Thursday, September 28, 2017

Media Sosial yang Paling Banyak Digunakan dan Terkenal di Indonesia

Saat ini memang eranya media sosial. Tidak heran kalau di Indonesia Masyarakatnya juga keranjingan dalam menggunakan media-media sosial yang beragam. Indonesia adalah salah satu negara yang pengguna media sosialnya terbanyak.

Masyarakat perkotaan di Indonesia saat tidak bisa hidup tanpa media sosial, media sosial itu sudah menjadi kebutuhan pokoknya, satau hari saja tampa menggunakan media sosial maka rasanya sudah seperti di penjara, ibarat makanan sudah kelaparan dan juga kehausan.
Saat ini sudah sangat banyak masyarakat yang melek teknologi baik dari kalangan anak-anak sampai orang dewasa sekalipun, bahkan kaum tua juga tidak ketinggalan. Sehingga orang yang melek teknologi ini mereka minimal mempunyai satu akun media sosial.
Media sosial saat ini sudah banyak digunakan untuk keperluan yang bermacam-macam seperti kirim pesan, kirim dokumen video, untuk promosi, promosi konten blog, berdakwah, berpolitik , untuk berbisnis online, untuk keperluan online shopping dan sebagaianya. Jadi karena berbagai manffat media sosial itu maka pengggunaan media sosial di Indonesia ini sudah sanagat massive.


Lalu media sosial apa saja yang sangat laku dan banyak di gunakan oleh masyarakat Indonesia. Berikut adalah situs-situs media sosial yang terkenal dan banyak digunakan masyarkat Indonesia.




Siapa sih saat ini yang tidak mengela FB anak SD pun banyak yang mempunyai akun FB ini. Pengguna Facebook saat ini sudah menembus angka 2 milyar lebih. Jumlah pengguna setia facebook makin lama selalu bertamabah, karena facebook juga memanjakan penggunanya dengan berbagai invoasi yang dibutuhkan oleh pengguna facebook.

Nah, tidak heran bila media yang satu ini menjadi media sosial yang terkenal dan mediasosial favorit di Indonesia. Saat ini tahun 2017 pengguna facebook di Indonesia sudah mencapai 110 juta lebih akun. Sehingga karena besarnya jumlah pengguna facebook ini banyak para pengguna facebook di Indonesia yang memanfaatkan facebook bukan sekedar untuk bersosial media saja, tapi banyak yang menggunakan untuk berbisnis, promosi produk dan kegiatan, berdakwah, Pendidikan, berpolitik dan sebagainya. Jadi saat ini media sosial sudah multifungsi. Apalagi gratis, karena masyarakat kita masih banyak yang demen gratisan. He..he..

2.    Instagram.com
Instagram juga merupakan media sosial menarik yang penggunanya sangat banyak di Indonesia. Di tahun 2017 ini pengguna Instagram sudah lebih dari 45 juta orang. Menurut informasi online Indonesia adalah pengguna Instagram terbanyak se Asia Pasifik, hebat kan?


Media sosial Instagram ini Kontentnya lebih kepada gambar dan video singkat, dan jumlah follower di Instagram bisa mencapai jutaan orang, sehingga media ini snagat tepat untuk mempromosikan barang, karya ataupun hal lain terkait bisnis pengguna. Para artis, creator seni banya juga yang begitu aktif menggunakan media sosial yang satu ini. Jadi Instagram menduduki ranking 2 media sosial terfavorit di Indonesia.

Youtube juga tidak kalah terkenalnya dengan facebook di Indonesia. Pengguna akun Youtube di Indonesia saat ini sudah mencapai 50 juta orang lebih.

Banyak orang yang menganggap youtube itu sebagai situs hiburan, padahal youtube ini juga merupakan situs media sosial, situs media sosial berbasi video, disini para pengguna bisa berbagi video kepada siapapun dan juga bisa saling emmeberikan komentar tentang video tersebut.


Selain untuk berbagi video, video lucu, video Pendidikan, film dan sebagainya, youtube sekarang sudah bisa di gunakan untuk promosi bisnis. Seorang youtuber bisa mendapatkan banyak uang dari google apabila videonya di monetisasi ke google adsense, bila viewer dari video itu sangat banyak maka bisa di pasang PPC (pay per click) oleh google, dan tentu saja sang youtuber akan kebanjiran rezeki dari youtube ini. Saat ini sudah banyak youtuber di Indonesia yang menjadikan youtube ini bukan hanya sekedar berbagi video namun sudah menjadi lading uang bagi mereka. War Biasah.


4.    Twitter.com

Memang masa kejayaan twitter ini sudah agak memudar saat ini, kalah saing dengan facebook dan media sosial lainnya. Dulu media sosial ini banyak yang menyebutnya sebagai blog mini, microblogging. Dan waktu itu sangat sukses. Pernah mengalami masa kejayaan. Karena simple dan penggunaannya juga gampang.

Di tahun 2016 jumlah tweet dari Indonesia mencapai 4,1 miliar tweet. Lagi-lagi Indonesia adalah salah satu masyarakat pengguna twitter terbanyak di dunia.
Walau tersaingi oleh media sosial lainnya, namun sampai saat ini twitter tetap memeertahankan keunikannya tersendiri, yang mungkin tidak bisa diimbangi oleh situs pesaingnya. Apa kelebihannya ? diantarnya adalah kecepatan beritanya, trending, fitur hashtag dan sebagainya.

5.    Plus.Google.com
Kehadiran Google Plus ini sepertinya masih kurang popular di banding media sosial lainnya, padahal ketika kita membuat akun Gmail kita juga otomatis bisa menggunakan Google Plus ini. Peluang ketenaran Google Plus ini cukup menjanjikan sebenarnya, karena pengguna Gmail sudah mencapai angka 2 milyar lebih, sehingga harusnya Google Plus bisa bersaing dengan Facebook. Namun kenyataanya tidak, karena pengguna akun Gmail belum tentu menggunakan Google Plus.

Google Plus ini sebenarnya bisa juga untuk promosi produk dan menjalnkan bisnis. Tapi Google Plus ini cukup popular di kalangan pengguna Internet, khusunya para blogger. Terkhusu blogger yang menggunaka platform Blogger.com, karena bial artikel blog di submit ke Google Plus akan akan berdampak baik pada SEO, sehingga di mesin pencarian Google akan mudah muncul di laman pertama. Selain itu Google Plus juga sebagai media untuk bersilaturrahmi antar blogger.

6.    Path.com
Media sosial yang satu ini lebih banyak banyak diguankan menggunakan smartphone dibandingkan deskstop atau PC.
Media sosial path memang tidak seterkenal dan seheboh media sosial terkenal lainnya. Namun media sosial ini memiliki keunikan tersendiri seperti tidak adanya iklan, privasi pengguna lebih terlindungi, karena profil pengguna tidak bisa dilihat oleh sembarang orang, kecuali mereka yang telah menjadi teman di path ini.

Jumlah penggunanya saat ini sudahh lebih dari 5 juta orang, karena keunikan dan ketenarannya ini Abu Rizal Bakrie pernah emmbeli Saham media sosila Path ini.

7.    Pinterest.com
Media sosial pinterest ini juga merupakan media sosial yang unik. Penggunanya kebanyakan menggunakan media ini untuk mempromosikan bisnis atau hasil karya mereka, dan para pengunjungpun banyak yang memesan nya melaui pinterest ini.

Saat ini pinterest berhasil mendapatkan 150 juta pengguna aktif perbulannya. Walaupun penampilannya cukup feminine ternyata 40% penggunanya adalah kaum pria.


Perharinya pinterest ini bisa menyediakan lebih dari 10 miliar rekomendasi. Rekomendasinya berupa fashion, seni, resep, makan dan juga minuman dan sebagainya.

Pinterest ini bisa menarik para penggunanya untuk melakukan transaksi setelah mereka melihat produk-produk atau ajasa yang di tawarkan di pinterest. Menurut informasi sebanyak 55 persen pengunjungnya berkeinginan untuk membeli produk yang di tawarkan di layanan ini.

Walaupun pinterest memulai debut jual belinya belum lama, namun saat ini 75 persen konten yang ada merupakan situs dengan tujuan bisnis dan terkesan lebih organic di bandingkan dengan layanan lainnya.

Layanan Media Sosial Pinterest ini digunakan untuk berbagi foto,video dan gambar dalam pinboard. Pinterest mendapatkan pemasukan sekitar Rp.1,3 triliun di tahun 2016 dan menargetkan untuk mendapatkan 3.9 triliun di tahun 2017 ini.

Demikian ulasan singkat tentang media sosial yang terkenal dan banyak penggunanya di Indonesia. Mudah-mudahan bermanfaat.

Terimakasih telah berkunjung ke caraopi. Silahkan berkomentar, namun tetap jaga kesopanan, hindari komentar spam. Bijaklah dalam menggunakan media sosial atau media internet lainnya.

Tetaplah berkunjung ke caraopi,karena caraopi akan selalu memberikan info-info yang menarik dan bermanfaat.

1 comment: