Thursday, August 23, 2018

10 Media Promosi Bisnis Online Terbaik


Sahabat Pebisnis Online ?

Bila Ya, maka Sahabat beruntung menemukan artikel sederhana ini.
Saat ini bisnis online sangat beragam  seperti, ads publishing (menerbitkan iklan) , List Building ( membangun List), Berjualan produk online, menulis review dan artikel lainnya, Jasa penjualan blog dan sebagainya.

Bisnis online itu memiliki berbagai media untuk berjualan dan juga untuk berpromosi dengan mudah. Mulai dari media sosial, website berbayar, dan juga termasuk networking. Banyak orang yang masih ragu menjalankan bisnis online karena berbagai hal, seperti takut tidak mempunyai media penjualan produknya secara aman, kurangnya pengetahuan tentang bisnis online, takut tertipu dan sebagainya.

Justru media online ini sangatlah mudah jika kita mau sedikit belajar tentang dunia bisnis online, jangkauan bisnis online juga sangat luas bukan hanya sekedar kampung, kecamatan , bahkan jangkauan bisnis online ini bisa lintas negara atau ke seluruh penjuru dunia.
Media online yang beragam ini adalah sangat mudah digunakan untuk melakukan bisnis online.
Kalai ini Caraopi akan berbagai tentang macam-macam media promosi online.
Kira-kira diamna saja ya para pebisnis online melakukan transaksi dan promosi bisnis online mereka?

Pertama, Facebook.
Saat ini pengguna facebook sudah milyaran, hampir semua orang terutama di Indonesia dari anak-anak sampai orang dewasa rata-rata memiliki akun facebook, bahkan ada beberapa orang yang memiliki sampai beberapa akun.

Saat ini kebanyak pengguna facebook menggunakannya untuk bertransaksi dan juga mempromosikan bisnis mereka, facebook memang rajanya medsos sampai saat ini, para penggunanya juga di manjakan dengan fitur-fitur yang sangat beragam, facebook sangatlah mudah digunakan untuk melakukan bisnis online.
Apalagi facebook menyediakan layanan facebook ads bagi para pebisnis onine tentunya. Mereka bisa memaksimalkan fitur ini untuk promosi bisnis online mereka.

Kedua, Twitter
Awalnya medsos yang satu ini kebnayakan Cuma digunakan untuk berbagi status, namun kini media yang satu ini uga sudah banyak digunakan untuk promosi bisnis online bagi mereka yang melakukan bisnis ini. Produk-produk toko online banyak yang di promosikan di twitter ini, sehingga kebanyakan toko online juga memiliki akun twitter.

Ketiga, Instagram
Media yang satu ini juga tidak kalah populernya di kalangan para pebisnis online, medsos berbasi photografi ini sangatlah cocok digunakan untuk promosi produk yang dijual online, Instagram juga bisa untuk berbagi video pendek tentang produk atau promosi bisnis online kita. Bila Sahabat mampu memaksimalkan promosi di instagram ini tentunya bisnis Sahabat akan cepat mudah berkemabang. Rata-rata akun instagram para artis dan selebritis juga digunakan untuk mempromosikan produk baik produk kecantikan, pakaian dan sebagainya.
Biasanya para pebisnis online ini selain mempunyai akun facebook dan twitter belum lengkap rasanya jika belum punya akun isntagram.
Banyak para pebisnis online pemula justru memulai bisnis onlinenya dari instagram mereka. Intagram itu dapat mendekatkan para pebisnis online dengan target pasar mereka, selain itu penggunaannya uga sangat mudah.




Keempat, Path

Medsos yang satu ini awal mulanya hanya tampak mirip private twitter atau facebook, sehing medsos yang satu ini memang kurang populer dianding facebook, twitter dan juga instagram.
Path mempunyai tampilan minimalis, walaupun fitur tampilannya minimalis saat ini Path juga mempunyai cukup banyak pengguna, saat ini uga sudah banyak yang menggunakan Path untuk berbisnis online, tidak hanya untuk saling menyapa satu sama lainnya saja.

Kelima, Google+

Google+ juga media yang bagus untuk mempromosikan bisnis online Sahabat. Sealain di Google+ Plus, youtube juga merupakan media yang cukup bagus untuk mempromosikan bisnis online. Ketika Sahabat menggunakan Media Google+ maka Sahabat akan bisa menemukan calon pembeli atau pelanggan bisnis Sahabat lebih banyak lagi.
Di Google+ adalah fitur circle disana sabat akan bisa mendapatkan follower tentu tentu saja bila follower Sahabat sudah banyak, mereka bisa menjadi calon pelanggan Sahabat yang sangat potensial untuk bisnis online Sahabat.

Keenam, Kaskus

Kaskus menciptakan sebuah forum jual beli bagi para pebisnis online dan para pengusaha online, Kakus ini bisa membantu para pebisnis online untuk mempromosikan produknya, jadikanlah kaskus ini sebagai pelengkap media bisnis online dan media promosi bisnis Sahabat.

Ketujuh, Market Place

Ada banyak Market Place di Indonesia aat ini, seperti OLX,Elevenia, Tokopedia, Lazada dan sebagainya. Sahabat bisa memiliki halaman toko online Sahabat sendiri, Sahabat bisa mengupload produk-produk yang Sahabat jual secara online, Sahabat juga bisa mempromosikan bisnis Sahabat disini tentunya.

Kedelapan, Blog

Blog bereda fungsi dengan website, website bisa digunakan untuk kegiatan bisnis online, dan blog sebagai fasilitas pendukung untuk promosinya, bisa dengan memuat artikel-artikel tentang bisnis online Sahabat, membuat artikel artikel terbaru baik yang berhubungan dengan bisnis online Sahabat mapun artikel lain terkait bisnis Sahabat. Blog uga bisa untuk memuat berbagai prestasi yang pernah Sahabat raih sebagai penarik pelanggan.


Kesembilan, Email Marketing

Terkadang Sahabat kurang memanfaatkan email marketing ini, padahal email marketing yang mungkin kelihatan cara agak jadul namun memiliki kekuatan yang cukup kuat untuk memantu mempromosikan bisnis Sahabat secara online.

Dari Email marketing ini Sahabat nantinya bisa menggunakannya untuk mengirimkan berita-berita promosi maupun pengirim informasi tentang produk produk terbaru Sahabat.


Kesepuluh, Business Networking

Nah, menurut Sahabat, apakah bisnis online kemudian Sahabat harus promosi dan bertransaksi secara online saja, ini salah, walau bisnis online kebanyakan trnsaksinya menggunakan dunia maya. Tapi tidak melulu promosi dan transaksinya harus selalu secara online, bisa Sahabat menggunakan brosur, leaflet, selebaran, sepanduk, baliho dan sebagainya sebagai media promosi bisnis online Sahabat. Media promosi offline semacam ini juga tidak boleh dikesampingkan, jadi dua-duanya lakukan dengan seimbang, ikutilah pameran-pameran produk, bazzar atau bahkan Sahabat bisa emnjadi seponsorship event-even ini.

Terus, media promosi yang mana yanh Sahabat guinakan, mana yang terbaik, jawabannya ada pada Sahabat sendiri. Bila Sahabat emnggunakan semuanya itu lebih berpotensi untuk menyukseskan bisnis online Sahabat.
Semoga !

2 comments: