Wednesday, September 27, 2017

Cara Mencetak Dokumen di Microsoft Word 2016

Mencetak dokumen merupakan kegiatan rutin yang dilakukan stelah kita selesai menulis atau membuat sebuah dokumen seperti surat-surat, makalah dan dokumen lainnya.
Namun kadang bagi pemula atau pengguna computer yang belum pernah mencetak dokumen sebelumnya, akan mengalami kebingungan dan kesulitan. Apalagi versi Word yang berbeda langkah mencetak atau mengeprint dokumennya juga berbeda.

Namun jika kita telah beberapakali melakukannya maka sebenarnya mencetak dokumen  itu adalah sangat mudah. Tinggal melakukan beberapa kali klik saja sudah tercetak dokumen kita. Tutorial ini adalah untuk Word 2016. Mencetak dokumen berarti proses mengeprint dokumen dari dalam komputer ke sebuah lembaran kertas melalui alat cetak yang disebut printer.

Dokumen stelah di cetak bias di jadikan arsip berbentuk hardcopy sehingga bila sewaktu-waktu komputer atau alat penyimpan dokumennya rusak atau bermasalah maka kita masih punya arsipnya.


Sebelum mencetak dokumen pastikan Sahabat sudah memeriksa kembali atau mengedit dokumen yang akan di print dari kesalahan-kesalahan huruf dan juga tata letaknya.
Sahabat juga harus memastikan bahwa PC atau Laptop Sahabat sudah terhubung dengan sebuah printer yang telah di install sebelumnya.
Selanjutnya untuk mengeprint atau mencetak sebuah dokumen dalam Microsoft Word silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

1.    Silahkan buka lembar Microsoft Word yang akan di cetak atau diprint.
2.    Selanjutnya pilih file pada bagian pojok kiri atas maka muncullah popup menunya, pilih lagi print. Langkah ini bias juga dilakukan dengan cara CTR + P, untuk menuju icon Printernya.




3.    Selanjutnya silahkan klik print  maka akan muncul beberapa pilihan configurasi yang harus dilakukan sebelum di cetak.


Fitur-fitur itu adalah:

-       Print All Pages
Kalau Sahabat mengklik Print All Pages lalau klik print maka seluruh lembar dalam dokumen akan tercetak seluruhnya.

-       Pages
Jika Sahabat mengisi kolom page maka halaman yang Sahabat pilih yang akan tercetak.
Contoh bila Sahabat mengsii dengan angka 1 berarti lembar pertama yang tercetak, bila diisi dengan angka 10 maka halaman 10 yang tercetak, bila diisi dengan 1-10 maka halaman 1 samapi halam 10 yang tercetak dan sterusnya.

-       Print Only One Side
Ini perintah apabila kita hanya mau mencetak satu sisi saja bukan bolak-balik.

-       Collated
Collated digunakan untuk menyusun cetakan sesuai urutan halamnnya 1,2,3 dan seterusnya

Baca Juga : 

-       Portrait Orientation
Fitur ini untuk mengatur apakah cetakan yang diharapkan dalam bentuk posisi kertas bedrisi , portrait, atau dalam bentuk posisi tidur kertasnya , landscape

-       Letter
Fitur yang ini adalah untuk menentukan jenis ukuran kertasnya seperti legal, letter, A4 dan sebagainya.

-       Normal Margin
Normal Margin adalah untuk pengaturan sisi kanan, sisi kiri dan atas atau bawah dari tepi kertasnya.

Jadi sebelum memutuskan untuk mengklik Print silahkan tentukan dulu kriteria dan aturan dokumen yang hendak di print, sperti jumlah halaman, ukuran kertas,jenis kertas ukuran tepi kertas dan sebagainya. Bila ukuran dan atauran lainnya telah ditentukan silahkan tekan print  maka printer akan mulai bekerja mencetak dokumen Sahabat.

Perhatian:
-       Sebelum mencetak dokumen pastikan dulu bahawa lembar kerja yang mau di print baik ukuran kertasnya, model huruf, jenis kertasnya ukuran marginnya dan sebagainya sudah di atur semuanya.
-       Sesuaikan pengaturan jenis kertas dalam dokumen dengan kertas yang akan Sahabat gunakan dalam printer.
-       Apabila Sahabat ingin mencetak dokumen dalam jumlah yang cukup banyak sebaiknya gunakan saja perintah page, dan cetaklah sedikit demi sedikit contoh page 1-10, page 11-20 dan sterusnya.
-       Stelah selesai mencetak dalam jumlah yang cukup banyak, jangan lupa lakukan cleaning pada alat cetak atau printer Sahabat.

Demikian tutorial cara mencetak dokumen di Microsoft Word 2016, mudah-mudahan bermanfaat.

Terimakasih telah berkunjung ke caraopi. Silahkan berkomentar sesuai dengan tema atau mengkritik untuk membangun blog ini agar lebih baik di masa depan.
Jangan lupa berkunjung kembali ke caraopi, karena caraopi akan selalu memberikan artikel yang menarik dan bermanfaat tentunya.


1 comment: