Sunday, August 26, 2018

Tips Berjualan Gorengan Dengan Penghasilan Jutaan Rupiah


Gorengan ? Ya, gorengan merupakan camilan favorit masyarakat terutama di Indoneisa. Gorengan sangat enak di santap saat masih hangat, karena sudah menjadi jajanan wajib bagi masyarakat maka Sahabat bisa menemukan aneka jajanan gorengan di jajakan di berbagai tempat, bahkan samapai masuk ke pelosok kampung dan lorong – lorong kecil masih ada saja yang jualan gorengan ini. Dan tentunya kebanyakan dari gorengan yang di jajakan ini laris manis oleh pembeli setianya.

Bagi Sahabat yang ingin berbisnis kecil-kecilan, modal ringan namun bisa beromzet jutaan perbulani, salah satunya adalah bisnis gorengan ini, Sahabat jangan patah semangat, melihat sudah banyak orang, tetang dan kawan berbisnis gorengan di lingkungan Sahabat, pasti masih ada celah terbuka untuk membuka lapak bisnis gorengan yang baru, tentunya dengan beberapa tips yang kadang tidak semua penjual gorengan lakukan, nah, disini caraopi akan berbagi tips berjualan gorengan agar sukses dan bisa mencapai omzet jutaan rupiah perbulan.



Semakin padatnya penduduk maka semakin terbuka luas juga laha bisnis, untuk itu mari kita manfaatkan kesempatan ini, bisnis gorengan ini sepertinya tidak ada matinya, apalagi kalau Sahabat bisa menggunakan trik-trik khusus dalam berbisnis gorengan ini.
Bisnis Gorengan Beromzet  Jutaan Rupiah.

Zaman terus berubah, gaya hidup juga berubah, maka berbisnispun harus menyesuaikan dengan kondisi kekinian, berikut adalah tips berbisnis gorengan agar tetap laris manis dan lancar jaya.

1.       Tentukan Lokasi Penjualan

Untuk lokasi penjulan gorengan sebenarnya bisa dimana saja, namun lebih baik bila Sahabat bisa mendapatkan lokasi yang padat aktifitas lalu lalang masyarkat, seperti dekat pasar, dekat jalan raya, pertigaan, ataupun di perkampungan yang cukup rame penduduknya. Lokasi tidak harus di gedung, atau ruangan yang bagus, ini bisa menyesuaikan kondisi. Yang penting aman dari kebakaran, bersih, aman, parkir gratis kalau bisa.

Dan Sahabat akan punya nilai plus bila Sahabat bisa mendapatkan lokasi yang berdekatan dengan toko yang ramai seperti mini market dan sebagainya.

2.       Sahabat tidak perlu menggunakan ruangan atau gedung yang mahal.

Berjualan kuliner terutama gorengan tidak harus dalam ruangan yang mewah ataupun restauran, gerobak kecil yang di desain khusus dan cukup menarik bisa menjadi alternatif, yang terpenting adalah rasa dari gorengan yang kita jual harus enak, gurih agar membuat pembeli terkesan dan selalu ingin balik lagi.


3.       Proses penggorengan yang higinis dan sehat

Banyak isu tentang gorengan mengandung plastik, minyak sudah tidak bagus dan sebagainya, kita harus menghindari itu semua, proses dan bahan gorengan harus sehat dan higinis, kalau perlu para pembeli bisa melihat langsung proses menggorengnya yang sehat dan bersih, seringlah mengganti minyak gorengan, jangan minyak bekas digunakan kembali, selalu jaga rasa, dan kesehatan gorengan Sahabat.

Jangan sekali-kali menggunakan cammpuran berbahaya dalam gorengan seperti pewarna tekstil dan sebagainya.

4.       Modal jualan gorengan relatif ringan
Contoh :
Sahabat bisa membuat gerobak atau membelinya dengan harga 500 ribu Rupiah.
Gas Elpiji dan Kompor Sekitar 400 ribu Rupiah
Peralatan untuk menggoreng sekitar 300 ribu rupiah

Modal peralatan bisnis gorengan = 1.200.000 Rupiah

5.       Keuntungan yang bisa Sahabat dapatkan / hari

Dengan modal 1 jutaan ini Sahabat bisa balik modal sekitar 1 bulanan, tergantung kondisi.

Keuntungan yang cukup besar inilah yang membuat tukang gorengan menjamur di sekitaran jalan raya.

Kalau dirinci kembali  penghasilan dalam satu hari, ini rincian minimal.
Jumlah penghasilan = 300 x 700 = 210.000
Untuk Bahan baku sekitar 148.000 Rupiah
Untuk ongkos parkir gerobak sekitar 2.000
Jadi penghasilan bersih sekitar 60.000 perhari kalau sebulan sekitar 1.800.000
Ternyata modal bisa kembali dalam satu bulan. Dan ini akan terus meningkat apabila Sahabat bisa mengelolanya dengan baik dan sabar, dan tentunya harus ada inovasi kedepannya.

6.       Gorengan Makan semua orang dan semua kalangan

Gorengan dicari oleh semua orang atau kalangan baik masyarakat miskin, maupun kaya, anak-anak, maupun dewasa, pegawai maupun buruh, Cuma orang orang dengan penyakit tertentu saja yang menghindari gorengan, gorengan sudah menjadi makanan khas masyarakat Indonesia.

7.       Tidak susah membuatnya

Meracik gorengan adalah sesuatu yang mudah cukup melihat sekali atau dua kali orang laian meracik bumbu dan cara menggorengnya kitapun bisa membuatnya, bahkan anak-anak SD pun kini sudah bisa membuat gorengan, namun Sahabat harus berusaha ada sesuatu yang beda dengan gorengan yang Sahabat jual, bisa rasanya, bentuknya, kerenyahannya, kemasannya dan sebagainya.


8.       Sudah ada beberapa bisnis gorengan yang omzetnya ratusan Juta Rupiah

Riyad seorang pemuda asal dari kota Surabaya bisa mendulang omzet 120 juta/bulan dari berjualan gorengan saja. Dengan margin keuntunganya 40%, pada tahun 2010 pemuda inipun di nobatkan sebagai enterpreneur/pengusaha Muda oleh Kemenkop UKM. Luar biasa bukan.

9.       Bila Sukses Buka Waralaba

Nah jika Sahabat sudah sukses seperti pemuda tadi, dan mempunyai resep khusus  atau resep unik dan rahasia, dan juga bisa di buat brand yang super unik, Sahabat bisa memulai dengan bisnis waralaba, Wow akan semakin besar saja keuntungan yang akan Sahabat peroleh.

10.   Buatlah gorengan unik

Untuk membuat khas gorengan kita, agar mudah dan selalu diingat oleh pembeli buatlah menjadi gorengan unik, bisa unik bentuknya, untuk rasanya, unik cara membelinya dan sebagainya, ini tentunya akan sangat berpengaruh terhadap kemajuan bisnis gorengan Sahabat. Karena enak dan mudah di ingat bentuk maupun kemasannya, pokoknya akan berkesan di hati pembeli. 

Dan silahkan selalu berinvosai agar gorengan Sahabat beda dari gorengan yang biasa-biasa saja.

Demikian semoga bermanfaat, Sahabat berjiwa enterpreneur? Silahkan dicoba. Mudah-mudahan Sukses.

1 comment: