeng Riadi adalah Mas Sugeng, sekarang menetap di Jawa Timur, dulu Mas Sugeng mengenal Maya , eh dunia Maya maksudnya di tahun 2010, berarti belum lama juga kan? Mas Sugeng ini dulu awalnya memulai ngeblog tidak menggunakan PC atau Laptop kesayangan, tapi selama 2 tahun mas Sudeng Ngeblog menggunakan sebuah Ponsel Nokia C2-01, Pakai Ponsel Bro !!!! Kamu punya Andrid, Ipad , Punya Laptop tapi menghasilkan Uang gak???? Mas Sugeng ini adalah pendiiri dan pemilik Blog yang dulu namanya mas-sugeng.com, sekarang menjadi Sugeng.id.

Walaupun telah sukses dengan Internet terutama dalam dunia Blogging dan bisnis online, Mas Sugeng tetap menjadi pribadi yang rendah hati, dan dermawan, Mas Sugeng selalu berbagi tips ngeblognya di sugeng.id, selain berbagai tips ngeblog Mas Sugeng juga menjual template-template blog premium yang super keren, dan sering juga berbagi template blog secara gratis lho.

Mas Sugeng adalah pekerja keras, dan juga selalu belajar secara mandiri, self learning, walau hanya seorang lulusan sebuah SMP, menurut pengakuannya, Tetapi Mas Sugeng sangat menguasai keahlian dibidang digital dan juga internet marketing. Ilmu ini Mas Sugeng dapat dari belajar dan belajar terus secara otodidak baik melalui buku maupun secara online.

Bca Juga : 

Saat ini banyak kegiatan yang di tekuni Mas Sugeng ini, diantaranya Koding, desain web, menulis artikel, SEO dan sebagainya. Pokoknya selalu berkarya dalam dunia blogging. Ia menjadi slah satu blogger sukses di Indonesia bukan karena dia pandai, atau karea dia banyak uang, tetapi karena mau bekerja keras, dan tidak pernah berhenti belajar.

Berapa penghasilan Mas Sugeng ? Soal ini Mas Sugeng tidak mengumbarnya, tapi kalau di lihat dari usahanya seperti jualan template blog premium secara online, blogging dan juga beberapa bisnis online lainnya maka penghasilannya tidak bias dibilang sedikit, apalagi template blog premium yang Mas Sugeng buat laris manis di pasaran.

Ngeblog itu bukan hal yang gampang bagi para pemula, banyak para newbie yang akhirnya memutuskan berhenti dari ngeblog karena tidak sabar, Mas Sugeng adalah pekerja yang sangat sabar, ulet dan mau selalu belajar. Banyak suka duka, rintangan dan tantangan yang Mas Sugeng Hadapi. Namun beliau tidak berhenti dan tidak lari dari masalah, tapi justru tertantang untuk maju dan maju terus. Jadi beliau sudah merasakan pahit getirnya perjuangan seorang newbie sebelum akhirnya menjadi Sukses. Menjadi Mastah atau masternya Blogger, he… he… Sekarang beliau sudah dikenal banyak orang karena sukses dalam dunia internet marketing dan dunia blogging.

Apa saja suka duka Mas Sugeg Riadi selama menjalani aktivitas ngeblog ini, sebelum Mas Sugeng Sukses.

1.       Kekurangan alat atau media untuk ngeblog.
Jadi dukanya yang pertama yang dialami Mas Sugeng adalah ngeblog hanya dengan menggunakan HP, Mas Sugeng update status, mengelola template dan sebagainya hanya menggunakan media HP saja, dan hal ini berjalan sekitar 2 tahunan, Keren kan usaha bertahannya?

Mas Sugeng juga sering kesulitan jaringan internet, karena beliau tidak mempunyai PC sehingga Mas Sugeng Sering mengunjungi Warnet untuk aktifitas ngeblognya.

Tentu saja ini sebuah tantangan dan kendala yang di hadapinya waktu itu. Apalagi menggunakan platform bogger.com.

2.       Hidupnya seperti Kalong atau kekelawar.
Mas Sugeng sering tidur siang karena beliau harus melek malam, tujuannya adalah menggunakan jaringan internet di malam hari biar lebih cepat, jadi Mas Sugeng online di tempat tinggalnya biasanya waktu malam hari. Malam begadang siang tidur, seperti kalong ya.

Mas Sugeng sampai sering sakit, gara-gara sering begadang malam, karena mungkin udara malam itu kurang berSahabat. Tapi tetap saja semangat Mas Sugeng tidak surut justru kendala tersebut menjadi tantangan dan penyemangat tersendiri baginya menuju keberhasilan.


3.       Ngeblog itu tidak mengenal waktu
Aktifitas ngeblog itu tidak di batasi waktu, kapan saja dan dimana saja, asalakan ada jaringan internet maka Sahabat bisa ngeblog.
Blogger itu memiliki kebebasan waktu, terserah kepada sang blogger dimana dan kapan mau bekerja. Inilah salah satu hal yang menggembirakan para blogger yaitu waktunya sangat fleksibel.

4.       Punya banyak kawan baru
Namanya dunia maya, kawanpun ya maya, alias tidak nyata berada di samping kita. Meskipun sangat jarang berkumpul dengan teman-teman di dunia yang nyata namun Mas Sugeng mempunyai banyak Teman baru, walau hanya di Internet. Tetapi dengan merekalah Mas Sugeng berbagi dan juga menjalin kerjasama dalam bisnis onlinenya.

Sehingga walau hanya kesannya bermain-main saja dengan internet namun uang selalu mengalir untuk keperluan sehari-hari dan bahkan menambah modal usahanya. Hebat kan Blogger itu?

Sudah snagat banyak program atau kegiatan dari internet yang dilakukan Mas Sugeng yang menghasilkan uang. Dari pengalaman yang dimuali dari hal-hal kecil, dan tahan uji serta ma uterus belajar itulah akhirnya Mas Sugeng dapat meraih sebuah kesuksesan dalam usaha internet marketing ini.

Dari kisah perjalanan karir Mas Sugeng samapai menuju kesuksesan ini banyak hikmah yang bisa kita ambil, sebagai inspirasi dan motivasi diri kita untuk menjadi sukses di masa yang kan dating.


Berikut adalah hikmah yang bisa kita ambil dari cerita sukses Mas Sugeng di atas tadi :

1.       Kesuksesan itu butuh waktu yang tidak instan.
Pelajaran pertama yang bisa kita ambil adalah bahwa kesuksesan seseorang itu tidak akan datang dalam waktu yang singkat, dan tidak semudah emmbalikkan telapak tangan, melainkan melalui usaha yang panjang yang penuh rintangan dan halangan yang berliku-liku. Tidak cukup hanya dengan waktu sehari dua hari atau sebulan dua bulan.

Kesuksesan itu di dapat dari usaha tiada henti yang telah dilakukan bertahun-tahun yang menguras tenaga, energi, kesabaran, ide, motivasi dan juga inspirasi. Ingat ya tidak ada keberhasilan yang datang dengan sendiri dalam waktu satu malam. Emangnya dunia sulap, emangnya duni para kurcaci dan peri?

2.       Kekurangan dan keterbatasan fasilitas bukan halangan untuk meraih sukses.
Walau Mas Sugeng sangat minim fasilitas, yaitu ngeblog hanya menggunakan ponsel, bisa di bayangkan bagaimana susahnya mengetik artikel dengan sebuah ponsel, dan bagaimana juga mengedit template dengan hanya sebuah ponsel Nokia C2-01.


Jadi keterbatasan bukan halangan untuk meraih sukses, Mas Sugeng tetap sabar, ulet dan juga PD. Mas Sugeng terus belajar dan belajar hingga akirnya bisa menghasilkan uang dan bisa membeli fasilitas yang lebih baik seperti PC dan juga Laptop.

3.       Pendidikan tidak akan menjamin seseorang sukses dalam karirnya.
Belum tentu orang yang berpendidikan tinggi sukses dalam karir dan pekerjaannya, belum tentu yang menjadi bintang kelas pasti sukses dalam hidupnya, belum tentu orang yang mengusai teori akan sukses dalam praktiknya.

Nah Mas Sugeng kan hanya lulusan SMP namun beliau bisa sukses, sukses bukan dari Pendidikan formal yang dijalaninya, namun suksesnya adalah motivasi diri yang kuat dan terus mau belajar dan belajar secara otodidak yang tidak mengenal Lelah. Kalua Sahabat bayangkan , mau kerja apa sih kalua hanya berbekal Ijazah SMPm enggak mungkin bisa menduduki jabatan Manager ataupun direkturkan, paling-paling office boy, cleaning service atau sejenisnya. Namun saya Yakin Gaji Mas Sugeng melebihi gaji manager dan direktur perusahaan.

Belajar itu tidak mesti disekolah, tapi bisa dimana saja dan dengan siapa saja. Kalu hanya mengandalakan pengetahuan yang di dapat di SMP Mas Sugeng tidak akan mampu menguasai ilmu internet marketing ilmu-ilmu online lainnya.

4.       Perjuangan yang tak mengenal Lelah dan panjang itu hasilnya akan sepadan
Seperti yang telah Sahabat baca tadi, bahwa Mas Sugeng tidak mendapatkan kesuksesan dalam waktu satu malam, atau dalam waktu sekejap, melainkan telah melalui perjalan panjang dengan berbagai macam cobaan dan rintangan yang harus di lalui dengan sabar dan kerja keras.

Setelah memalui perjalanan yang panjang dan penuh duri itu akhirnya Mas Sugeng sukses menjadi internet marketer dan menjadi slah satu blogger sukses di Indonesia. Tepuk tangaaaannn….

Dari perjalanan karir Mas Sugeng tadi kita ambil pelajaran bagaiman perjuangan panjang yang melelahkan itu akhirnya berbuah kesuksesan yang membahagiakan. Tidak ada sukses itu dalam waktu singkat, tidak ada keberhaslan tanpa kerja keras dan kesabaran. Allah juga tidak akan mengubah seseorang menjadi sukses kalua dia tidak berusaha merubahnya dengan kerja keras.

Semoga kisah sukses Mas Sugeng ini bisa menjadi inspirasi dan motivasi kita dalam meraih kesuksesan, terutama kesuksesan di bidang internet marketing. Mudah-mudah cerita ini menginspirasi kita semua. Dan mudah-mudahan Mas Sugeng-Mas Sugeng lainnya cepat lahir. Moga sehat selalu dan tetap berkarya ya Mas Sugeng Riadi.


Demikian cerita sukses tentang Blogger yang hanya lulusna SMP ini. Terimakasih telah berkunjung ke caraopi. Silahkan berkunjung kembali karena caraopi akan selalu menghadirkan artikel yang menarik dan juga bermanfaat bagi para Sahabat sekalian.

1 comment: