Saturday, September 16, 2017

Peluang Usaha Toko Sembako dan Tips Suksesnya

Toko sembako sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia. Saat ini begitu banyak masyarakat yang menekuni usaha kecil-kecilan toko sembako ini, baik di pedesaan maupun diperkotaan.

Samapai saat ini peluang toko sembako ini masih cukup menjanjikan. Toko sembako adalah toko yang menjual segala macam kebutuhan keluaraga terutama sembilan bahan pokok (sembako), seperti beras, minyak, sayuran,gula dan bahan makanan lainnya. Kenapa usaha toko sembako ini masih cukup menjanjikan, karena sembako seperti beras, minyak, gula, sayuran dan lainnya selalu dicari dan dibutuhkan orang setiap hari.


Namun, saat ini begitu banyak persaingan toko sembako ini, terutama oleh pedagang yang bermodal besar, seperti maraknya minimarket-minimarket yang menjamur bahkan sampai ke pedesaan, padahal barang yang dijual banyak yang sama dengan yang di jual eceran oleh toko sembako modal kecil yang dijalankan oleh sebagian masyarakat. Akan tetapi, tetap saja masih ada celah untuk mendapatkan laba, walaupun persaingan begitu ketat.

Sebaiknya kalau mau membuka toko sembako mulailah dari yang kecil-kecilan dulu, sambil mempelajari seluk beluknya, jangan khawatir toko sembako tidak mengenal musim kok, karena sembako yang menjadi komoditas utama toko sembako ini selalu di butuhkan oleh masyarakat setiap saat. Sehingga peluang untuk mendapatkan keuntungan akan selalu terbuka.

Sebelum Sahabat memutuskan untuk membuka toko sembako sebaiknya kita kenali dulu sedikit seluk beluk dari toko sembako ini.

Sebenarnya apa sih kelebihan dan kekurangan toko sembako ini. Tentu segala sesuatu termasuk dalam hal bisnis memiliki kelebihan dan kekurangan kan Sahabat?

a.       Kelebihan Toko Sembako

-          Keberadaannya dibutuhkan banyak orang

Kelebihan toko sembako cukup banyak, karena sembako ini adalah kebutuhan pokok tiap hari masyarakat, sehingga setiap hari bahkan setiap saat banyak orang mencari toko sembako untuk mencari barang-barang kebutuhan harian mereka, seperti beras, minyak, gula, ikan , sayuran, sabun, garam dan sebagainya. Target pemasaran toko sembako sangat luas, toko sembako diminati baik oleh kalangan menengah ataupun golongan menengah keatas, intinya siapapun ia termasuk anak-anak juga membutuhkan toko sembako ini.

Jadi Sahabat tidak perlu takut tidak laku, dan takut dengan persaingan, rezeki sudah diatur oleh Allah. Yang penting kita harus membuat sesuatu yang berbeda dari toko lainnya, seperti memaksimalkan pelayanan, tempatnya lebih nyaman, yang di jual sedikit barangnya namun lebih lengkap macamnya dan sebagianya. Jadi dengan usaha yang sedemikian ini maka konsumen akan datang dengan sendirinya.

-          Selalu dicari konsumen

Setiap hari para konsumen akan mencar toko sembako untuk membeli keperluan makanan dan keperluan harian lainnya. Jadi usaha ini tidak ada musimannya, entah mau lebaran, tahun baru, hari natal, hari nyepi tetap saja konsumen akan mencarinya, karena mereka membutuhkan sembako tadi, justru mendekati hari-hari besar seperti hari raya dan sebagainya, konsumen justru jumlahnya akan meningkat, dan belanjanya juga akan lebih banyak.


Dan Sahabat tidak begitu repot mengurus toko sembako ini, karena semua barang yang dijual sudah merupakan barang jadi, sehingga tidak butuh ada proses yang membutuhkan waktu.

-          Usaha ini dapat di jalankan dari Rumah

Salah satu kelebihannya lagi adalah bahwa toko sembako ini bisa di kerjakan dari rumah Sahabat, maka beruntunglah Sahabat jika rumah Sahabat berada di tempat yang strategis untuk membuka toko sembako ini, sperti di kawasan apadat penduduk, di tepi jalan ramai di komplek perumahan dan sebagainya.

Nah, bila Sahabat mempunya modal yang cukup besar bisa juga Sahabat membuka toko semako yang lebih besar, dengan cara menjual grosiran bukan eceran lagi, sehingga nanti konsumennya adalah toko-toko sembako yang menjual eceran. Artinya toko semabko kecil nantinya akan belanja di toko Sahabat.

-          Toko semabko mudah di jangkau

Tidak semua orang punya waktu yang cukup untuk berbelanja ke pusat perbelanjaan atau ke pasar yang letaknya cukup jauh dari rumah, selain butuh waktu lebih lama juga membutuhkan biaya transportasi, maka orang akan mencari toko sembako yang terdekat, apalagi jika toko sembako Sahabat bisa menyediakan barang yang diinginkan pembeli, pasti toko sembako Sahabat akan ramai pembeli.

Jika toko sembako Sahabat berada di lingkungan perumahan yang penghuninya merupakan para pegawai, ataupun karyawan yang tidak punya cukup waktu untuk berbelanja di tempat jauh, maka mereka akan memilih toko sembako yang Sahabat jalankan.

-          Suasana kekeluargaan dan akrab dengan pembeli

Biasanya karena toko sembako itu di rumah, maka konsumennya pun kebnayakan adalah tetangga Sahabat, sehingga konsumen akan mudah dikenal, namun jangan juga terlalu dekat atau terlalu akrab dengan pembeli, tetap terapkan prinsip berbisnis, jangan karena terlalu akrab akahir konsumen pada ngutang di toko Sahabat.

Layani mereka dengan ramah tamah dan senyuman, dan uasahakan apa yang mereka cari diusahakan ada di toko Sahabat.

b.      Kekurangan Toko Sembako

-          Harga sembako sering naik turun

Salah satu kekurangan dari berbisnis sembako adalah naik turunnya harga sembako di pasaran, seperti harga beras, harga telur, harga minyak kadang mendadak naik, kadang langsung turun. Kalau Sahabat tidak jeli terhadap naik turunnya harga sembako, maka Sahabat bisa merugi.
Sehingga Sahabat harus sering memantau harga sembako di pasar. Kadang sahabt harus membeli sembako ketika harga naik, dan harus menjual ketika harga turun. Namun itu semua tetap ada strtegi untuk mengatasinya.

-          Ketatnya persaingan dengan toko sembako di sekitarnya.

Berbicara masalah saingan, dalam dunia bisnis pasti ada saingannya, tanpa pesaing maka bisnis kita tidaka kan maju. Pesaing bisnis kita adalah toko-toko sembako yang berada di sekitar kita, bahkan kadang kita bisa menemukan banyak tetangga yang menjual barang yang sama dengan barang yang ada di toko kita.

Berdirinya minimarket-minimarket yang tak terkontrol jumlahnya juga sangat berpengaruh terhadap jumlah konsumen toko kita. Namun itu semua masih bisa di atasi dengan berbagai strategi.

Jadi tantangan toko sembako memang begitu ketat, namun denagn pengelolaan yang baik pasti kita juga mampu bersaing dengan para pesaing kita, lagian minimarket juga tiak menjual semua sembako sehingga celah untuk mendapat keuntungan tetap ada, biasanya di minimarket harga juga cukup tinggi.

c.       Tips untuk bisnis toko sembako.

Lalu bagaimana agar toko sembako kita bisa bersaing dan sukses?
Memulai membuka atau menjalankan bisnis toko sembako kadang lebih mudah, karena dengan modal relatif kecil kita sudah bisa mendapatkan stok barang untuk di jual, apalagi kita menjualnya di rumah yang tidak harus membangun toko, namun usaha untuk emngembangkannya menjadi lebih besar itulah yang berat tantangannya.

Jadi Sahabat harus bisa membuat strategi yang tepat agar semakin hari tokonya semakin besar dan semakin banyak juga keuntungan yang di dapat.

Berikut adalah tips agar uasaha toko semabko Sahabat bisa bersaing dengan toko lain yang sejenis.

1.       Siapkan produk atau barang yang lengkap.

Untuk memulai membuka toko sembako strategi pertamanya adalah, silahkan Sahabat sediakan jumlah barang yang lengkap, lengkap variannya atau jenis. Barangnya yang Sahabat sediakan bisa sedikit jumlahnya namun jenisnya harus yang lengkap. Jangan banyak stok namun varian atau jenis barangnya sedikit. Usahakan barang yang dicari oleh konsumen harus ada, sehingga konsumen tidak akan kecewa berbelanja di toko Sahabat.

Untuk mengetahui barang apa saja yang di cari konsumen silahkan Sahabat adakan wawancara dengan tetangga dan orang yang bisa diajak berdiskusi, sehingga nanti kalau konsumen datang ke toko Sahabat barang yang di cari tersedia.


Semakin lengkap varian stok barang di toko Sahabat maka semakin baik juga kesempatan untuk mendapatkan banyak konsumen. Ketika ada pelanggan yang menanyakan suatu barang dan kebetulan tidak tersedia, jawablah dengan baik atau bilang saja habis, besok baru ada dan sebagainya.

2.       Usahakan loksi toko sembakonya di tempat strategis

Toko sembako Sahabat harus terlihat oleh tetangga dan juga orang lain, sehingga bila Sahabat membuka toko di rumah ushakan ditempat yang mudah terlihat oleh tetangga, apalagi kalau rumah Sahabat berda di tepi jalan ramai, ini tentu menjadi nilai plus bagi toko Sahabat, sehingga konsumen tidak hanya warga sekitar, namun bias siapapun yang sedang melewati jalan itu.

Atau Sahabat juga bisa menyewa toko ditempat yang lebih startegis kalu memang modalnya cukup. Bila Sahabat mempunyai modal yang cukup besar bisa juga membuka toko sembakonya di pasar. Sehingga jangkaun konsumennya akan lebih luas.

3.       Ambil pelajaran dari toko kompetitor di sekitar

Saat ini dalam satu kampung saja begitu banyak yang membuka usaha toko sembako ini, jumlahnya bukan satu,dua atau tiga, bahakan bisa puluhan.
Maka silahkan Sahabat perhatikan, apa kelebihan dari toko kompetitor di sekitar Sahabat, perhatian maslah penentuan harganya, maslah pelayanannya, jumlah stock barangnya dan sebagainya.

Untuk maslah harga Sahabat bisa membuat beda sedikit, namun sebaiknya harga disamakan sehingga Sahabat tidak merugi dan tidak menjadikan persaingan yang tidak sehat.
Usahakan  pelayanan harus lebih baik, lebih ramah, perhatikan keluhan konsumen, dan stock barang di toko Sahabat harus lebih baik dan lebih banyak.

4.       Berikan pelayanan atau servis terbaik

Pelayanan suatu toko akan sangat berpengaruh terhadap kebetahan konsumen. Berikan pelayanan yang super ramah, jangan judes, banyaklah tersenyum, sering menyapa konsumennya, perhatikan keluhan dan saran dari konsumen.

Selain itu penataan barang di toko Sahabat juga harus rapi dan bersih, dan juga mudah terlihat oleh konsumen, atau akalu perlu biala ruangannya cukup memadai usahakan pembeli bisa mengambil sendiri barangnya, tidak perlu ruangan yang besar namun ditata sedemikian rapi dan mudah untuk dilihat.

5.       Penentuan harga barang yang tepat.

Penentuan harga barang sangat berpengaruh terhadap kebetahan konsumen, uasahakan jangan samapai Sahabat menjual barang terlalu mahal sehingga konsumen merasa keberatan dan jangan juga menentukan harga terlalu murah sehingga nantinya merugikan Sahabat.

Sahabat harus selalu memantau harga terupdate sehingga Sahabat bisa memberi harga barang Sahabat dengan tepat. Sehingga Sahabat tidak menjual barang dengan harga salah. Jangan salah juga barang yang beli mahal karena salah lihat atau salah tulis sehingga barang itu di beri harga terlalu murah atau sebaliknya.

6.       Maksimalkan promosi toko Sahabat.

Promosi sangat penting dalam dunia bisnis. Promosi bisa sekedar hanya memberitakan dari mulut kemulut, atau membuat toko Sahabat tampak Rapi dan Indah dan mudah dikenali orang. Slah satu caranya adalah buatlah toko Sahabat berbeda dengan yang lain, pasanglah sepanduk atau banner nama toko, logo dan lainnya. Sehingga toko Sahabat mudah diingat dan dikenal oleh konsumen. Sehingga di tempat yang jauh disana bisa saja para konsumen membicarakan toko Sahabat.

Buatlah sepanduk yang berisi nama toko Sahabat, logo toko, produk-produk yang di jual, dan slogan menariknya kalau perlu. Bisa juga Sahabat promosikan lewat FB, kalau perlu sesekali diadakan diskon ataupun bonus dan sebagainya agar konsumen lebih tertarik untuk berbelanja di toko Sahabat.

7.       Jangan lupa siapkan peralatan usaha di toko Sahabat.

Untuk menjalankan bisnis toko sembako ini sebaiknya Sahabat lengkapi dengan perlatan yang dibutuhkan, seperti alat timbangan, buku tulis dan bolpoin, kalkulator, kwitansi, bok untuk menyimpan uang, plastik dan sebagainya.
Intinya usahakan administrasi bisnis Sahabat tertata dengan baik. Bila tokosahabt semakin berkembang sediakan mesin kasir untuk membantumenghitung dan menympan uangnya.

Demikian ulasan singkat tentang membuka toko sembako, bisnis harus tekun, jeli dan selalu kerja keras, jangan bayangkan dulu laba besar, laba dari sedikit-sedikit dulu tidak maslah yang penting bisnis berjalan dulu, samabil berjalan sambil terus belajar dan cari strateginya, agar semakin lama bisis Sahabat semakin besar dan berkembang.


Selalu adakan pencatatan adminsitrasi atau pembukuan setiap hari. Usahakan jangan campurkan uang pribadi dengan uang modal dan uang hasil dari toko Sahabat. Sediakan produk yang lengkap dan selalulayani pembeli dengan sebaik mungkin.
Dan lagi yang epnting jangan melayani penghutang, kalau banyak yang hutang maka bisnis tidak akan berjalan.

Dengan menjalankan tips tips di atas mudah-mudah usaha bisnis toko sembako Sahabat sukses. Selamat mencoba bisnis ini.

Teimaksih sudah berkunjung ke caraopi.blogspot.com, silahkan like and share jika anda puas, dan berkunjunglah kembali karena caraopi akan selalu menghadirkan artikel menarik lainnya.

3 comments:

  1. Untuk mencari suplier sembako murah dengan barang yang berkualitas, kunjungi SuplierSembakoMurah

    ReplyDelete
  2. Mencari agen p0ker online yang terpercaya? WWW. OPPOP0KER .VIP tempatnya
    Fair play 100% Player vs Player dan banyak bonusnya loh
    Tidak perlu banyak janji langsung saja segera daftarkan diri anda dan akan kami buktikan kemenangan dan bonus fantastisnya !!

    Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi CS kami di:
    - Livechat : WWW. OPPOPOKER .VIP
    - BBM : 55A40723
    - WA : +6287843026179

    AGEN POKER
    AGEN POKER TERPERCAYA
    BANDAR CEME ONLINE TERBAIK
    BANDAR CEME TERPERCAYA
    BANDAR DOMINOQQ
    FREEBET GRATIS

    ReplyDelete