Friday, August 24, 2018

Cara Memulai Bisnis Dari Nol Sampai sukses beserta Tips Ampuhnya


Bagaimana seharusnya para pemula memulai bisnisnya ?
Kebnayakan pemula dalam memulai usaha bisnisnya banyak yang menyebutkan terekendala dengan modal. Padahal kendala utama belum tentu modal. Dan modal tidak melulu uang dalam jumlah besar, ketekunan, keuletan, pengetahuan dunia bisnis dan sebagainya ini juga merupakan sebuah modal yang besar yang belum tentu dimiliki oleh pebisnis pemula lainnya.
Memang bagi para pemula, berbesinis itu harus menghadapi tantangan dan rintangan yang tidak gampang dan juga terkadang kebentur masalah modal. Sehingga dibutuhkan ketekunan , keuletan dan mental yang kuat. Walaupun modal itu bukan masalah utama, namun ini sering menjadi kendala, tapi mentalitas pebisnisnya dulu yang harus di kuatkan.
Lalu bagaimana tips memulai usaha baru bagi pemula?



Bagi para pemula yang baru mau mulai merintis bisnis pasti kebanyak kebingungan apa yang sebaiknya dilakukan dalam memulai karir bisnisnya.
Cara Opi akan berbagi tips sederhana cara memulai bisnis dari nol hingga sukses dan berjalan dengan baik.

1.       Tetapkan Jenis usaha Sahabat.

Dalam mengambil keputusan usaha apa yang ingin Sahabat lakukan adalah langkah pertama yang harus Sahabat buat.
Banyak orang memilih bisnis karena mereka melihat bisnis ini sedang booming, banyak yang menekuninya dan mendatangkan banyak keuntungan, bisa saja sih ini dilkaukan.

Tetapi untuk kelancaran bisnis jangka Panjang sebaikanya Sahabat memilih bisnis yang sesuai dengan bakat dan minat Sahabat. Karena pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat pasti akan bersemangat dan enjoy dalam menjalnkannya, dan akan selalu menjadi hal yang emnarik bagi Sahabat, sehingga bisnis ini akan bisa bertahan lebih lama, beda yang bisnis hanya mengkuti trend sebagai contoh pernah bisnis batuk akik itu ngtrend bebarapa tahun namun kemudian sepi lagi lagi, sehingga yang tadinya rame-rame membuka usaha ini banyak yang gulung tikar karena sepi.

Jadi manfaatkan bakat dan minat Sahabat, bila Sahabat hobi memasak sebaiknya tekuni bisnis makanan atau kuliner.

2.       Ciptakan visi dan misi bisnis Sahabat.

Point dua ini juga snagat penting. Visi dan misi ini merupakan poin utama yang harus di capai pada masa tertentu dalam berbisnis. Bila visi dan misinya sudah terbuat maka silahkan Sahabat berusaha keras untuk mencapai visi dan misi itu, sehingga kerja Sahabat akan semakin keras bila saabat terpacu dengan visi dan misi bisnis Sahabat.

Bila dalam usha Sahabat ada visi misi yang diusung maka bisnisnya akan terarah dan fokus. Beda dengan yang memulai usaha tanpa visi dan misi atau tujuan, sehingga bisa membuat tidak konsisiten dengan tujuan awal, alias sering merubah haluan dan akhirnya bisa sja berhenti ditengah jalan.


3.       Lakukan survey ringan mengenai bisnis Sahabat

Survey lapangan ini juga tidak kalah pentinganya dalam merintis bisnis, agar Sahabat mengetahui bagaimana potensi bisnisnis ini di lapangan, bagaimana tingkat persaingan yang ada, bagaimana selera konsumen di pasar, dengan adanya survey ini Sahabat aka nada gambaran cara menjalankan bisnisnya dan juga tahu potensi dan pangsa pasarnya. Tidak hanya meraba-raba atau trial and error saja yang bisa berakitbat fatal.

Lakukan surney tingakat konsumen, bagaimana kira-kira bisnis yang kan Sahabat jalankan apakah banyak peminatnya? Karena bisnis apapaun kalua jarang peminat maka bisnis akan terasa seret. Makain besar peminat atau pangsa pasranya maka makin besar pula peluang bisnis Sahabat untuk sukses.

Lakukan juga survey persaingan bisnis yang Sahabat rintis, bisa saja usaha sejenis sudah banyak pendahulu Sahabat di pasaran, tapi itu bukannya menjadi masalah justru sebgai motivasi untuk bersaingan. Terapkan trik unik Sahabat baik dalam hal pelayanan, kualitas barang, penataan barang dan sebagainya. Buatlah usaha Sahabat lebih menarik dan lebih unik dari pesaing di sekitar Sahabat.

Dan jangan lupa juga ya survey lokasi usaha, karena bagiamnapun lokasi sangat berepngaruh juga terhadap kelancaran usaha bisnis Sahabat, bila kebetulan Sahabat mendapatkan tempat yang strategis dan ramai lalau Lalang orang lewat ada kemungkinan besar bsinis Sahabat akan ramai pengunjung.

4.       Siapakan modal usaha Sahabat.

Bagaimanapun usha itu pasti butuh modal baik modal spiritual modal uang dan uga modal pengetahuan tentang bisnis Sahabat.

Untuk modal uang ini juga mutlak dibutuhkan, besar kecilnya modal sesuaikan dengan kemampuan Sahabat, jangan teralu memaksakan modal hingga berhutang ke bank dan sebaginya, usahakan bisnis di mulai dari kecil kemudian akan tumbuh membesar dan akahirnya sukses besar.

Besar kecilnya modal juga tergantung usaha bisnis yang akan Sahabat rintis, bila yang diritis usha besar tentu membutuhkan modal besar, bila yang di rintis usaha dari kecil juga modal tidak besar, sesuikan dengan kemampuan dan enis usaha Sahabat.

5.       Tentukan lokasi bisnis Sahabat.

Seperti yang sudah disebutkan diatas lokasi usha juga sangat berpengaruh terhadap kelancaran bisnis Sahabat. Bila letaknya strategis dan banyak lalu Lalang orang maka potensi kesuksesan bisnis Sahabat ada disitu, jadi usahakan carai lokasi yang cukup strategis, bisa di pasar, pinggir jalan besar, persimpangan jalan dan sebagainya.

Beda dengan bisnis online, kalua bisnis online bisa dimana saja lokasinya karena orang tidak harus dating ketempat Sahabat, tapi kalua bisnis konvensioanl calon pembeli harus mendatangai lokasi usaha Sahabat, nah apabila lokasinya ditempat rame dan mudah di jangkau pengunjung ini adalah keuntungan tersendiri bagi Sahabat.


6.       Persipakan segala keperluan bisnis Sahabat.

Merintis bisnis merupakan usaha yang serius, usha yang tidak main-maian, siapa yang mau bermain-main dengan modal. Jadi sebelum membuka bisnis Sahabat di lokasi bisnis Sahabat silahkan persiapkan segala  keperluan dengan baik, sperti produk yang mau dijual, perlengkapan tempat usaha, alat-alat penunjang usaha, strategi pemasaran dan tentu saja persiapkan juga diri Sahabat, baik fisik, mental maupun pengetahuan Sahabat.

7.       Mualailah membuka usaha Sahabat.

Stelah semua persiapan di atas dilaksanakan , saatnya memulai membuka usaha bisnis Sahabat untuk umum, nah ketika pertama kali Sahabat mulai membuka usaha kadang harapan dengan kenyataan tidak sesuai, harapannya pengunjung langsung banyak berdatangan eh ternyata sepi, maka saabat tidak boleh berpikiran negative dan putus asa, karena usaha Sahabat baru dirintis dan belum banyak di kenal oleh khalayak, nanti da saatnya pengunjung ramai berdatangan, yang terpenting tersulah konsisiten dan usahakan selalu tingkatkan kualitas produk dan juga kualitas pelayanan.

8.       Cipatkan keunikan bisnis Sahabat.

Dalam menjalnkan suatu usaha bisnis pasti banyak persaingan bahkan pesaing dengan modal lebih besar dan srana lebih lengkap, tapi itu biasa Sahabat, bersainglah dalam kebaikan, silahkan Sahabat ciptkan keunikan tersendiri di usaha Sahabat baik keunikan dalam nama bisnis, keunikan barang, keunikan pelayanan dan juga keunikan tempat usaha, keunikan yang di maksud adalah baik namun berbeda dengan pesaing.

Apa yang harus unik?
·         Unik dalam nama sehingga mudah diingat oleh pengunjung.
·         Penataan barang juga harus menarik.
·         Jaga kulitas barang dan rasa apabila bisnis kuliner.
·         Kerapihan dan kebersihan lokasi bisnis Sahabat juga wajib diperhatikan.
·         Pelayanan yang ramah dan tepat waktu juga jangan di lupakan.

9.       Jangan lupa terus belajar.
Bila bisnis sudah mulai berjalan dengan baik Sahabat harus terus belajar dan belajar, tambah pengetahuan mengenai kamajuan bisnis  Sahabat. Pantau terus keadaan pasar, apa yang membuat pasar ramai dan kenapa pasar bisa jadi sepi, lalu carilah solusi agar bisa ramai, dan bila sepi carilah intrik agar bisnis Sahabat tetap ramai.

10.   Jangan lupa promosikan bisnis Sahabat

Promosi bisnis wajib dilakukan dengan berbagai cara, bisa dari nama usha Sahabat, buat papan nama atau baliho sepanduk dlll tentang usha bisnis Sahabat. Sahabat juga bisa mempromosikan dari mulut ke mulut, promosikan juga lewat media social atau fasilitas promosi di internet yang ada. Promosikan juga dengan pelayanan dan kulitas produk yang selalu di jaga.
Bila promosi terus dilakukan dan dibarengi dnegan peningkatan pelayanan dan kulitas produk bukan tidak mungkin bisnis Sahabat akan cepat berkembang.

11.   Latihlah mental bisnis Sahabat.

Dalam menjalnkan bisnis pasti butuh mental yang kuat dalam menghadapi berbagai rintangan dan kendala di lapangan, karena bisnis adalah persaingan, maka jangan mudah putus asara apabila ada pesaing yang menyaingi Sahabat, dan jangan bersedih kalua pengunjung lagi sepi , justru jadikan sebagai motivasi untuk meningkatkan kualitas bisnis Sahabat.

Dan dalam dunia bisnis pasti Sahabat suatu saat akan mengalami saat-saat sulit, dan disinilah di butuhkan mental baja yang kuat dan tangguh.

Memulai usaha dari nol bukanlah perkara yang mudah, akan banyak tantangan dan rintangan yang harus di hadapi, jadi apakah Sahabat sudah siap dengan itu semua? Pasti akan dibutuhkan modal uang, pikiran, tenaga dan waktu yang begitu melelahkan.

Demikianlah sedikit pembahasan tentang cara memulai bisnis pagi para pemula hingga sukses. Mudah-mudahan bermnafaat.
Terimaksih telah berkunjung  silahkan tinggalkan like dan komentar. Jangan lupa berkunjung lagi ya, karena caraopi akan menghadirkan informasi lain yang lebih bermanfaat yang lebih menarik.


1 comment: