Friday, September 29, 2017

Cara Rahasia Membuat Barcode Tanpa Aplikasi dengan Microsoft Office atau Excel

Kode batang atau biasa disebut barcode pasti sudah tidak asing lagi kan bagi para Sahabat, di kemasan-kemasan produk baik elektronik maupun makan ringan banyak ditemukan barcode. Bahkan Ujian Nasional sekolah saat ini juga menggunakan Barcode.

Barcode saat ini sudah menjadi standar produk di era bisnis saat ini. Barcode ini sesuai namanya dia berbentuk baris yang vertical atau tegak lurus bentuknya variasi tebal tipis, ini berfungsi untuk pengidentifikasian produk atau barang tertentu.


Di mini market, mall atau supermarket pelayanan kasirnya menggunakan sisitem komputerisasi. Nah barcode ini adalah sebagai penada suatu produk yang bisa di baca oleh mesin scanner barcode untuk memindai kode barang dengan harga tertentu. Dengan menggunakan alat scanner barcode ini maka kasir akan lebih cepat, lebih mudah dan lebih praktis mengetahui total harga yang harus di bayarkan dari barang yang telah dibeli oleh konsumen. Data tadi juga tersimpan dalam database komputer sehingga mudah untuk mengetahui berapa jumlah transakasi yang terjadi dan berapa besar pula keuntungan dalam jangka waktu tertentu.

Selain untuk hal di atas masih banyak fungsi barcode tersebut, seperti untuk Kode Paket Soal Ujian Nasional, Identitas kartu perpustakaan, kode buku, kartu karyawan, kartu pelajar, dokumen surat dan juga tiket dan sebagainya.

Terus bagaimana sebenarnya cara yang termudah membuat barcode tersebut?
Mari kita belajar membuat barcode tanpa menggunakan aplikasi atau software aneh lainnya, kita cukup emnggunakan Microsoft Word atau Microsoft Excel saja. Tapi seblumnya mesti di tambahkan dulu barcode font kedalam OS Windows yang akan kita gunakan ya.

Berikut langkahnya:

    1. Kita cari dahulu font barcodenya dengan cara mendownloadnya dari internet.

     Ada banyak font jenis barcode ini, diantaranya adalah Code 39-hoch-Logitogo, free3 of 9 Extended, code 39-logogito, atau IDAutomationHC39M free. Bisa juga menggunakan font jenis barcode lainnya sesuai keinginan sahabat, atau font barcode apa saja yang bisa di temukan di Google.
Atau silahkan shabat download font barcodenya DISINI


    2. Unduh File Fontnnya.

    Setelah file fontnya diunduh seringnya filenya dalam bentuk winrar atau winzip, silahkan di ekstrak file itu dan kemudian dicopi dan pastekan di folder font dalam sisitem Windows.

Local Disk C > Folder Windows > Fonts



      3.  Dibawah ini adalah contoh cara membuat barcode dengan MS Word atau Excel.
  • Ketikkan dulu angka / kode yang ingin diubah menjadi barcode, contohnya 1234 , 6789, 6482 dan sebagainya. Kadang untuk font tertentu shabat harus menambahkan tanda bintang pada angka tadi menjadi *1234* , *6789*, *6482* .
  • Berikutnya kita blok atau selek angka tadi,  kemudian menuju fitur Home Cari Font bacodenya.
  • Silahkan ganti angka 1234 , 6789, 6482 ini dengan font barcode disini saya menggunakan font Code 39-hoch-Logitogo.
  • Terakhir silahkan perbesar barcodenya sesuai keinginan shabat.


Dibawah ini adalah Contoh hasil angka yang telah dirubah dengan font barcode. Mudah bukan?
Nah, demikian dulu pembahasan mengenai cara rahasia membuat barcode tanpa menggunakan aplikasi di MS Word atau Excel. Mudah-mudah bermanfaat bagi yang sedang membutuhkan informasi.

Terimakasih telah berkunjung ke caraopi, silahkan berkunjung kembali karena caraopi akan terus berusaha memberikan info-info yang menarik dan beranfaat bagi sahabat sekalian.


Admin berharap Sahabat sekalian sudi kiranya untuk like dan share dan juga silahkan berkomentar di kolom yang telah disediakan.

1 comment: