Saturday, September 30, 2017

Cara Menyimpan File kedalam CD Dengan atau Tanpa Software

Menyimpan file atau dokumen bisa dilakuakan dengan berbagai media, seperti harddisk, flash disk, card memory, CD,DVD dan sebagainya. Cara menyimpan file kedalamCD, flash disk dan juga card memory tentunya mempunyai cara yang berbeda pula.

Terkadang dalam kehidupan sehari-hari ada lembaga atau instansi yang meminta kita untuk menyerahkan file atau data namun file tersebut harus disimpan di dalam sebuah CD. Ada juga yang harus di serahkan memlaui flashdisk, email dan sebagainya.


Nah bila kebetulan ada permintaan kepada kita untuk menyimpan file ke dalam sebuah CD, maka Sahabat harus melakukannya dengan cara yang benar, agar file tadi bisa tersimpan dlam CD atau DVD tersebut.

Lalu bagaimana caramenyimpan file ke dalam CD ? Istilah menyimpan file kedalam CD biasanya disebut dengan Burning File. Membakar File? Ya, membakar file, tapi bukan dibakar dengan api dan bara apai lainnya ya. Ini sitilah saja. Padahal maksudnya adalah burning File ke CD itu adalah membackup file dalam sebuah kepingan CD/DVD, atau menyimpan file ke dalam kepingan CD, atau memindahkan file dari computer ke CD.


File apa saja yang bisa di simpan dalam kepingan CD ? 

Hampir semua file ynag bisa di simpan di Harddisk, flashdisk dan lainnya tentunya juga bisa di simpan dalam kepingan CD. Seperti file image/gambar, file video, file lagu MP3/4, dan berbagai file dalam format lainnya.

Lalu Bagaimana Caranya Menyimpan File kedalam sebuah  kepingan CD

Ada beberapa cara menyimpan file kedalam keoingan CD. Bagi Sahabat yang sudah tahu tentunya ini bukanlah hal yang sulit, ini adalah hal yang sangat mudah, namun bagi yang belum tahu ini merupakan hal yang membingungkan dan susah dilakukan. Namun terkadang yang sudah terbiasapun akan mengalami masalah, karena gangguan teknis dan lainnya, seperti optic CD yang sudah kotor atau rusak, CD yang sudah tidak bisa digunakan lagi dan sebaginya.

Disini akan di Bahasa 2 cara menyimpan file kedalam CD, yang pertama cara menyimpan file kedalam CD tanpa menggunakan aplikasi, sedangkan yang kedua emnyimpan file kedalam CD menggunakan Software Nero.

Kedua cara ini juga harus ada syarat tertntu pada PC yang akan kita gunakan untuk mneyimpan file kedalam kepingan CD. Syaratnya yaitu PC atau Laptopnya harus mempunyai perangkat yang disebut CD/DVD-RW drive. Drive ini mempunyai kemampuan membaca dan juga menulis pada piringan CD, sementara kalua CD room hanya mampu sebatas membaca saja tidak bisa write atau menulis kedalam CD.

Cara Menyimpan File atau Data kedalam CD Tanpa Software Nero.

Meskipun dalam PC kita tidak terdapat aplikasi Nero untuk burning file, kita tetap bisa menyimpan file tersebut kedalam kepingan CD.

Berikut adalah langkah-langkah menyimpan file kedalam kepingan CD tanpa Software.

Pertama , Masukkan sebuah CD bisa CD/R,CD-RW baru yang masih kosong, masukkan kedalam CD/DVD drive PC kita.

Kedua, cari dan copy file yang ingin Sahabat simpan kedalam kepingan CD. Lalu silahkan paste di CD-Drive PC Sahabat.

Ketiga,silahkan klik kanan pada CD/DVD Drive di PC Sahabat, lalu pilih Burn File to CD. ( Bakar File Kedalam CD)

Keempat, silahkan Sahabat bersabar menunggu, hingga proses selesai dengan sempurna.

Kelima, Done / Selesai. Mudah,kan?

Baca Juga : 

Lalu, bagaimana langkah menyimpan file kedalam CD menggunakan aplikasi Nero, berikut adalah langkah-langkahnya.

Copy file dengan Nero Burning File.

Pertama, klik start >>All Programs >> Nero>>NerStartSmart.

Kedua, Silahkan klik menu Data >>Make data Disc.

Ketiga,Silahkan Klik Tab Add

Keempat, silahkan Sahabat pilih file ayng akan disimpan kedalam kepingan CD setelah itu klik add, jika file yang akan di copy terdiri dari banyak file atau folder, maka lakukan berulang samapai file habis.

Kelima, berikutnya klik Finished.

Keenam, silahkan klik Next.

Ketujuh, Silahkan klik Burn, kemudian tunggu proses sampai selesai. Prosesnya lama tidaknya tergantung jumlah file yang di bakar ke CD, makin besar ukuran file makin lama juga prosesnya.

Selesai, Done.


Perhatian, bila Sahabat emmasukkan file kedalam sebuah kepingan CD, silahkan perhatikan daya tamping CD tersebut, berapa MB atau berapa GB, silahkan lihat indicator di bagian file yang dipilih, jangan sampai bar indkatornya menunjukkan warna Merah, yang berarti CD tersebut kapasitasnya sudah kelebihan , overload dari daya tampung maksimumnya.

Demikian, ulasan singkat tentang cara menyimpan file kedalam CD, mudah-mudah bisa menjelaskan bagaimana cara menyimpan file kedalam CD baik tanpa software maupun menggunakan software Nero.

Terimakasih telah mampir ke Caraopi, silahkan like dank omen, dan jangan lupa berkunjung kembali, karena caraopi akan selalu menghadirkan artikel dan informasi lainnya yang tentunya lebih menarik dan bermanfaat.


1 comment: